Beberapa Manfaat ASI Bagi Bayi Agar Selalu Sehat

Manfaat ASI Bagi Bayi
mimipipi.net

Sapi minum air susu sapi sedangkan manusia minum air susu manusia, hal ini merupakan prinsip yang tidak bisa diubah lagi.  Manfaat ASI bagi bayi memang sangat baik dibandingkan susu sapi atau susu formula. Akan tetapi saat ini sudah banyak iklan susu bubuk, membuat masyarakat pada umumnya memiliki anggapan yang keliru yaitu susu sapi adalah yang paling baik baru kemudian ASI. Namun pada realitanya setiap pabrik susu bubuk dengan segala usaha memperbaiki susunan gizi dalam susu bubuk. Tujuannya yaitu agar kualitas susu bubuknya sebisa mungkin sama dengan kualitas ASI.

Oleh sebab itu,  sudah jelas bahwa ASI merupakan pilihan paling tepat untuk si kecil. Berikut ini beberapa manfaat ASI yang sehat untuk si kecil:

– Bayi lebih pandai dan mempunyai IQ yang baik

Apabila tidak ada suatu masalah penting, ASI semakin di minum maka akan semakin bertambah banyak, jadi tidak harus merasa cemas akan mengalami kekurangan. ASI selalu memiliki suhu standarnya, tingkat kesegaran yang bugar dan bebas bakteri, serta gampang dicerna. ASI kaya akan berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu dan memberi perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit bagi si kecil. Bayi yang minum ASI dibanding dengan bayi yang minum susu bubuk buatan, maka akan lebih jarang terkena bermacam penyakit akut ataupun kronis. ASI juga dapat mengikuti pertumbuhan bayi dengan mudah merubah komposisinya, dalam menyesuaikan keperluan setiap tahap masa perkembangan si kecil.

ASI tidak mengandung berbagai macam protein dari benda lainnya, maka dapat mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan si kecil terjangkit alergi. ASI kaya akan komposisi gizi yang sangat diperlukan oleh pertumbuhan otak buah hati Anda. Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa bayi yang mengonsumsi ASI, maka  Intellegencia Quotient-nya akan lebih tinggi. Lewat proses menyusui, pendekatan intim antara bayi dan ibu, akan lebih mudah menumbuhkan IQ bayi dalam kepercayaan diri sendiri ataupun orang lain.

– Ibu sehat, bugar dan segar

Zat oxytoxin pada ibu yang menyusui pasca melahirkan biasanya akan bertambah, sehingga bisa mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga akan cepat menyusut lagi seperti semula. Ibu yang menyusui dapat  menguras kalori lebih banyak, dengan begitu akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum masa kehamilan. Saat menyusui, pengeluaran hormon muda akan bertambah. Hal ini menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak mengalami kerepotan terhadap masalah menstruasi.

Pada masa ini pula akan mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana sebelumnya. Menyusui pasca melahirkan bisa mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis setelah masa menopause. Menurut penelitian, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara pada masa masa menopause. Selain itu, ibu yang menyusui tidak harus bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, saat pergi berpiknik juga tidak perlu membawa botol dan kaleng susu yang banyak.

Berbagai Jenis Dan Manfaat ASI Bagi Bayi Dibanding Susu Yang Lain

Sebelum membahas tentang ASI, sebaiknya Anda harus mengenali berbagai jenis ASI yang bermanfaat untuk mendukung pemberian ASI eksklusif. Untuk lebih detailnya, berikut ini berbagai jenis ASI dan manfaatnya untuk si kecil;

-Kolostrum

Kolostrum adalah cairan yang berwarna sedikit kekuningan. Pada umumnya kolostrum akan diproduksi secara alami di dalam tubuh pada hari ke dua sampai ke tiga. Kolostrum sendiri mengandung banyak protein yang berfungsi untuk membentuk antibodi guna tubuh terjangkit  penyakit. Bahkan kolostrum seringkali disebut sebagai imunisasi alami bagi bayi yang baru saja lahir.

-Susu Transisi

Jenis ASI ini biasanya diproduksi setelah kolostrum, yakni  pada hari ke 4 sampai 10 pasca kelahiran bayi. Pada susu transisi ini mengandung immunoglobin protein dan laktosa dengan konsentrasi yang rendah dibandingkan kolostrum. Namun susu transisi mempunyai jumlah kalori dan kandungan lemak yang cukup tinggi. Bila dibandingkan dengan susu kolostrum, susu transisi mempunyai warna yang lebih putih seperti susu biasanya.

-Susu Matur

Susu matur adalah jenis ASI yang keluar setelah 10 hari dan hari seterusnya pasca masa kelahiran. Susu matur mempunyai warna putih yang kental. Komposisi utama dari susu matur ini  yaitu lemak dan karbohidrat.

Khasiat ASI Untuk Si Kecil Agar Tubuh Lebih Kebal

Pemberian ASI yang eksklusif pada si kecil akan memberikan berbagai manfaat untuk  ibu dan bayinya. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan terhindar dari segala penyakit. Untuk lebih detailnya, berikut ini beberapa khasiat ASI untuk bayi.

-Menambah kekebalan tubuh si kecil

Manfaat pemberian ASI eksklusif yakni bisa meningkatkan kekebalan pada si kecil. Manfaat ASI daripada susu formula yaitu ASI dapat menambah sistem imun atau kekebalan pada tubuh si kecil. Bayi yang hanya diberikan susu formula untuk kekebalan tubuhnya itu akan sangat kurang. Hal ini tentu  beda dibandingkan bayi yang hanya diberi susu formula dan akan mudah terkena penyakit.

-Lebih terjamin mutunya

ASI tentu sudah terjamin mutu dan kualitasnya. Disamping itu, ASI keluar langsung dari tubuh ibu dan tidak terkontaminasi oleh berbagai bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi si kecil. ASI juga lebih ekonomis sebab gratis dan kualitasnya dijamin terbaik. Manfaat ASI bagi bayi memang bisa diperoleh dari ASI ibu itu sendiri sebab susu yang lain tidak bisa menggantikannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *