Belajar Alfabet Indonesia Bersama Buah Hati Anda

belajar bicara
https://www.facebook.com/ibudanbalita

Belajar alfabet itu tidak sulit, orang tua pasti bangga jika memiliki anak yang pandai membaca. Oleh karena itu, segera ajari anak mengenal huruf-huruf.  Mengenal alfabet merupakan langkah awal bagi si kecil agar dapat membaca dan menulis. Mengajak mereka belajar huruf memang susah-susah gampang. Bahkan terkadang para orang tua dibuat bingung karena si anak terlihat tidak tertarik dengan apa yang sedang diajarkan.

Berikut beberapa cara seru mengajarkan huruf pada anak, supaya bisa lebih cepat mengenal rangkaian abjad dengan suasana belajar yang menyenangkan:

– Gunakan media buku bacaan anak

Ajak anak bersama-sama membaca buku bacaan anak-anak. Perkenalkan huruf-huruf yang terdapat di dalam buku bacaan tersebut. Biasanya anak akan lebih mudah tertarik jika buku tersebut berisi gambar-gambar berwarna atau tulisan yang menarik.

– Bentuk huruf lewat gerakan tubuh

Minta anak Anda membentuk huruf menggunakan tubuhnya atau huruf-huruf yang mudah saja. Sebelum itu, mulailah dengan memberi contoh terlebih dahulu dengan gerakan atau liukan tubuh Anda. Akan lebih baik jika dia melakukannya bersama kakak atau adiknya, atau Anda juga bisa ikut melakukannya. Ditambah iringan musik, dijamin membuatnya lebih bersemangat.

– Bermain dadu

Buatlah dadu dari karton yang sudah tidak terpakai, lalu tempelkan sisi dadu tersebut dengan huruf yang berbeda. Lempar dadu tersebut dan ajak si kecil untuk menyebut huruf-huruf yang mucul di bagian atas. Kegiatan ini bisa membuatnya asyik belajar sekaligus bermain.  Jika buah hati sudah terlihat bosan dan tidak tertarik dengan yang diajarkan, jangan paksa mereka untuk menangkap dan memahami yang sedang diajarkan.

Belajar Alfabet Dengan Cepat

Ajarkan anak-anak prasekolah cara sederhana dan menyenangkan untuk belajar menulis abjad alfabet. Bunda dapat membantu anak-anak prasekolah menulis abjad alfabet melalui pewarnaan, dan bermain game bersama. Kegiatan ini sangat penting, karena menjadi modal bagi anak untuk bisa membaca dan menulis di saat memasuki usia sekolah. Terkadang banyak kendala dihadapi dalam mengajar anak mengenali huruf dan abjad alfabet.

Namun dengan mencari cara menyenangkan untuk menulis alfabet bersama-sama, akan membantu anak-anak prasekolah akhirnya bisa menulis abjad sendiri. Mulailah menulis huruf pertama dari alfabet dalam huruf besar dan huruf kecil dalam ukuran yang besar. Tulislah dibalik kertas bekas atau kertas yang tidak terpakai lagi.Misalnya, A (besar) dan a (kecil). kemudian B diikuti menulis b. Ini bertujuan agar anak mengetahui bentuk huruf.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mencari hal-hal yang asyik dan menyenangkan bagi si buah hati untuk mengajari huruf-huruf pada mereka. Sehingga anak tidak bosan mendengar lagu  A sampai Z yang menjadi andalan sejak dahulu.  Perlihatkan Huruf tersebut kepada anak anda, dan kemudian perdengarkanlah bunyi huruf tersebut kepada mereka. Belajar mengenali bunyi huruf akan membantu anak-anak prasekolah menyimpannya ke memori otak sebelum mereka mulai menulis.

Belajar Alfabet Dan Mengajarkan Anak Membaca Huruf

Sebagai seorang ibu, tentu anak cepat bisa membaca merupakan hal yang sangat di inginkan. Namun terkadang ada beberapa kendala yang sulit sekali membuat anak untuk bisa membaca. Jangan sampai anak Bunda menjadi jenuh, dengan mengajarkan anak secara ingin cepat atau terlalu sering memberinya tes. Hindari terlalu memaksa saat mengajarkannya, Bunda harus rileks dan jangan kaku atau tegang saat mengajarkan anak.

Lebih baik tunggu beberapa menit atau tunda terlebih dahulu jika memang suasana sudah tidak mendukung aktivitas ajar mengajar. Hindari dulu mengajari anak dengan abjad yang rumit dan ada baiknya ajarkan dengan kata-kata terlebih dahulu Yang Harus Bunda lakukan saat mengajar . Buatlah suasana hati anak senang dan bergembira serta nyaman dalam menerima pelajaran yang Bunda berikan . Ada baiknya Bunda menunda terlebih dahulu untuk mengajarkan anak dengan huruf dan abjad, lebih baik gunakan unsur terkecil dari huruf yaitu kata-kata.

Sebuah kata merupakan hal konkrit, dan huruf adalah abstrak, anak akan mudah jika diajarkan dengan hal konkrit terlebih dahulu bukan hal abstrak yang akan membuatnya terlalu keras berpikir. Nah, agar anak bisa lebih mudah menangkap pelajaran membacanya, lebih baik Bunda mengajarkan anak membaca dengan sederhana dengan cara pengenalan kata-kata, dan yang paling populer metode digunakan adalah metode glen doman.

Metode glen doman bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah  berikut ini ;

-Buatlah beberapa kata yang dapat dibagi menjadi 3 set category dan dibentuk dalam kartu yang terbuat dari karton dan spidol. Tulislah kategory tersebut menggunakan spidol dan buat beberapa kata yang telah dibagi menjadi 3 set category A, category B. dan category C.

– Tuliskan nama-nama anggota keluarga di set A (ibu, ayah, nenek, kakek, tante) dan di set B atur dengan nama buah jambu, pisang, durian, jeruk, dan apel, dan category C tuliskan dengan nama binatang seperti Angsa, Kambing, Kuda, kelinci, dan gajah

– Beritahuanak Bunda mengambil kartu yang paling depan didalam tumpukan pertama category A, lalu Bunda bacakan secara perlahan dan ajaklah anak Bunda untuk ikut menirukannya.

– Bunda tidak harus menjelaskan apa arti yang sedang dibaca oleh anak

– tidak boleh lebih dari 2 detik, setelah itu langsung ambil kartu dari belakang tumpukan dan lakukan seperti cara pertama

– Sebaiknya Bunda memperhatikan wajah anak saat menyebutkan sebuah kata, perhatikan kata yang sangat disukai dan yang tidak disukai anak Bunda.

– Tidak perlu menyuruh anak untuk mengulangi kata-kata yang telah dibacanya untuk belajar alfabet.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *