Berat Badan Bayi Ideal Dengan Menu Makan Yang Tepat

berat badan bayi
Source: Pinterest

Berat badan bayi seringkali menjadi topik pembahasan. Prosedur pemeriksaan kesehatan bayi dari seluruh penjuru dunia juga memberatkan pada analisa berat badan. Ayah bunda kadang tidak sadar bahwa faktor berat ditentukan olah pola makan sehat si kecil dan perkembangan berat badan ideal. Seperti apakah? Simak tahap perkembangan bayi dibawah ini:

Fresh from the womb

Fresh from the womb berarti baru saja keluar dari rahim. Gampangnya si kecil pertama kali melihat dunia dan mengenal suara pemilik penuh kasih sayang selama sembilan bulan kebelakang yang tak pernah dirinya lihat sebelumnya. Tinggi bayi tak lebih dari empat puluh lima sampai lima puluh tiga untuk perempuan, dan empat puluh enam hingga lima puluh empat senti meter bagi anak laki-laki.

Penurunan berat badan secara drastis banyak dijumpai pada bayi yang baru lahir. Mayoritas orang tua terutama bunda akan mengalami fase khawatir dan harap-harap cemas karena tahap berat badan bayi satu ini. Melihat sudut pandang ilmiah, sebetulnya tidak ada yang salah dengan penurunan berat badan, sebab tidak hanya satu dua bayi saja yang mengalami.

Dalam kandungan, terdapat berbagai macam cairan dan pelumas untuk menjaga perkembangan janin. Berat standard pada kehamilan sebagian besar merupakan konstribusi cairan dan lapisan dari dalam rahim. Ketika buah hati keluar hadapi dunia untuk pertama kali, maka berat ekstra di kala kehamilan akan luntur bersama dirinya. Seharusnya berat badan bayi akan kembali pada titik normal yakni dua perempat kilo gram untuk perempuan dan dua perlima kilo gram untuk laki setelah sepuluh hari.

Bulan pertama

Pertumbuhan merupakan saat yang membahagiakan sekaligus menantang. Standard menunjukkan setiap inci tumbuh kembang si kecil akan dimulai pada bulan pertama. Inilah kenapa, memperhatikan betul setiap pertambahan kilo gram buah hati akan menentukan seberapa bagus performa badan bayi selama beberapa bulan kedepan.

Rata-rata memang sangat bagus untuk mencerminkan cepat tidaknya suatu proses. Termasuk dalam konteks berat badan buah hati, ada standard atau rata-rata tertentu yang sebaiknya dipenuhi. Jenis kelamin perempuan biasanya hanya berkisar tiga hingga lima perempat kilo gram sedangkan bayi laki-laki bisa mencapai tiga hingga lima pertujuh kilo gram.

Isi perut bayi di bulan pertama juga harus diperhatikan kualitasnya. Secara garis besar pencernaan si kecil tergolong lemah. Jangan heran bila bayi memerlukan waktu untuk siap konsumsi makanan padat. Dunia medis menyarankan untuk memberikan air susu ibu demi penuhi gizi buah hati ayah bunda.

Dua bulan

Air susu ibu seharusnya masuk dalam keajaiban dunia. Betapa tidak? Nutrisi dan kandungan dari susu hasil produksi kelenjar payudara ini bersifat dinamis alias berubah-ubah. Setiap kali si kecil mulai sesi menyusui, maka air susu bunda secara otomatis berganti kandungan demi memenuhi kebutuhan si kecil pada kala tersebut. Unik bukan?

Sayangnya, air susu ibu tidak selalu membuahkan hasil. Standard berat bayi perempuan usia 2 bulan adalah empat sampai enam kilo gram, empat ons hingga satu kilo gram lebih ringan dibanding golongan adam. Bagaimanapun jangan panik selalu ada jalan keluar.

Teknik menghisap payudara seharusnya diketahui oleh si kecil sebagai bagian dari insting. Sayangnya beberapa bayi tidak memahami konsep menyusui dengan baik. Bicarakan dengan ahli kesehatan anak untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah yang bisa jadi pelik bila dibiarkan begitu saja.

Tiga bulan

Kini rutinitas bayi sudah lebih teratur bahkan jam menyusui akan berkurang drastis. Perkembangan berat buah hati ayah bunda akan melambat, mengingat selama dua bulan kebelakang dirinya seperti sedang lari marathon. Selama bayi menunjukkan sikap ceria dengan badan yang sehat seharusnya tidak ada masalah.

Pemberian susu formula untuk menggantikan air susu ibu banyak dilakukan pada tahap satu ini. Meskipun target berat untuk anak perempuan hanya empat sampai tujuh kilo, dan laki-laki mencapai lima sampai tujuh kilo gram, kadang target tidak tercapai. Kendati demikian, susu formula tidak selalu jadi solusi tepat untuk naikkan berat badan. Berhati-hati dalam memilih jenis susu formula adalah tindakan yang bijak.

Empat bulan

Perempuan dan laki-laki biasanya memiliki standard berat yang berbeda, namun tidak untuk usia empat bulan. Kedua jenis kelamin pada garis besar ini akan membutuhkan setidaknya lima sampai dengan delapan kilo gram. Berita baiknya lagi, beberapa bayi bahkan menunjukkan kesiapan untuk mulai konsumsi makanan padat.

Perut bayi pada usia empat bulan akan membesar jauh dibanding kelahiran pertama. Hal ini menjelaskan kenapa beberapa bayi tak lagi puas dengan air susu ibu saja. Dirinya mungkin berontak dan orang tua harap memaklumi kebutuhan barunya. Kendati demikian, empat bulan tergolong muda untuk mulai konsumsi makanan penyapih.

Lima bulan

Lima bulan, sedikit lagi bayi akan mendekati setengah tahun. Pada tahap lima bulan, bayi umumnya akan mengalami kenaikan berat badan dua kali lipat dibanding saat dirinya pertama kali lahir. Standard ini berlaku bagi bayi perempuan maupun laki-laki. Bagaimana orang tua menaikkan berat badan si kecil tentu cerita lain.

Enam bulan

Saatnya memberikan makanan padat pada usia enam bulan sangat disarankan. Walaupun tidak semua bayi siap, tapi tidak ada salahnya mencoba asal tidak memaksa. Ingat di akhir hari, yang terpenting adalah pencapaian berat badan bayi ideal untuk si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *