Berbagai Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Buatan Sendiri

menu mpasi 6 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Sebenarnya, untuk menu MPASI 6 bulan dapat dikreasikan sesuai kebutuhan dan kondisi bayi menggunakan berbagai macam buah, sayur dan serealia yang kemudian dicampurkan. MPASI juga dapat dibuat untuk menu selama seminggu bagi si kecil.

Untuk mempersingkat waktu, Anda juga dapat membuat langsung dalam jumlah besar kemudian dipindahkan ke tempat seperti ice pack yang merupakan tempat membuat batu es berbentuk bulat atau kotak dalam jumlah banyak. Kemudian masukan ke dalam frezzer lalu dipanaskan saat akan digunakan sebanyak yang diperlukan, sedangkan sisanya dapat Anda masukan kembali ke frezzer.

Pengenalan rasa yang bermacam-macam menjadikan Anda lebih mengetahui tentang apa yang disukai dan yang tidak disukai anak Anda. Disamping itu, pengenalan berbagai rasa juga bertujuan supaya anak tidak memilih-milih makanan karena sudah biasa dengan rasa yang hanya itu saja. Contohnya, pengenalan sayur dapat juga dikreasikan dengan penambahan sedikit rasa asam dari lemon atau yang lainnya. Cara membuatnya yaitu pertama haluskan tiga kuntum brokoli tanpa batang dan tiga buah buncis yang kemudian diblender, setelah itu disaring. Tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan setengah sendok teh lemon atau secukupnya sesuai yang Anda inginkan, aduk rata dan kemudian bisa disajikan untuk bayi Anda.

Apabila  Anda tidak mempunyai banyak waktu dan banyak ruang gerak untuk mempersiapkan MPASI yang segar selalu tanpa proses penghangatan kembali, maka Anda dapat mencoba resep mudah ini yang hanya membutuhkan dua bahan saja. Disamping itu, bahan santan yang digunakan pada resep ini tepat untuk si bayi yang sedang dalam proses menaikan berat badan sebab lemak baik pada santan akan memberikan dampak yang baik untuk berat badan si kecil. Cara Membuatnya yaitu  pertama kukus 1 buah apel yang telah dikupas dan dipotong berbentuk dadu. Lalu , hancurkan apel yang telah ditambahkan kurang lebih  50 ml santan kental dengan menggunakan blender sampai lembut dan tercampur rata. Setelah itu, Anda bisa menyajikan segera untuk bayi Anda.

Kreasi Menu MPASI 6 Bulan Dengan Berbagai Macam Buah dan Sayur

Untuk makanan pendamping asi bayi yang berusia 6 bulan, sebaiknya dimulai dengan berbagai jenis buah yang dihaluskan supaya bayi mengenal rasa buah asli tanpa tambahan rasa dari garam maupun gula. Disamping itu, bayi umumnya menyukai rasa manis sehingga penggunaan buah untuk MPASI sangat tepat sebagai pengenalan rasa kepada bayi. Anda juga dapat menambahkan ASI atau susu formula untuk menambah rasa manis pada MPASI. Menu MPASI dapat dikreasikan dengan berbagai bahan dasar dari buah-buahan bervitamin dan mengandung mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi 6 bulan. Dan tentunya dapat dicoba sebab mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Cara membuatnya yaitu pertama haluskan 50 gram daging mangga harum manis dan 50 gram pisang ambon dengan blender, lalu disaring. Kemudian, tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan 100 ml ASI atau susu formula secukupnya sesuai yang Anda inginkan. Terakhir aduk rata dan segera sajikan untuk bayi Anda. Menu ini bisa untuk dua porsi makan dan tepat untuk bayi berusia 6 bulan hingga 9 bulan. Selain berbagai macam buah, bayi Anda jug harus diperkenalkan dengan berbagai macam sayur supaya terbiasa dengan rasa sayur saat dewasa.

Untuk pengenalan pertama dapat diperkenalkan dengan wortel sebab rasanya yang manis. Gizi yang terkandung dari wortel sendiri yang tinggi akan  vitamin A alami memang sangat baik untuk pengelihatan si bayi yang tumbuh cepat. Resep ini bisa dipadukan dengan kabocha yakni sejenis labu yang asalnya dari jepang. Rasa manis pada labu kabocha dan dagingnya yang lembut sangat tepat dicampurkan dengan wortel untuk menghilangkan rasa sedikit kurang enak dari wortel.

Disamping penyajiannya yang cepat dan mudah, MPASI buatan sendiri ini tentunya memiliki kebersihan yang lebih terjaga bagi bayi Anda. Cara membuatnya yaitu pertama ambil daging kabocha sebanyak 50 gram, dan wortel yang telah dikupas kulitnya sebanyak 75 gram. Kemudian, kukus sekitar kurang lebih 10 menit lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, tambahkan kurang lebih 20 ml air hangat atau secukupnya tergantung berapa yang Anda inginkan.

Membuat Menu MPASI 6 Bulan Yang Sehat Dan Mudah

Apabila Anda kesulitan mencari kabocha atau labu jepang untuk bahan di MPASI bayi Anda maka tidak perlu khawatir,  sebab Anda dapat menggantinya dengan labu kuning dalam negeri yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional maupun swalayan. Jika dilihat dari kandungan gizi keduanya, baik kabocha atau labu kuning memiliki jenis kandungan yang hampir sama berupa mineral, karbohidrat, dan vitamin dn mineral penting untuk pertumbuhan si kecil. Perbedaan yang bisa terlihat yaitu dari segi bentuk dan rasa yakni kabocha terasa lebih manis dan tidak berserat dibandingkan labu kuning lokal. Untuk menu ini, akan terkandung banyak karbohidrat yang baik untuk asupan tenaga si bayi agar tumbuh pesat.

Cara membuat menu MPASI 6 Bulan yang baik bagi kesehatan bayi yaitu pertama kupas kulit labu kuning, buang bijinya lalu ambil dagingnya sebanyak 40 gram. Kemudian kupas kentang, ambil dagingnya sebanyak 10 gram dan  potong berbentuk dadu. Lalu, kukus kentang dan jagung yang telah dibuang kulit arinya serta labu kuning sekitar 15 menit atau hingga kentang dan jagung matang. Sisihkan labu dan kentang, pipil jagung sebanyak kurang lebih 75 gram setelah itu haluskan menggunakan blender, saring lalu ambil airnya. Hancurkan labu dan kentang sampai lembut kemudian tambahkan santan jagung lalu aduk sampai rata. Tambahkan ASI atau susu formula sampai kekentalan yang diinginkan. Terkahir siap disajikan untuk si bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *