Berbagai Pilihan Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi
www.awalsehat.nestle.co.id

Selain ASI, Resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi  juga baik untuk kesehatan si kecil. Akan tetapi menginjak usia 6 bulan bayi membutuhkan asupan makanan tambahan selain ASI.

Misalnya saja makanan yang dikonsumsi bayi harus bernutrisi, bergizi tinggi dan juga alami. Untuk hal ini Anda perlu serius dalam memperhatikan asupan makanan untuk bayi Anda, supaya tidak menyebabkan gangguan kesehatan bayi seperti alergi, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya. Saat mulai memberikan makanan padat, berikan bayi Anda satu makanan baru pada satu waktu dan tidak bersamaan.

Berikan makanan baru selama 5 hingga 7  hari sebelum menambahkan lagi makanan untuk si kecil. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui apa saja makanan bayi Anda yang menyebabkan alergi. Kebanyakan dokter menganjurkan Anda untuk menunggu sampai setelah 1 atau 2 tahun untuk memperkenalkan telur utuh. Anda bisa mulai dengan sejumlah kecil makanan padat baru bisa dari satu sendok teh pada awalnya dan perlahan-lahan meningkat menjadi  sendok makan. Makanan padat pertama yaitu sereal bayi kering dan dicampur sesuai petunjuk.

Setelah bayi Anda menyesuaikan ini, Anda bisa menambahkan berbagai sayuran. Lalu tambahkan pula buah-buahan dan daging. Jangan gunakan garam atau gula saat membuat makanan bayi buatan sendiri dirumah. Makanan kaleng bisa saja mengandung banyak garam dan gula dan tidak dianjurkan untuk makanan bayi. Jus buah tanpa gula bisa dimulai ketika bayi mampu minum lewat cangkir sekitar 6 bulan atau lebih.

Jangan meletakkan si kecil di tempat tidur dengan botol berada di mulut bayi Anda. Menopang botol ini berhubungan dengan infeksi telinga dan akan tersedak. Setelah gigi bayi tumbuh, menopang botol bisa menyebabkan kerusakan gigi. Bayi sehat umumnya memerlukan air tambahan sedikit atau tidak ada, kecuali ketika  cuaca sangat panas. Jika makanan padat pertama kali diberikan pada bayi Anda maka air tambahan sering diperlukan.

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bernutrisi

Jangan pernah membatasi pilihan makanan si kecil dengan yang Anda pilih. Menawarkan berbagai macam makanan pertama akan membuka jalan untuk kebiasaan makan yang baik dikemudian hari. Lemak dan kolesterol tidak perlu dibatasi dalam diet bayi dan anak yang sangat muda, kecuali dianjurkan oleh dokter untuk si kecil. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa resep makanan bayi 6 bulan bernutrisi;

  1. Resep Puréé Wortel

Bahan yang diperlukan yaitu : 2 buah wortel yang sudah di kupas dengan ukuran sedang, dan air matang secukupnya.

Cara Membuat Puréé Wortel : Kukus wortel hinggaa lunak kemudian haluskan. Tambahkan air secukupnya. Setelah itu berikan puree wortel untuk bayi Anda.

2. Resep Bubur Beras

Bahan yang diperlukan yaitu : 1/4 cangkir bubur beras yang sudah ditumbuk halus, ASI atau susu formula dan air matang secukupnya.

Cara Membuat Rice Cereal : Campur kedua bahan hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.Setelah itu hidangkan. Bubur beras dapat  dicampur dengan puree buah-buahan dan sayuran.

  1. Avocado Dip

Bahan yang diperlukan yaitu : 1 buah alpukat matang, 1/2 buah tomat yang sudah dibuang bijinya, 2 sdm keju cheddar parut, dan 2 sdm yoghurt tawar khusus bayi.

Cara Membuat Avocado Dip : Buang biji alpukat lalu  potong-potong kecil. Kemudian potong-potong tomat. Campur semua bahan lalu gunkan blender untuk menghaluskan. Terakhir sajikan untuk si kecil.

  1. Sayur Campur

Bahan yang diperlukan yaitu : 1 buah wortel yang sudah dikupas dan dipotong-potong, 1 buah kentang dikupas dan potong-potong, Kaldu ayam atau daging secukupnya dan 2 sdm kacang polong bisa juga diganti sayuran hijau yang lain, contohnya seledri, brokoli,dan zuchini.

Cara Membuat Sayur Campur : Rebus  semua bahan hingga matang kemudian haluskan. Beri kaldu ayam atau daging secukupnya. Dan jadilah sayur campur yang sehat untuk si kecil.

5. Brokoli Kentang

Bahan yang diperlukan yaitu : 7 kuntum brokoli yang dibuang batangnya, 2 buah kentang yang dikupas dan dipotong-potong, dan kaldu ayam atau daging secukupnya

Cara Membuat Brokoli Kentang : Rebus brokoli dan kentang hingga matang. Haluskan kedua bahan dengan mengunakan blender. Beri kaldu secukupnya. Terakhir sajikan.

Resep Nasi Tim Untuk Makanan Bayi 6 Bulan Yang Sehat

Berikut ini saya juga akan menyampaikan resep nasi tim untuk si kecil, diantaranya yaitu;

  1. Nasi Tim Beras Merah

Bahan yang dibutuhkan yaitu 4 sendok makan beras merah yang sudah dicuci bersih, 400 ml air, 25 gram daging sapi cincang, 40 gram brokoli yang sudah dipotong kecil-kecil, ½ sendok teh bawang putih cincang, dan 1 sendok teh irisan daun bawang.

Cara Membuatnya : Masak beras merah dan air sampai beras lunak. Lalu, tambahkan daging sapi cincang, daun bawang, brokoli, dan bawang putih. Kemudian, masak sampai semua bahan matang dan air terserap setelah itu angkat. Masukkan nasi ke dalam panci tim dan masak sekitar 30 menit atau sampai tekstur beras menjadi lunak lalu angkat. Terakhir tuang ke dalam piring saji dan hidangkan segera untuk si kecil.

  1. Resep Nasi Tim Brokoli Patin

Bahan yang dibutuhkan yaitu  4 sendok makan beras yang sudah dicuci bersih, 400 ml air , 30 gram brokoli yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil, 40 gram fillet ikan patin yang telah dicincang, dan 1 sendok makan bawang bombay cincang.

Cara Membuatnya : Masak beras, daging patin, dan bawang bombay, lalu cincang dengan air sampai airnya terserap. Tambahkan brokoli dan masak sebentar lalu angkat. Tuang nasi ke dalam panci tim  selama setengah jam  atau sampai tekstur nasi lunak dan semua bahan matang kemudian angkat. Terakhir masukkan ke dalam piring saji dan hidangkan segera untuk bayi Anda. Resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi ini memang sangat disukai oleh para bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *