Bercerita Bagus Untuk Tumbuh Kembang Balita Lho

Apa yang ibu lakukan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang balita. Dan ada hal sepele yang justru berpengaruh sangat signifikan terhadap perkembangan balita.

Mungkin ibu menganggap bercerita itu kegiatan yang biasa-biasa saja. Atau mungkin menganggap bercerita itu hanya bisa dilakukan ketika balita sudah bisa mulai belajar.

Ternyata tidak. Bercerita itu kegiatan yang baik untuk dilakukan semenjak anak ibu masih sangat kecil. Walaupun si kecil belum bisa berbicara, bercerita ternyata memberikan hal yang positif untuk tumbuh kembang anak.

Ingin tahu apa saja manfaat bercerita bagi perkembangan balita?

Merangsang Balita Agar Mulai Belajar Bicara

Salah satu cara agar balita lebih cepat berbicara adalah dengan cara mendengarkan cerita.

Apa hubungannya?

Ini sudah dijelaskan oleh para ahli linguistik. Ternyata, proses mengenal bahasa terutama belajar bicara itu diawali oleh proses mendengar. Ketika bayi mendengar, maka otak akan menampung semua kosakata. Semakin sering mendengar kosakata tersebut, maka anak akan mulai mencoba untuk meniru bagaimana memproduksi kosakata tersebut.

Konsep belajar bicara seperti itu. Jadi, berasal dari mendengarkan baru berbicara. Semakin sering mendengar maka balita akan semakin mudah belajar bicara.

Itulah mengapa bercerita menjadi cara yang paling efektif agar balita lebih cepat belajar bicara.

Silakan ibu siapkan buku cerita anak yang bergambar warna-warni agar anak ibu semakin tertarik untuk mendengarkan cerita yang ibu bacakan.

Belajar Hal Baru

Bagaimana jika balita sudah bisa berbicara dan bahkan membaca? Apakah masih tetap perlu mendengarkan cerita?

Ada manfaat lain dari sekitar untuk mempercepat proses belajar bicara anak. Bercerita akan membuat anak belajar hal-hal yang baru. Jika balita sudah bisa bicara dan bahkan membaca, ibu ceritakan tentang hal yang baru seperti cerita tentang astronot, cerita tentang bumi, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, semakin banyak ilmu yang diserap ketika ibu semakin sering menceritakan cerita yang baru.

Mengajarkan Moral

Ibu pasti ingin anak ibu tumbuh menjadi anak yang sopan, baik, dan patuh dengan orang tua, bukan? Dan cara mengajarkan tentang budi pekerti atau moral itu bisa dilakukan melalui cerita.

Terutama ketika ibu menceritakan sebuah dongeng sebelum tidur. Menurut pakar psikologi, ketika anak sedang proses tidur (yaitu ketika masuk ke alam tidak sadar), pada waktu itulah otaknya bekerja. Memang ia sudah tidak mendengar apa yang ibu ceritakan. Akan tetapi, otak bisa menerima apa yang ibu ceritakan.

Pada saat itulah ibu perlu menyisipkan pesan moral dari cerita yang ibu bacakan. Pesan moral tersebut akan tersimpan di otak dan membekas hingga dewasa nanti.

Oleh sebab itu, ibu harus rajin membacakan dongeng sebelum tidur jika ingin anak ibu menjadi anak yang baik dan patuh kepada orang tua.

Jadi, sekarang ibu sudah tahu bukan pentingnya bercerita untuk perkembangan balita? Ibu perlu mengoleksi buku cerita sesuai dengan usia si kecil.

Selain itu, ibu juga perlu tahu bagaimana cara menceritakan dongeng atau sebuah cerita yang tepat. Karena ada cara yang berbeda menceritakan sebuah cerita tergantung dengan usia si kecil.

Ibu bisa simak penjelasan bagaimana cara bercerita yang tepat sesuai dengan usia si kecil di website ibudanbalita. Di sana, dijelaskan bagaimana baiknya ibu menceritakan sebuah cerita kepada sang buah hati.

Semoga ibu bisa menjadikan anka ibu menjadi anak yang baik di kemudian hari dengan menerapkan cara mendidik anak yang tepat ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *