Betapa Hearburn Itu Menyiksa Ibu Hamil

Friso
www.friso.co.id

Heartburn sering terjadi pada ibu yang masa kehamilannya sudah trimester kedua dan ketiga. Keluhan yang sangat wajar tapi sangat menyiksa.

Apalagi jika ibu seorang wanita yang aktif setiap hari. Jelas heartburn akan menggantu aktivitas ibu setiap hari.

Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan jika ibu mengalami hearburn? Sebelum mengetahui solusinya, yuk cari tahu dulu apa sebenarnya yang menyebabkan seorang ibu hamil mengalami heartburn berikut ini.

Penyebab Heartburn Pada Ibu Hamil

Heartburn merupakan rasa terbakar pada bagian dada. Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang naik.

Sebenarny tidak hanya ibu hamil saja yang berpotensi mengalami heartburn ini, tapi setiap orang bisa mengalami hal yang sama.

Hanya saja, seorang ibu hamil lebih rentan mengalami masalah yang satu ini disebabkan oleh dua hal:

  1. Peningkatan Hormon

Ibu pasti sudah tahu penjelasan dari berbagai artikel tentang kesehatan ibu hamil bawasannya produksi hormon saat hamil itu meningkat. Hal ini mengakibatkan beberapa hal seperti morning sickness.

Namun ternyata, peningkatan produksi hormon bisa juga berakibat pada naiknya asam lambung yang disebut dengan heartburn. Bagaimana asam lambung bisa naik? Ternyata, meningkatkan produksi hormon saat hamil membuat gerakan mengendurnya otot pada sistem pencernaan melamban sehingga terjadilah naiknya asam lambung.

  1. Janin yang Semakin Besar

Selain meningkatnya produksi hormon, heartburn juga bisa disebabkan oleh janin yang membesar.

Ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Selama masa kehamilan muda, mungkin saja ibu tidak merasa asam lambung naik. Namun, ketika kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, janin semakin besar sehingga tekanan pada lambung meningkat. Hal inilah yang menyebabkan heartburn.

Dari dua penyebab tersebut, sepertinya tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi heartburn. Sepertinya memang demikian. Akan tetapi, ada juga lho ibu hamil yang tidak mengalami masalah tersebut, atau setidaknya heartburn yang mereka alami tidak begitu parah.

Ingin tahu apa yang mereka lakukan?

Mengatasi atau Mengurangi Heartburn

Apakah heartburn bisa dicegah? Tentu saja bisa. Namun, tips berikut ini lebih bersifat mengurangi efek dari heartburn sehingga jika hal tersebut terjadi tidak begitu mempengaruhi kegiatan setiap hari.

  • Hindari Makanan Pedas

Kenapa makanan pedas? Karena memang makanan yang pedaslah yang menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung. Apalagi jika ibu sedang hamil, tentu asam lambung akan semakin mudah untuk naik.

  • Mengkonsumsi Buah yang Segar

Tidak hanya nutrisi yang tinggi saja kenapa ibu sebaiknya mengkonsumsi buah yang segar, tapi juga untuk mengurangi resiko mengalami heartburn lho.

  • Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

Susu untuk ibu hamil tidak hanya mengandung nutrisi seimbang yang akan memenuhi kebutuhan perkembangan bayi di dalam kandungan. Nutrisi seimbang tersebut juga akan memastikan semua organ tubuh bekerja dengan baik sehingga keluhan seperti heartburn bisa diatasi.

Tentu setiap ibu hamil memiliki resiko mengalami heartburn dalam level yang berbeda. Kehamilan tua resikonya lebih tinggi. Dan www.friso.co.id telah menjelaskan banyak hal tentang bagaimana cara menjalani masa kehamilan agar lancar, terutama terhindar dari heartburn.

Semoga saja heartburn yang mungkin ibu alami tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan bayi di dalam kandungan. Selain itu, jangan sampai juga heartburn membuat kondisi kesehatan ibu menurun sehingga ibu tidak bisa memiliki stamina yang cukup melakukan persalinan secara normal nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *