Biar Program Senam Ibu Hamil Lebih Semangat

senam ibu hamil, senam hamil

Kalau ingin melahirkan secara normal, kondisi kesehatan harus terjaga. Minimal ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, kondisi fisik seorang ibu hamil harus sudah siap.

Pemahaman tentang hal tersebut pasti sudah dimengerti oleh setiap ibu hamil. Sayangnya, sulit sekali untuk merealisasikan. Mungkin ibu sudah mengkonsumsi makanan yang sehat. Akan tetapi, apakah ibu sudah melakukan olahraga?

Ada banyak sekali pilihan olahraga ibu hamil, mulai dengan olahraga sederhana seperti jalan santai sampai yang sedikit lebih berat seperti yoga dan senam ibu hamil.

Olahraga yang terakhir ini yang paling disarankan. Pasalnya, senam ibu hamil tidak hanya akan membuat fisik kuat sehingga ibu siap melahirkan secara normal. Lebih dari itu, senam ibu hamil akan membuat ibu berlatih pernafasan. Ini sangat penting jika ibu ingin sekali melakukan persalinan normal.

Semangat Senam Ibu Hamil

Sayang disayangkan ketika kehamilan memasuki usia trimester ketiga justru seorang ibu hamil kurang semangat. Jangankan untuk olahraga. Untuk jalan saja malas lantaran perut semakin membesar dan semakin berat.

Berikut ini saran yang bisa ibu lakukan agar bersemangat dalam melakukan senam ibu hamil.

  1. Mengikuti Kelas Senam Ibu Hamil

Memang ibu bisa melakukan senam ibu hamil sendiri di rumah. Apalagi gerakan sederhana bisa ibu pelajari sendiri dari forum ibu dan balita. Namun, sepertinya kurang semangat jika harus senam sendirian di rumah. Berbeda jika senam bersama ibu-ibu hamil lainnya.

Biasanya, kelas senam ibu hamil ini diselenggarakan di rumah sakit atau klinik ibu hamil. Ibu bisa mendaftarkan diri dan mengikuti program senam ibu hamil. Karena dipandu oleh instruktur profesional, tentunya ibu akan benar-benar mendapatkan manfaat dari senam kehamilan ini.

  1. Senam Bersama Suami

Terdengar lucu memang. Suami kok senam ibu hamil.

Sebenarnya sah-sah saja suami melakukan senam ibu hamil dalam rangka menyemangati istri untuk senam. Toh gerakan-gerakan senam ibu hamil juga sangat baik untuk dilakukan oleh orang yang sedang tidak hamil.

Dan tidak hanya untuk menyemangati saja. Seperti yang sudah dijelaskan di situs ibu dan balita, banyak juga lho manfaat menemani istri melakukan senam ibu hamil seperti mengeratkan hubungan suami istri.

  1. Menetapkan Tujuan Yang Kuat

Sebenarnya motivasi itu ada dari dalam diri sendiri. Kalaupun motivasi berasal dari luar, itu bisa saja didapatkan. Hanya saja, terkadang motivasi dari luar itu bisa saja hilang. Motivasi yang kuat itu ada dari dalam diri sendiri.

Sebenarnya apa motivasi ibu bisa melahirkan secara normal? Jawaban dari pertanyaan tersebut harus ibu dapatkan. Dan ibu ingat-ingat terus sehingga ibu akan lebih semangat melakukan senam ibu hamil sebagai salah satu cara agar bisa melakukan persalinan normal.

Mana yang akan ibu lakukan? Bisa saja semuanya ibu lakukan.

Hati-Hati Melakukan Senam Ibu Hamil

Saat trimester ketiga, menjaga keseimbangan badan itu sedikit sulit. Itulah mengapa ibu harus hati-hati melakukan senam ibu hamil. Akan lebih aman jika ibu ikut kelas senam kehamilan yang langsung dipandu oleh instruktur.

Jika ibu lebih suka melakukan senam ibu hamil sendiri di rumah, ibu bisa memilih gerakan-gerakan yang mudah saja. Bahkan, salah satu hal yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan adalah melakukan gerakan sederhana dari senam kehamilan setiap pagi sebelum melakukan aktivitas. Mudah, bukan?

Ibu bisa pelajari gerakan-gerakan tersebut di artikel gerakan senam hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *