Boleh Kok Mengkonsumsi Makanan Ibu Hamil Pedas, Asal Tahu Resikonya

Makanan Ibu Hamil
Ibu & Balita

Makanan ibu hamil boleh pedas lho. Mungkin ibu salah satu dari sekian banyak ibu hamil yang selama ini bertanya apakah boleh mengkonsumsi makanan yang pedas saat mengandung. Ternyata, boleh kok ibu makan makanan pedas saat mengandung.

Ada banyak sekali menu makanan nusantara. Bahkan, kebanyakan makanan tradisional dari daerah tertentu memiliki ciri-ciri pedas khususnya makanan dari daerah sumatra. Jadi, ibu yang suka sekali dengan menu makanan pedas, ibu tidak perlu khawatir karena makanan pedas juga termasuk ke dalam makanan ibu hamil yang direkomendasikan.

Jika ibu masih belum percaya, berikut alasannya kenapa makanan pedas termasuk makanan untuk ibu hamil.

Alasan Kenapa Makanan Pedas Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Setidaknya ada dua alasan kenapa makanan pedas termasuk makanan ibu hamil. Yang pertama adalah pendapat ahli gizi ibu hamil. Para ahli gizi ibu hamil tidak menemukan fakta bahwa ada pengaruh antara mengkonsunsi makanan pedas dengan perkembangan janin. Dari situlah mereka tidak melarang ibu hamil mengkonsumsi makanan pedas.

Selain itu, makanan yang pedas ternyata baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil lho. Tidak percaya? Kebanyakan makanan yang pedas itu dikarenakan cabai yang banyak. Tahukah ibu apa yang terkandung di dalam cabai? Betul sekali. Kandungan pada cabai adalah vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai lebih banyak daripada jeruk.

Dalam hal ini, vitamin C sangat diperlukan untuk ibu hamil untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ketika hamil saat musim hujan seperti saat ini, makanan yang pedas bisa membuat ibu menurunkan resiko terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh ibu semakin kuat.

Jadi, itulah alasan kenapa makanan pedas termasuk makanan ibu hamil. Hanya saja, walaupun makanan pedas tidak mempengaruhi perkembangan janin yang ibu kandung saat ini, ibu harus tahu resiko mengkonsumsi makanan pedas ya.

Resiko Mengkonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil

Meskipun tidak ada bukti bahwa makanan pedas memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan, ibu harus mewaspadai akibat yang bisa terjadi terhadap ibu. Makanan yang pedas tidak hanya membuat ibu mulas, tapi juga bisa mengakibatkan asam lambung naik.

Ibu hamil rentan sekali terkena asam lambung walaupun sebelum hamil ibu tidak pernah mengalami asam lambung. Hal ini dikarenakan faktor produksi hormon yang meningkat tajam saat hamil.

Oleh sebab itu, makanan yang pedas sebaiknya dihindari ketika ibu mengalami masalah dengan asam lambung. Jadi, ada dua sisi. Di satu sisi, makanan pedas termasuk makanan ibu hamil karena bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, makanan tersebut menjadi penyebab naiknya asam lambung.

Selain itu, resiko lain mengkonsumsi makanan pedas saat hamil adalah membuat kontrakasi pada perut semakin kuat. Kontraksi ini membuat ibu merasa seolah-olah siap untuk melahirkan. Akan tetapi, kontraksi tersebut bukan tanda-tanda ibu akan melahirkan, melainkan meningkatkan hormon prostagandin.

Jadi, ibu bisa simpulkan bahwa tidak masalah ibu mengkonsumsi makanan yang pedas. Silakan makanan rujak di siang hari. Hanya saja, ibu harus mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi seperti naiknya asam lambung dan kontraksi. Sebaiknya ibu mengurangi level pedas agar manfaat dari makanan pedas ibu dapatkan namun efek buruk bisa dihindari.

Untuk ibu yang selama masa kehamilan masih mengalami morning sickness, ibu harus mengetahui daftar menu makanan yang bisa meringankan morning sickness. Yang jelas, makanan tersebut bukan makanan yang pedas dan termasuk makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *