Bolehkah Diet Saat Hamil Untuk Mengurangi Berat Badan?

Tips Kegemukan saat Hamil
awalsehat.nestle.co.id

Beberapa sumber mengatakan bahwa diet saat hamil memang tidak diperbolehkan dan juga tidak dianjurkan, sebab bisa mengganggu perkembangan janin. Akan tetapi, terkadang ada beberapa orang yang perlu untuk menjalankan diet ibu hamil pada saat kehamilannya.

Hal tersebut bisa dilakukan jika mendapat ijin dan petunjuk dari dokter kandungannya. Salah satu faktor utama yang mewajibkan seseorang untuk melakukan diet ibu hamil yaitu karena kelebihan berat badan. Mengalami kenaikan berat bedan yang cukup drastis ketika hamil bisa mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi.

Oleh sebab itu, terkadang para ibu dianjurkan untuk melakukan diet ibu hamil dengan pola makan yang sehat khusus bagi ibu hamil. Ketika hamil, tubuh Anda akan memerlukan lebih banyak konsumsi protein, kalori untuk energi sebanyak 300 kalori perhari, vitamin dan mineral seperti asam folat serta zat besi untuk pertumbuhan bayi.

Melakukan diet dengan pola makan yang sehat, bukan hanya membuat ibu hamil akan sehat dan fit, tetapi juga untuk perkembangan bagi bayi saat berada dalam kandungan.

Berat badan yang berlebih saat kehamilan memiliki banyak risiko, misal nya saja melahirkan melalui operasi caesar, mengalami diabetes kehamilan atau gestational diabetes dan adanya kecenderungan lebih tinggi untuk obesitas di kemudian hari setelah masa kehamilan.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda perlu mewaspadai Gestational Diabetes.  Gestational Diabetes adalah diabetes yang sering dialami selama kehamilan.

Perubahan hormonal selama kehamilan bisa berpengaruh pada kemampuan tubuh dalam memproduksi insulin, namun biasanya hal ini akan hilang setelah melahirkan.

Tanda ini dapat Anda jadikan sebagai sinyal yang harus diperhatikan karena pada masa yang akan datang bisaberkembang menjadi Diabetes tipe 2, yaitu diabetes yang disebabkan karena tubuh tidak mampu menghasilkan atau menggunakan insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Beberapa Cara Yang Harus Diperhatikan Dalam Usaha Menurunkan Berat Badan Saat Hamil  

Apabila Anda seorang Ibu Hamil yang ingin menurunkan diet secara sehat, maka Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut ini:

  • Rutin Sarapan Setiap Harinya

Anda harus rutin sarapan dan usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi ketika sarapan. Jika Anda tidak melakukan sarapan maka nantinya Anda akan mempunyai keinginan untuk makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya, bisa makan siang atau makan malam secara berlebihan.

Disamping itu, jika Anda melewatkan sarapan maka biasanya akan mengalami mual, kepala pening, dan lain sebagainya .

  • Buat List Makan Diet Anda Dengan Benar

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya Anda tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan bisa mengatur asupan kalori harian yang Anda butuhkan.

  • Memilih Makanan Dengan Tepat

Pilihlah makanan yang berserat, rendah kandungan lemak dan gula. Sebab mengkonsumsi gula yang berlebihan akan berakibat munculnya perasaan mudah lapar. Anda bisa menyediakan dirumah berbagai buah atau sayuran untuk dijadikan sebagai makanan tambahan.

  • Teliti Dalam Mengolah Makanan

Dalam mengolah makanan Anda dapat melakukannya dengan cara dipanggang, dibakar, atau dikukus. Namun yang harus diingat bahwa dalam mengolah makanan Anda perlu untuk teliti dan tidak sembarangan.

Termasuk ketika Anda harus mengunjungi rumah makan, maka Anda bisa menanyakan proses yang digunakan untuk memasak makanan yang akan Anda pesan.

  • Sediakan Buah Untuk Camilan sehat Anda

Menyediakan buah dirumah bisa mengurangi kemungkinan konsumsi cemilan yang tinggi lemak dan gula, hal tersebut juga dapat membantu Anda dalam mengurangi jumlah pengeluaran.

  • Minum Air Putih minimal 8 Gelas Per Hari

Banyak diantara kita yang menganggap bahwa dehidrasi disalahartikan dan dianggap sebagai rasa lapar. Indikasinya, bila Anda sudah memenuhi kebutuhan harian Anda tapi masih merasa lapar, berarti yang Anda butuhkan yaitu minum air yang lebih banyak.

Fakta dan Pandangan Mengenai Diet Ketika Mengandung

Secara alami perempuan yang sedang dalam masa kehamilan akan mengalami kenaikan berat badan seiring dengan tumbuhnya janin di dalam kandungan. Namun, berat badan yang naik ini sebaiknya tidak berlebihan.

Ibu hamil yang mempertahankan pola makan sebelumnya justru mengalami kenaikan berat badan melebihi yang dianjurkan. Sedangkan Ibu Hamil yang beralih ke diet rendah indeks glikemik tidak akan mengalami kelebihan berat badan.

Hal ini terjadi karena gula dalam makanan tersebut dilepaskan secara perlahan ke dalam aliran darah, contohnya roti gandum, biji-bijian, dan beras merah yang mempunyai indeks glikemik lebih rendah dari beras atau roti putih.

Ibu yang sedang hal memang membutuhkan kalori tambahan dari makanan yang mengandung banyak zat gizi untuk menunjang perkembangan janin. Namun ibu hamil tak perlu mempunyai pemikiran makan untuk berdua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *