Bolehkah Hati Sebagai Bahan Untuk Makanan Pendamping ASI?

makanan pendamping ASI
www.ibudanbalita.com

Ibu pernah dengar hati tidak boleh digunakan sebagai bahan untuk makanan pendamping ASI? Ibu harus tahu alasannya. Karena di satu sisi, dokter anak mengatakan hati itu sangat baik untuk perkembangan bayi, terutama hati ayam.

Lalu mana yang benar? Agar ibu mengetahui masalah ini lebih jelas lagi, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai hati untuk MPASI.

Fakta Ilmiah Mengenai Hati

Fakta ilmiah ini tidak hanya ingin menunjukkan sisi positif dari hati tapi juga sisi negatifnya. Dengan harapan, setelah mengetahui penjelasan ini, ibu bisa lebih obyektif mengenai hati.

Hati merupakan organ yang berperan menyerang bakteri, virus, dan penyakit. Jadi, misalnya saja hati ayam, maka organ tersebut menyaring penyakit yang masuk ke dalam tubuh ayam. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang tidak menyarankan untuk mengkonsumsi hati ayam, terutama untuk menu MPASI.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua hati ayam itu mengandung penyakit? Menurut penelitian tidak. Apalagi jika ayam dirawat dengan baik dengan hanya mengkonsumsi makanan yang baik saja. Maka hatinya pun masih sangat baik.

Lebih dari itu, ada juga penjelasan ilmiah tentang kandungan di dalam hati ini. Ternyata, hati mengandung tinggi zat besi yang akan membantu membentuk sel darah merah. Sel darah merah ini sangat diperlukan oleh si kecil agar tubuhnya tidak lemas.

Selain zat besi, ternyata di dalam hati juga terkandung vitamin A, B12, fosfor, serta asam folat. Maka tidak salah jika orang-orang tua mengatakan mengkonsumsi hati bisa menjadikan anak cerdas. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Kandungan asam folat yang ada di dalam hati bisa memaksimalkan perkembangan otak bayi.

Jadi, masih takut untuk memberkan makanan MPASI untuk bayi ibu?

Agar Efek Buruk Hati Hilang

Sebenarnya, semua makanan mengandung efek samping, tak terkecuali hati. Yang harus ibu lakukan adalah bagaimana agar si kecil mendapatkan semua manfaat dari makanan tersebut dengan menghilangkan potensi buruk yang bisa terjadi.

Jika ibu ingin membuatkan menu MPASI berbahan hati, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.  Yang pertama, ibu harus pastikan hati yang ibu pilih masih dalam kondisi yang bagus. Biasanya, warna hati ayam yang masih bagus tidak berwarna terlalu hitam pekat. Selain itu, perlu juga diperhatikan kebersihan hati. Untuk memastikan hati yang akan ibu gunakan sebagai bahan MPASI tidak mengandung bakteri, ibu harus bersihkan benar-benar bersih. Setelah itu, ibu harus masak benar-benar matang. Rebus dengan menggunakan air panas agar bakteri yang mungkin masih menempel pada hati bisa hilang.

Ide Menu MPASI Berbahan Hati

Ibu harus tahu banyak bayi yang menolak menu MPASI berbahan hati. Alasannya hampir sama, yaitu baunya yang amis. Padahal, hati sangat baik untuk perkembangan bayi.

Yang perlu ibu lakukan adalah bagaimana mengolah hati sehingga tidak amis sehingga si kecil mau mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa ide menu MPASI yang bisa ibu coba buat di rumah.

  1. Bubur Tim Brokoli Hati Ayam

Untuk menghilangkan rasa amis, sangat tepat jika ibu menambahkan bahan yang lainnya. Ibu bisa coba campurkan hati ayam dengan brokoli. Rasa amis pasti hilang.

Cara membuat menu MPASI yang satu ini sangat mudah. Ibu harus siapkan beberapa bahannya, yaitu nasi putih, hati ayam kampong, brokoli, kaldu ayam bubuk, seledri, dan air matang.

Langkah pembuataannya sebagai berikut.

  • Didihkan air
  • Masukkan nasi ke dalam air yang sudah mendidih. Aduk hingga lembek seperti bubur
  • Masukkan hati ayam, brokoli, dan kaldu. Aduk hingga rata
  • Masukkan seledri. Aduk hingga rata dan lembek
  • Angkat dan tuangkan bubur ke dalam mangkuk
  1. Soto Hati Ayam

Untuk resep yang satu ini, ibu pasti sudah tahu caranya, bukan? Caranya sama seperti membuat soto. Ibu siapkan saja beberapa sayuran yang diperlukan seperti kubis dan kecambah. Hanya nantinya ditambahkan hati ayam yang sudah dimasak.

  1. Tim Wortel Hati Ayam

Ini menu makanan pendamping ASI yang sedikit berbeda. Ibu akan sedikit kerepotan untuk membuat menu MPASI yang satu ini.

Beberapa bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut

  • Nasi putih
  • Wortel
  • Labu siam
  • Hati ayam
  • Kaldu ayam
  • Bawang Bombay

Langkah-langkahnya sebagai berikut

  • Ambil wortel dan parut hingga lembut
  • Parut juga labu siam
  • Panaskan minyak goreng dengan menggunakan api kecil. masukkan bawang Bombay yang sudah ditumis.
  • Masukkan nasi, wortel, labu siam, dan hati yang sudah dimasak. Goreng hingga baunya harum.
  • Masukkan kaldu lalu aduk hingga lembek
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam blender. Blender hingga bercampur dengan sempurna.
  • Sajikan selagi masih hangat

Itulah beberapa ide makanan pendamping ASI yang terbuat dari hati ayam. Yang pasti, hati tidaklah bahan yang berbahaya untuk dijadikan sebagai menu makanan untuk bayi. Asalkan ibu sudah membersihkan hati dan memasaknya benar-benar masak.

Untuk ide menu MPASI lainnya, ibu bisa dapatkan di forum ibu dan balita. Ini merupakan forum online, tempat berdiskusi para ibu. Berbagai topik dibahas di forum tersebut, mulai dari cara merawat bayi, parenting, mengatasi masalah kesehatan yang sering dialami balita, hingga masalah menu makanan pendamping ASI. Tidak ada salahnya jika ibu meluangkan waktu untuk bergabung dan ikut diskusi di forum tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *