Bu, Ikuti Perkembangan Janin di Trimester Pertama Yuk!

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Begitu Ibu mendapatkan kabar baik mengenai kehamilannya, Ibu pasti ingin tahu kan bagaimana perkembangan janin yang ada di dalam kandungan? Coba Ibu simak apa saja kira-kira perubahan yang terjadi pada janin yang ada di dalam kandungan.

  • 3 Minggu Pertama

Di minggu kedua setelah hari pertama Ibu terakhir kali mengalami menstruasi, telur baru mulai dibuahi. Di tahap inilah zygote atau bakal dari janin akan mulai membentuk dan berpindah ke rahim sebelum mulai berkembang lagi.

  • Minggu ke 4

Ketika sudah menempati rahim, zygote terus berkembang dan akan mulai membentuk janin. Lalu plasenta, lapisan yang melindungi janin di dalam kandungan pun akan mulai terbentuk.

  • Minggu ke 5

Di minggu ke 5 kehamilan, janin yang sudah mulai terbentuk akan berkembang lagi. Di tahap ini, sistem saraf pusat termasuk otak dan tulang punggung akan mulai membentuk beserta dengan organ tubuh penting lainnya, seperti jantung dan hatinya. Bagian tubuh lainnya pun akan mulai terbentuk, seperti mata, telinga, tangan, dan kaki. Pada saat ini, perkembangan janin kira-kira berukuran sebesar ujung pulpen.

  • Minggu ke 6 dan7

Setelah sistem saraf pusat dan organ lain yang sudah mulai berkembang, kepala janin pun akan mulai ikut berkembang dan berbentuk mengikuti otak. Ketika sedang berada di tahap ini, sangat penting bagi Ibu hamil untuk mulai menkonsumsi makanan-makanan yang bisa membantu perkembangan otak janin, seperti omega-3 dan asam folat. Alasannya, karena di tahap inilah otak janin akan mulai berkembang dengan sangat pesat, sehingga bahan makanan dan nutrisi yang bisa mendorong perkembangan otak janin pastinya memiliki peran yang cukup penting disini.

  • Minggu ke 8 dan 9

Hanya dalam dua bulan pertama kehamilan, tangan dan kaki yang sudah mulai terbentuk akan tumbuh menjadi lebih panjang di tahap ini. Selain itu, bagian tubuh seperti mata, hidung, dan bibir pun sudah mulai terbentuk. Rangka awal janin pun sudah mulai menguat dan terlihat bentuknya walaupun ukurannya masih sangat kecil, sekitar 1cm sampai 2cm.

  • Minggu ke 10

Di minggu ke 10, atau 2.5 bulan kehamilan, kepala janin akan lebih terbentuk dan bagian leher mulai berkembang dan membentuk bagian belakang janin. Kelopak mata pun akan mulai membentuk, dan menutup untuk melindungi mata yang sudah terlebih dahulu terbentuk.

  • Minggu ke 11

Selama 10 minggu pertama kehamilan, bagian kepala janin adalah bagian tubuh yang paling besar, bahkan lebih besar dari bagian tubuh yang baru sedikit sekali perkembangannya. Ketika kehamilan mulai memasuki minggu ke 11, bagian tubuh janin akan mulai berkembang dan tumbuh lebih besar mengikuti pertumbuhan bagian kepala. Setelah melewati tahap ini, tubuh janin akan melalui masa pertumbuhan yang akan berkembang dengan sangat cepat.

Di minggu ini pula, sel darah merah dalam tubuh janin akan mulai terbentuk di dalam hati janin. Alat kelamin bagian luar janin pun akan mulai terbentuk, sehingga tidak lama lagi Ibu sudah bisa mengetahui jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan Ibu.

  • Minggu ke 12

Dalam minggu terakhir di trimester pertama, bagian tubuh yang akan berkembang adalah jari-jari tangan dan kaki yang akan mulai membentuk. Selain itu, bagian-bagian wajah janin juga akan sudah mulai membentuk dan terlihat walaupun ukuran janin masih sekitar 6cm.

Bagaimana, Bu? Menarik bukan mengetahui perkembangan janin yang begitu banyak dalam waktu yang cukup singkat. Tapi jangan lupa ya, Ibu tetap harus terus melakukan konsultasi dan kkontrol dengan dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan janin yang lebih akurat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *