Buah bahan bubur bayi 6 bulan

bubur bayi 6 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

6 bulan adalah saat saat dimana orang tua bisa memperkenalkan makanan pada si kecil. Buah adalah salah satu bahan makanan yang sangat direkomendasikan. Nah, tentu saja orang tua harus belajar agar tahu bahan bubur bayi 6 bulan yang tepat.

  1. Buah cheriMungil merah nan manis adalah 3 kata yang cukup menggambarkan buah cheri. Mungkin karena buah cheri terlihat ‘lucu’ maka cheri sering menjadi hiasan kudapan maupun kue sampai dengan pemanis sesi foto. Ternyata dibalik itu, buah cheri mengandung manfaat yang cukup baik jika diperkenalkan pada bayi berusia 6 bulan bahkan ada beberapa resep bahan bubur bayi 6 bulan memanfaatkan buah cheri, lho ! Terlebih lagi, meski buah cheri cukup sulit ditemukan karena tergolong buah musiman, cheri bisa dibekukan tanpa merusak tekstur buah cheri itu sendiri. Anda bisa membeli banyak cheri dan memasukkan ke dalam pendingin untuk persediaan bahan makanan kedepan, baik untuk bayi anda maupun keluarga.Manfaat cheri bisa anda dan bayi rasakan jika sering mengalami masalah sulit tidur. Kesulitan tidur memang masalah yang kelihatannya sepele namun berdampak besar jika dibiarkan begitu saja, pada bayi tentu menganggu pertumbuhan bayi mengingat bayi membutuhkan banyak tenaga untuk membuat proses ‘pembangunan’ tubuh berjalan lancar. Untung saja, cheri memiliki efek menenangkan sehingga membuat tubuh lebih rileks lalu gampang untuk beristirahat. Jadwal tidur dan bangun pun menjadi lebih teratur dengan sering memakan buah cheri. Manfaat terbesar kedua adalah anti oksidan. Cheri masih termasuk dalam keluarga beri berian, dan keluarga beri terkenal dengan anti oksidan, suatu senyawa yang membantu kekebalan tubuh bahkan dari kanker sekalipun. Enak dan bermanfaat siapa yang tidak mau ?

    Meskipun begitu, ada baiknya bila anda berbicara pada dokter kepercayaan anda terlebih dahulu mengenai keputusan anda memperkenalkan buah cheri. Pada beberapa kasus, bayi mendapat diare saat pertama kali memakan cheri, terutama cheri mentah atau tidak diolah menjadi masakan apapun. Memang tidak semua bayi, hanya demi keamanan dan kenyamanan bayi dan anda juga.

  1. PepayaPepaya merupakan salah satu buah yang cukup tradisional di tanah air Indonesia. Tidak hanya sebagai buah bubur bayi 6 bulan tetapi pepaya sudah digunakan sebagai beragam bahan masakan Indonesia. Jika anda mau mengolah pepaya menjadi bubur dan dihidangkan pada si kecil, akan sangat baik untuk perkembangan si kecil.
    Dari luar saja pepaya sudah terlihat ‘menyenangkan’. Warna pepaya oranye dengan sedikit sentuhan merah muda pada daging pepaya, hmm cukup menggiurkan. Warna ini bukan sekedar kecantikan fisik semata, warna oranye pepaya menandakan kandungan beta karotin dan likopin ! semakin terang warnanya, berarti semakin banyak pula kandungan beta karotin dan likopin.
    Apa itu beta karotin dan likopin ?
    Beta karotin dan likopin adalah 2 senyawa yang berguna dalam pembentukan anti oksidan. Tidak hanya anti oksidan membuat tubuh lebih tahan banting melawan penyakit termasuk kanker, namun pepaya juga bisa mempercantik kulit bayi kedepannya, mengingat kandungan vitamin C dan B di dalam pepaya.Bukan anti oksidan yang membuat pepaya menjadi bintang buah buahan bayi, namun karena kemampuan pepaya yang satu lagi. Pepaya telah dikenal di berbagai belahan dunia sebagai anti radang !

    Pepaya dipercaya meringankan kondisi asma, sekaligus membantu bayi yang bermasalah dengan pencernaan. Pepaya mengandung zat papain, dimana zat papain bisa menghancurkan protein (banyak masakan memanfaatkan zat papain untuk melembutkan daging), yang mana papain juga terbukti membersihkan jalur pencernaan. Inilah kenapa bayi yang rajin makan pepaya cenderung mudah membuang kotoran. Kadar asam juga terbantu dengan kehadiran pepaya. Membatasi konsumsi buah pepaya tidak salah juga, beberapa orang tua mendapati mata bayi berubah menjadi kuning karena terlalu banyak makan pepaya, kondisi satu ini sebetulnya tidak berbahaya, hanya saja membuat orang tua tidak nyaman. Meskipun bayi akan pulih seperti semula ketika sudah mau makan beragam jenis makanan.

  2. ManggaAroma manis mangga saja sudah bikin nafsu makan meningkat, bagaimana dengan rasa mangga ? hmm.. tidak perlu ditanya lagi. Ya, mangga sangat populer di berbagai negara karena varian rasa mangga dan aromanya yang mengundang selera. Mulai dari mangga asam sampai mangga manis, semua laku dibeli oleh konsumen. Memang, beredar kabar bahwa mangga termasuk makanan yang kemungkinan besar memicu alergi, padahal sebenarnya bukan daging mangga yang memicu alergi, melainkan kulit mangga atau getah mangga. Keduanya membuat bayi gatal dan anda harus berhati hati dalam penyajian.
    Terlepas dari hal tersebut, mangga mengandung banyak vitamin yang menunggu diberikan pada bayi yaitu vitamin E, K, B6, serat, beta karotin, dan C. Seperti yang kita tahu vitamin C sendiri sudah mampu menjaga kekebalan tubuh termasuk pula membuat kulit menjadi cantik nan cerah. Siapa yang tidak mau bayi anda tumbuh memiliki kulit cerah merona ?Terlepas dari faktor vitamin, ada satu lagi fungsi yang membuat mangga patut dihidangkan untuk bayi. Mangga bisa membantu tubuh bayi menyerap zat besi lebih banyak. Jika anda memang berusaha meningkatkan kadar zat besi dengan memberikan daging atau semacamnya untuk bayi, ada baiknya anda menghidangkan mangga pula untuk si kecil. Dengan adanya mangga sebagai pendamping bubur bayi 6 bulan, maka semakin mempermudah bayi menyerap zat besi di dalam bubur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *