Buah yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi dan Mulut

kesehatan gigi dan mulut
Listerine Indonesia

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut banyak cara yang bisa dilakukannya, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Namun anggapan dari masyarakat tentang semua buah-buahan baik untuk gigi dan mulut kita itu salah besar, karena sudah terbukti tentang adanya beberapa buah yang tidak bagus bagi kesehatan gigi dan mulut. Bahkan jika kebanyakan mengonsumsi buah tersebut, gigi kita akan rusak dan mulut kita juga akan terkena bau mulut.

Buah-buahan ini memang sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan kita. Baik itu untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh kita dan juga bermanfaat untuk bagian yang lainnya. Namun memang masing-masing buah memiliki keperluan dan manfaat masing-masing bagi kesehatan. Salah satunya adalah jeruk yang sangat segar dan bervitamin C yang tinggi. Dan vitamin tersebut sangat berguna bagi tubuh kita. Namun apabila kita dalam keadaan sakit dan badan kita panas sekali, maka jika kita mengonsumsi jeruk maka sakit kita akan tambah parah.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena memang semua manfaat harus juga melihat keadaan. Tidak mungkin ada buah yang bermanfaat untuk semua keadaan, pasti masing-masing memiliki manfaat dalam keadaan yang tertentu misalnya saja kekurangan mineral dan sebagainya namun tidak bagus ketika kita sedang sakit.

Dalam hal ini kami akan membahas tentang beberapa buah yang tidak bagus bagi kesehatan gigi dan mulut namun bermanfaat untuk kesehatan pada keadaan dan organ-organ kita yang lainnya. Langsung saja untuk mengetahui apakah jenis-jenis dari buah-buahan yang dimaksud, silahkan anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

  • Jeruk

Seperti yang sedikit kita singgung dalam penjelasan di atas, bahwa jeruk ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi. Namun dengan kadar vitamin C yang sangat tinggi tersebut maka akan menyebabkan kadar asam di gigi dan mulut kita menjadi sangat tinggi pula. Dengan kadar asam yang tinggi tersebut maka bisa merusak bagian permukaan gigi. Hal itu karena dengan tingkat keasaman yang sangat tinggi tersebut bisa menipiskan email gigi kita dan membuat gigi menjadi lebih sensitif dan akan mudah rusak.

  • Lemon

Hampir sama seperti Jeruk, bahwa Lemon ini juga mempunyai kadar vitamin C yang sangat tinggi pula. Meskipun masih tinggi Jeruk, namun dengan konsumsi Lemon setiap hari dan terus menerus juga akan menyebabkan tingkat keasaman yang sangat tinggi dan berakhibat fatal bagi gigi kita.

  • Anggur

Tidak hanya Jeruk dan Lemon yang dapat menyebabkan keasaman terlalu tinggi, namun juga Anggur ternyata juga bisa meninggikan kadar asam di mulut kita. Namun Anggur ini meninggikan asam bukan karena vitamin C, namun karena Anggur ini memiliki kadar PH yang ternyata juga bisa membuat kadar asam sangat tinggi.

  • Strawberry

Lagi-lagi tingginya keasaman juga menjadikan Strawbeery ini juga masuk ke dalam salah satu buah yang dapat merusak kesehatan gigi dan mulut. Meskipun kandungan mineralnya cukup banyak, namun dengan tingkat keasamannya juga lebih dikhawatirkan akan menyerang permukaan gigi kita.

  • Nanas

Sama seperti buah yang lainnya, bahwa Nanas ini juga memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi dan itu akan berakibat pada semakin tipisnya email gigi dan akan menyebabkan gigi yang mudah rusak.

Beberapa buah yang dapat merusak kesehatan gigi dan mulut di atas mungkin memiliki manfaat lain bagi tubuh kita. Namun yang jelas buah tersebut dapat merusak gigi kita ketika kita mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Tetapi jika hanya satu atau dua mungkin tidak masalah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *