Bubur Bayi 6 Bulan Yang Tepat Bagi Anak Anda

bubur bayi 6 bulan
Source: Peekaboo

Pada usia 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk anda memberikan bubur bayi 6 bulan atau MPASI . Pada umur 6 bulan, bayi sudah mampu memproduksi berbagai enzim pencernaan sehingga mampu mencerna makanan selain ASI. Pemberian MPASI dapat menurunkan resiko alergi dari makanan bagi bayi jika diberikan tepat pada  usia 6 bulan alasannya adalah sistem pencernaan yang sempurna pada bayi berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, yaitu protein immunoglobin yang memiliki peranan melindungi sistem pencernan.

Meskipun IgA bisa dihasilkan dari ASI akan tetapi produksinya rendah, sehingga kemungkinan bayi anda terkena alergi makanan jika diberikan MPASI pada usia dibawah 6 bulan. Disamping itu pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan makanan hingga dapat mendorong makanan dari depan ke belakang mulutnya, dengan mekanisme  seperti ini, akan mempermudah bayi anda dalam menelan MPASI yang diberikan.

Nutrisi Yang Terkandung Pada Bubur Bayi 6 Bulan

Pada usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi anda mengenal asupan nutrisi selain dari ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi anda. Adapun kebutuhan nutrisi pada usia 6 bulan adalah sebagai berikut :

  • Protein

Protein akan membantu dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh pada bayi anda sehingga mampu mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang didapatkan dari ikan laut akan tetapi anda juga harus memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah seperti ikan salmon atau ikan air tawar seperti, ikan lele. Daging ayam giling, daging sapi giling bisa menjadi campuran bubur untuk bayi usia 6 bulan.

  • Lemak

Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi untuk bayi anda. Menyediakan asam lemak esensial dan vitamin larut merupakan kepentingan nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan sangat baik untuk perkembangan bayi anda di usia 6 bulan.

  • Karbohidrat

Merupakan sumber energi pertama yang dibutuhkan bayi anda untu menyediakan energi selain dari ASI. Pada bayi 6 bulan karbohidrat yang dibutuhkan adalah 68,75 gram-89,39 gram. Dalam menghasilkan karbohidrat bisa dihasilkan dari beras putih atau beras merah.

  • Vitamin dan Mineral

Hampir semua vitamin dibutuhkan dalam perkembangan bayi di usia 6 bulan. Vitamin A,B,K,E ,D dan vitamin C. Vitamin tersebut bisa dihasilkan dari beberapa sayuran seperti bayam, labu siam, brokoli, seledri, tomat dan wortel.Sumber buah-buahan yang disarankan pada bayi berusia 6 bulan adalah mangga, semangka, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, pir dan apel.

Berbagai Macam Bubur Bayi 6 Bulan Yang Sehat

Bubur adalah salah satu makanan bayi yang direkomendasikan saat bayi berusia 6 bulan. Bubur memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi sehingga sistem pencernaan bayi akan mudah beradaptasi. Beragam jenis bubur dapat menjadi pilihan untuk MPASI si kecil. Agar si kecil tidak merasa bosan, anda dapat memberikan bubur yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini beberapa bubur yang baik untuk si kecil;

  • Bubur Beras

Bubur beras merupakan pilihan bubur pertama untuk MPASI bayi. Bubur beras bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu, 1/4 mangkuk beras dan 1 mangkuk air. Perbandingan air dan beras yaitu 1:4. Cara membuatnya yaitu, anda dapat mencampurkan beras yang sudah dihaluskan dengan setengah air yang sudah anda siapkan. Didihkan sisa air, jika sudah mendidih anda bisa memasukan larutan beras ke dalamnya. Aduk semua bahan hingga mendidih atau selama kurang lebih 10 menit. Jika bayi menyukainya anda dapat menambahkan ASI atau susu formula.

  • Bubur Susu

Selain bubur beras, bubur susu adalah pilihan baik sebagai MPASI bayi. Makanan padat pertama ini bisa anda berikan pada si kecil. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan dalam membuat bubur susu yaitu, 1 sendok makan tepung beras dan 200 ml susu formula. Cara membuatnya yaitu larutkan tepung beras yang sudah anda siapkan dengan susu formula. Masak larutan tersebut dengan menggunakan api kecil hingga mendidih dan hingga bahan menjadi lebih kental. Apabila masih terdapat tepung yang menggumpal, sebaiknya anda saring terlebih dahulu.

  • Bubur Sayur

Disarankan untuk mengenalkan sayur terlebih dahulu dibandingkan dengan buah karena buah memiliki rasa manis yang tentunya bayi akan menyukainya, lain halnya dengan sayur yang memiliki rasa hambar. Bubur sayur adalah salah satu bubur sehat yang dapat anda berikan pada buah hati.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 50 gram brokoli yang sudah dikukus hingga matang dan dipotong berukuran kecil. Selain brokoli anda juga harus menyiapkan 5 sendok makan susu. Susu yang digunakan bisa susu formula maupun ASI. Cara membuat bubur sayur yaitu haluskan brokoli yang sudah dikukus dan dipotong dengan tambahan sedikit susu menggunakan blender. Setelah itu, campurkan dengan susu yang masih tersisa. Agar bayi tidak merasa bosan, anda dapat mengganti sayuran brokoli dengan sayuran yang lainnya seperti wortel, bayam dan lain sebagainya.

  • Bubur Buah

Vitamin yang terdapat pada buah dibutuhkan oleh bayi. Karena seperti itu, memberikan bubur buah bisa anda lakukan. Buah yang disarankan untuk bubur bayi yaitu pisang ambon yang matang dan manis. Siapkan sekitar 50 gram buah pisang ambon. Kupas pisang tersebut dan potong-potong. Bahan lainnya yang harus anda siapkan yaitu susu formula. Cara membuatnya, haluskan pisang yang sudah dipotong dengan campuran sedikit susu menggunakan blender. Selanjutnya sajikan bubur buah ini dengan tambahan susu formula yang tersisa. Selain pisang, buah lain yang bisa anda olah menjadi bubur bayi 6 bulan yaitu pepaya atau apel.

Kalau anda sedang bepergian sehingga sulit untuk membuat bubur untuk bayi 6 bulan, anda bisa mencoba Cerelac dari Nestle. Varian rasanya banyak loh sehingga bayi tidak akan merasa bosan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *