Bubur Bayi 8 Bulan Yang Terbaik Untuk Buah Hati Anda

bubur bayi 8 bulan
solusisehatku.com

Bubur bayi 8 bulan sangat tepat untuk diberikan pada buah hati Anda. Memberikan asupan gizi yang sesuai dengan usia bayi adalah hal yang harus anda perhatikan, agar disesuaikan dengan perkembangan pada bayi anda. Saat bayi anda memasuki bulan ke 8, gerakan-gerakannya sudah lebih aktif, seperti merangkak atau mulai duduk. Selain itu bayi anda lebih aktif menggunakan tangannya untuk meraih objek yang menarik disekitarnya. Kepekaan yang dimiliki bayi usia 8 bulan sudah ditandai dengan ikatan emosional bersama orang tuanya dan keluarga lainnya. 

Ketika Anda memberikan makanan pendamping ASI di usia yang dianjurkan , maka anda dapat memperhatikan asupan gizi yang lebih beragam di usia ini. Perhatikan juga jenis makanan bayi yang anda berikan, ketika bayi memiliki alergi atau riwayat alergi pada keluarga, maka sebaiknya anda lebih baik menghindari telur, kacang-kacangan atau gandum. Meskipun pada dasarnya jenis alergi pada masing-masing keluarga berbeda. Tingkatkan jenis asupan sayuran dan buah-buah yang beragam sehingga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhannya.

Jadwal Memberikan Bubur Bayi 8 Bulan

Dalam memberikan cemilan sehat bisa Anda berikan pada usia ini. Anda juga bisa membuat jadwal menu makan bubur bayi Anda sebagai berikut :

-Jam 7 pagi Anda bisa memberikan Bubur Susu

-Jam 10 pagi Anda bisa memberikan  Cemilan Buah Sehat

-Jam 12 siang  Anda bisa memberikan Tim saring

-Jam 4 sore Anda bisa memberikan Tim saring

Pada usia ini penggunaan tambahan rasa dapat diberikan, tambahan rasa dapat dihasilkan dari margarin, keju  atau butter untuk membangkitkan selera makan. Selain itu juga cemilan buah dapat diberikan pada usia ini. Didukung dengan pertumbuhan gigi pada usia ini, buah yang kaya akan nutrisi dapat membantu perncernaan bayi anda. Penyajian buah dapat lebih kental dari sebelumnya seperti dikerok atau dilumatkan. Anda boleh memberikan potongan buah kecil-kecil untuk melatih giginya, namun  anda tetap harus memberikan pengawasan pada bayi anda. Buah yang harus anda hindari adalah buah yang mengandung serat tinggi seperti buah sirsak, buah yang mengandung alkohol seperti durian dan nangka atau buah yang terlalu asam karena akan mengakibatkan gangguan pada perut.

Usia 8 bulan bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk bermain dan mengajak  bayi berkomunikasi. Bayi juga sudah mulai memegang makanan sebagai camilan karena penting untuk merangsang pertumbuhan gigi. Pada malam hari biasanya bayi membutuhkan ASI atau susu formula hanya 1 kali saja. Anda tidak perlu khawatir dengan pengurangan jadwal makan ini.  Anda bisa  mengenalkan bayi untuk mencoba beberapa menu yang dimasak dari pasta, gandum coklat, beras merah, oat, atau quinoa.  Pastikan semua menu ini dimasak menjadi sangat lembut seperti gandum.

Anda juga dapat memberikan mengenalkan buah yang terdiri dari alpukat, apel, pisang, bleeberi, melon, kurma, kiwi, anggur, mangga, pepaya, pir, dan labu kuning. Selain itu, Anda bisa memberikan beberapa jenis sayuran seperti asparagus, brokoli, kembang kol, kentang, lobak, wortel, kacang panjang, buncis, jamur, bawang merah, kentang dan mentimun. Anda bisa memberikan sumber protein yang bisa membantu meningkatkan energi dan tenaga untuk pertumbuhan bayi seperti daging sapi, daging ayam, kuning telur, ikan, tahu dan tempe.

Anda juga bisa mengenalkan beberapa jenis produk yang diolah dari susu seperti yogurt, keju, dan kefir. Perhatikan bila  bayi mengalami diare, sakit perut dan kembung karena bisa disebabkan oleh alergi terhadap produk susu. Anda juga bisa mengenalkan beberapa bumbu tambahan ringan seperti rempah-rempah. Pastikan Anda tidak terlalu banyak menambahkan rempah dalam makanan untuk Bayi Anda masih sangat peka terhadap rasa dan tekstur makanan.

Tektstur Bubur Bayi 8 Bulan Yang Baik

Jika bayi Anda sudah masuk usia 8 bulan, maka Anda bisa mulai mengatur jadwal makanan dengan cara yang tepat. Pastikan bayi Anda tidak menahan lapar terlalu lama, karena bisa menyebabkan penurunan nafsu makan. Biasanya bayi akan tertarik dengan makanan padat pada saat-saat tertentu. Waktu yang paling tepat dan disarankan misalnya pagi setelah bayi minum susu atau ASI. Pada siang hari berikan makanan padat sebelum bayi tidur siang. Sore hari berikan makanan padat untuk bayi menjelang makan malam.  Walaupun bayi Anda sudah bisa mengunyah makanan dengan baik, tapi pastikan bayi Anda hanya menerima makanan padat yang sudah dihaluskan. Semua jenis makanan padat yang berbahan tepung harus dihaluskan atau semi halus. Bubur cair sudah tidak menarik untuk bayi usia 8 bulan, sehingga Anda harus merubah cara memasak.

Pastikan bayi Anda bisa memainkan sendok atau garpu untuk membiasakan makan sendiri. Beberapa buah yang bisa diambil dengan garpu harus dipotong kecil. Beberapa buah yang disarankan dalam bentuk potongan misalnya pepaya, kiwi, mangga, dan pir. Hal ini untuk menghindari agar bayi tidak tersedak. Bantu kemampuan jari bayi Anda dengan memberikan makanan yang tidak mudah hancur ketika dipegang dengan jari bayi.

Anda bisa mencoba memberikan anggur yang dipotong kecil atau buah pisang untuk pendamping bubur bayi 8 bulan. Orang tua harus terus mengawasi bayi ketika bayi mulai memegang makanan. Bayi usia 8 bulan menunjukkan perkembangan motorik dan sensorik yang sangat baik. Namun biasanya bayi mengalami penurunan berat badan karena gerakan yang semakin aktif. Untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi maka bantu dengan mencukupi nutrisi dari makanan padat selain ASI dan susu formula.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *