Bubur Bayi Sehat, Pastikan Dulu Semua Bahan Sebelum Membuatnya!

menu mpasi 6 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Bubur bayi sehat atau makanan pendamping ASI (MPASI) bisa diberikan pada si kecil setelah enam bulan usianya. Biasanya ibu akan memberikan puree buah, biskuit bayi atau juga bubur bayi. Bubur bayi itu bentuknya seperti bubur yang dimasak orang tua, namun tidak tahu kandungan protein dan zat gizi lainnya ada atau tidak. Apabila terpaksa membelinya, sebaiknya beli bubur hanya sekali langsung habis, jangan disimpan.

Pasalnya kita tidak tahu kadar gizinya, lebih baik buat sendiri di rumah. Daripada bingung membuat belum jelas kadarnya atau membeli yang tak jelas kandungannya, Maka disarankan bagi orang tua untuk membeli bubur bayi kemasan  yang bisa langsung seduh. Dikemasannya sudah jelas tercantum kalorinya.

Bubur Bayi Sehat Yang Baik Untuk Si Kecil

Seperti yang kita ketahui, bahwa pemberian makanan bayi atau bubur bayi yang sehat sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setelah bayi berusia genap 6 bulan. Karena tahapan awal untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI dimulai ketika si kecil berusia 6 bulan. Maka pemberian MPASI ini sangat dianjurkan untuk membantu tumbuh kembang si kecil, dimulai dari tekstur yang sedikit cair serta lembut.

Dan secara bertahap, si kecil dianjurkan untuk dikenalkan pada makanan yang memiliki tekstur yang padat atau kasar, terutama ketika usianya memasuki usia 8 bulan. Nah, berikut ini kami akan menyampaikan beberapa resep bubur bayi yang memang bisa Anda jadikan sebagai makanan pendamping ASI yang pertama, diantaranya adalah ;

– Bubur Susu

Bahan yang diperlukan 3 sdm tepung beras halus dan 200 ml susu formula. Cara Membuatnmya yaitu, cara pertama dalam membuat bubur bayi sehat bubur susu yaitu larutkan tepung beras dengan menggunakan susu formula, aduk hingga merata. Panaskan dengan keadaan api yang kecil, aduk hingga matang dan tekstur kental. Angkat, lalu aduk hingga asap yang dikeluarkannya hilang dan panasnya berkurang. Sajikan kedalam mangkuk bayi, dan siap untuk disajikan.

– Bubur Kacang Hijau

Bahan yang diperlukan 100 gram kacang hijau kupas, rendam, tiriskan. 250 ml jus apel. 1 buah wortel, kupas, potong dadu. 400 cc air,  dan 10 sdm susu formula. Cara Membuatnya adalah  Sangrai kacang hijau yang telah disiapkan hingga keadaan benar-benar matang. Haluskan dan ayak hingga keadaan benar-benar lembut. Rebuslah wortel dengan menggunakan air hingga tinggal setengah, ambillah airnya. Campurkan kacang hijau yang telah dihaluskan dengan jus apel dan air rebusan wortel. Aduk hingga merata, namun jarang di atas api yang sedang. Aduk jarang hingga mendidih. Masukkan susu formula sedikit demi sedikit sambil di aduk rata, angkat dan sajikan selagi hangat.

– Bubur Beras Merah

Bahan yang diperlukan 100 gram beras merah, rendam, tiriskan, haluskan, dan ayak. 600 kaldu ayam. 5 sdm susu formula 1. 100 gram pepaya matang, haluskan. 5 sdm air jeruk manis. Cara Membuatnya adalah campurkan tepung beras dengan kaldu ayam yang telah Anda siapkan. Aduk rata dan jarang di atas ampi sedang, terus aduk hingga matang dan angkat. Tambahkan susu formula, papaya, dan air jeruk manis, aduk hingga rata. Sajikan dalam keadaan hangat

– Puree Bayam

Bahan yang diperlukan 60 gram daun bayam, cuci bersih. 100 gram kentang, kupas, potong dadu dan 250 ml air atau kaldu daging. Cara membuatnya adalah idihkan air putih atau bahkan air kaldu. Masukkan potongan kentang beserta daun bayam. Masak hingga tekstur benar-benar lunak dan matang. Angkat, tuangkan kedalam tabung blender, proses hingga lembut. Dan sajikan untuk si kecil.

– Puree Jagung Manis

Bahan yang diperlukan 100 gram jagung manis pipilan dan 250 ml air atau kaldu daging. Cara membuatnya adalah didihkan kaldu atau bahkan air putih. Masak jagung manis yang telah di sediakan. Masak hingga tekstur benar-benar lunak dan matang. Dan angkat, lalu masukkan jagung tersebut kedalam tabung blender. Proses hingga lembut. Angkat dan saring sebelum menyajikannya.

– Nasi tim hati

Bahan yang diperlukan 600 ml air, 2 sendok makan beras, 25 gram hati ayam iris kecil, 25 gram tempe, 50 gram labu kuning parut, 1 iris tomat matang, 1 sendok the minyak. Cara membuatnya adalah masukan beras, hati ayam, tempae ke dalam air lalu aduk perlahan. Masukan labu kuning, tomat, masak hingga matang dan tambahkan minyak aduk dan dinginkan. Saring ke dalam blender dan haluskan. Tuang ke mangkuk dan sajikan.

Bubur Bayi Sehat Yang Disarankan Oleh Para Ahli

Ketika Anda akan masaka , tentu Anda sudah punya niat untuk memasak makanan lezat yang sangat di sukai banyak anggota keluarga anda bukan. Dalam keluarga, pasti memiliki makanan yang sangat di gemari dan menjadi favorit setiap anggota keluarga anda. Namun, sudahkah anda membuat dan menyiapkan makanan yang baik untuk bayi anda. Memilih makanan yang cocok untuk bayi bukan hal yang mudah jika di bandingkan dengan kita yang telah dewasa. Bagi anda yang memiliki bayi usia 6 sampai 12 bulan pasti ingin memberikan makanan bayi sehat, lezat dan nutrisi yang tinggi.

Sekarang ini sudah banyak sekali makanan bayi yang di jual di mini market atau di mall yang banyak pilihan untuk bayi anda. Namun, anda harus tetap memperhatikan nilai gizi serta bahan dan tanggal kadaluarsanya karena jika anda salah pilih bisa membahayakan bayi anda. Bukan hal yang salah jika anda lebih memilih bubur bayi sehat instan karena mungkin lebih ekonomis dan mudah penyajiannya.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *