Bukan Sekedar Tips Menjaga Kesehatan Bayi dan Balita

kesehatan bayi dan balita
Friso Indonesia

Bagaimana ibu menunjukkan rasa sayang kepada sang buah hati? Apakah dengan membelikan semua yang ia butuhkan? Atau selalu memberikan perhatian penuh?

Ungkapan rasa sayang orang tua kepada sang buah hati bisa diwujudkan dengan berbagai macam cara. Hanya saja, cara yang paling universal dilakukan oleh para orang tua adalah dengan menjaga kesehatan bayi dan balita.

Akan tetapi, ternyata menjaga kesehatan anak saja tidak cukup untuk menunjukkan bawasannya ibu sangat menyayangi sang buah hati. Ada yang lebih dari hal itu, yaitu memahami si kecil.

Mungkin hal berikut ini harus ibu ketahui untuk memastikan ibu benar-benar memahami kebutuhan anak ibu.

Membiarkan Anak Menangis

Memang aneh tapi ada manfaat yang bisa ibu dapatkan jika ibu membiarkan anak menangis. Kebanyakan orang tua akan sangat sedih sekali anak menangis. Mereka pasti menyangka ada masalah dengan kesehatan bayi atau balita mereka.

Padahal menangis tidak selalu berkaitan dengan kesehatan anak yang kurang baik. Menangis juga bisa berhubungan dengan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh anak ibu.

Jika karena tidak nyaman kemudian akan menangis, maka sebaiknya ibu membiarkan dulu anak ibu menangis. Biarkan ia menenangkan diri sendiri. Ternyata, cara ini sangat bagus agar membuat anak nyaman dan tenang. Selain itu, jika anak sudah lega setelah menangis dan bisa menenangkan diri sendiiri, anak tersebut cenderung bisa tidur lebih lelap khususnya di malam hari.

Makan Sambil Bermain

Untuk kasus seperti ini, biasanya dialami oleh balita yang usianya sudah menginjak 1,5 tahun ke atas. Balita sudah ingin sekalil melakukan beberapa hal sendiri seperti hanya makan sendiri.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak memahami hal ini. Mereka sering marah karena setiap kali makan sendiri makan makanan akan berceceran di mana-mana. Balita cenderung bermain makanan, bukan makan.

Sebenarnya ini hal yang sangat wajar sekali. Tentang saja. Selama ibu tetap memberikan nutrisi seimbang seperti susu balita terbaik setiap hari, kesehatan balita akan tetap terjaga. Biarkan si kecil bermain makanan karena hal tersebut akan membuat anak jauh dari rasa takut untuk mengkonsumsi jenis makanan yang berbeda-beda.

Memahami Siklus Tidur Anak

Tidur juga memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan bayi dan juga kesehatan balita. Untuk bayi, waktu tidurnya lebih lama daripada balita. Ketika balita sudah menginjak usia 1 tahun ke atas, siklus tidurnya berubah. Saat bayi, ia tidur tiga kali sehari. Saat balita, tidurnya sudah berkurang, yaitu dua kali sehari.

Orang tua harus tahu siklus tidur anaknya. Jika tidak memahami hal tersebut, anak akan mudah rewel terutama ketika ia mengantuk tapi belum bisa tidur juga.

Akan lebih baik jika orang tua sedikit memaksa anak untuk tidur jika sudah saatnya. Dengan demikian, anak akan mendapatkan energi kembali dan tidak merasa kelelahan.

Jadi, tugas orang tua tidak hanya memastikan kesehatan anak terjaga. Lebih dari itu, orang tua juga harus benar-benar memahami anaknya sendiri mengenai kebiasaan, apa yang membuatnya senang dan nyaman, serta hal-hal lainnya.

Hal ini tidak hanya berkaitan dengan perkembangan anak tapi juga sebagai bukti kedekatan antara orang tua dengan anak. Semoga informasi ini akan membuat orang tua sadar bawasannya tugas orang tua tidak mudah. Namun, orang tua juga tidak boleh stress ketika membesarkan anak karena itu merupakan tugas yang mulia.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *