Bunda, Begini Cara Mencegah Risiko Buruk Bedak Bayi

Bedak Bayi
Johnson’s Baby Indonesia

Bedak bayi selalu dan hampir setiap hari digunakan setelah bayi mandi, bersih-bersih setelah buang air dan lainnya. Sudah sejak lama bedak bayi dipercaya bagus untuk mencegah iritasi kulit pada bayi, menjaga kulit bayi tetap lembut dan membuat aroma bayi tetap wangi. Tidak sedikit juga orang dewasa yang menggunakan bedak bayi karena merasa cocok dan tidak membuat kulit iritasi karena alergi.

Sayangnya, nama baik bedak bayi seolah tercoreng setelah beredar kabar bahwa bedak untuk bayi tersebut mengandung bahan berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan. Salah satu bahan berbahaya yang ditemukan terkandung dalam bedak bayi adalah talc atau talek. Mengapa talc berbahaya? Peneliti dan ahli medis mengungkapkan bahwa talc dapat membahayakan organ-organ tubuh seperti paru-paru jika terlalu sering terhirup. Tentunya, ini akan mengakibatkan gangguan pada pernapasan.

Efek yang bisa ditimbulkan karena bedak bayi

  • Gangguan pada mata dan tenggorokan

Bedak bayi yang mengandung talek dapat mengakibatkan iritasi mata, apalagi jika butiran serbuknya mengenai bagian sensitif mata. Selain mata, bedak bayi juga bisa menyebabkan gangguan pada tenggorokan.

  • Gangguan pada kulit

Bedak bayi bisa menimbulkan efek samping seperti lecet dan biru-biru pada bagian kulit atau kuku dan juga bagian bibir yang memang sensitif.

  • Gangguan pada jantung

Sayangnya bedak bayi juga dapat mengganggu jantung sehingga buah hati bisa saja mengalami gejala tekanan darah, kejang dan pingsan.

  • Gangguan pada paru-paru

Seperti yang telah disebutkan di atas, bedak bayi juga bisa mengganggu sistem pernapasan jika sering terhirup.

  • Gangguan sistem saraf

Saat bedak bayi sudah menyerang sistem saraf, si Kecil bisa saja mengalami demam tinggi, kedutan pada otot wajah, tangan dan kaki. Bayi juga jadi mudah mengantuk, lesu dan kurang aktif.

Nah, agar Bunda bisa meminilisir risiko yang cukup berbahaya pada bayi tersebut, sebaiknya bunda memilih merk bedak bayi yang aman. Selain itu, Bunda juga sebaiknya memperhatikan tips-tips untuk menghindarkan bayi dari gangguan kesehatan akibat bedak bayi sepeti berikut ini.

Tips untuk menghindarkan si Kecil dari ancaman bedak bayi

  • Pertama-tama, Bunda harus memilih bedak bayi yang bagus untuk buah hati tercinta. Perhatikan baik-baik kandungan yang terdapat dalam bedak bayi Bunda. Jika bedak bayi diketahui memiliki kandungan talc, letakkan di rak lagi dan ambil merk bedak bayi yang aman dan talc-free.
  • Pada saat akan mengaplikasikan bedak pada bayi, jangan langsung menaburkan bedanya ke badan atau wajah bayi. Taburkan di telapak tangan Bunda terlebih dahulu dan jauhkan dari bayi Bunda. Usapkan dengan kedua telapak Bunda, baru setelah itu balurkan ke tubuh si Kecil dengan penuh hati-hati agar powder-nya tidak mengenai mata, hidung atau mulutnya.
  • Untuk meminimalkan yang iritasi pada kulit buah hati, sebaiknya Bundan menghindari menumpuk bedak pada lipatan-lipatan kulit si Kecil seperti di pangkal paha, leher, lipatan tangan, lipatan kaki dan perut. Bersihkan sisa powder di lipatan-lipatan itu terlebih dahulu sebelum menaburkan bedak lagi saat mengganti popoknya.

Nah, itu adalah beberapa cara yang bisa Bunda gunakan untuk menghindarkan risiko buruk bedak bayi dari si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat dan buah hati selalu dalam keadaan sehat ya, bunda!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *