Burjo Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Apakah Hanya Sebatas Mitos Saja?

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Masyarakat Indonesia belum sepenuhnya bisa meninggalkan mitos. Contohnya saat kehamilan, banyak ibu yang masih memegang kepercayaan kuno.

Masalahnya, tidak semua mitos yang ada benar-benar baik. Malahan cenderung membahayakan untuk yang mempercayainya.

Walaupun begitu, ada juga mitos yang jika ditinjau dari penelitian, mitos tersebut sesuai sehingga baik untuk diterapkan.

Contohnya adalah mitos mengenai manfaat untuk kesehatan tubuh ibu hamil bagi yang sering mengkonsumsi burjo atau bubur kacang ijo. Makanya, tidak sedikit ibu hamil yang kemudian mengkonsumsi bubur kacang hijau ini selama mengandung.

Nah, bagaimana dengan tinjuan ilmiah mengenai mitos tersebut? Sebelum mengetahui jawabannya, mari cari tahu mitos yang berkembang sampai saat ini jika ibu hamil sering mengkonsumsi bubur kacang hijau berikut ini!

Mitos Mengenai Konsumsi Bubur Kacang Ijo Ketika Hamil

Keinginan untuk memiliki buah hati yang sehat dan berambut tebal membuat ibu melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi burjo tadi. Tentu saja, tidak hanya sekali saja. Namun dikonsumsi berulang kali selama masih mengandung janin.

Mitos ini kemudian diperkuat dengan banyaknya anak yang terlahir dengan rambut yang lebat. Terutama bagi ibu hamil yang sering mengkonsumsi bubur kacang ijo tiap harinya. Makanya, banyak sekali ibu yang pada masa kehamilannya sering mengkonsumsi burjo tadi.

Lalu Bagaimana Dengan Tinjauan Alamiahnya?

Mitos yang dipercaya masyarakat kemudian mengundang sejumlah penelitan. Dan salah satu penelitian menyebutkan jika bubur kacang ijo merangsang pertumbuhan akar rambut janin yang masih dalam rahim.

Dengan kata lain, mitos di atas sesuai sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir jika sering mengkonsumsi bubur kacang ijo selama mengandung.

Tak hanya itu saja, bubur kacang ijo juga bisa menyuburkan rambut bayi. Bahkan bagus juga untuk ibu hamil, yakni kandungan serat yang tinggi akan membuat sistem pencernaan ibu lebih sehat.

Kemudian yang tidak kalah penting, bubur kacang ijo juga kaya akan kandungan protein. Protein ini nantinya bisa membantu dalam perkembangan janin.

Jadi, bila ibu didiagnosis memiliki janin yang beratnya di bawah angka normal, sering-seringlah mengkonsumsi bubur kacang hijau ini. Tujuannya tentu saja untuk mendorong berat bayi dalam kandungan mencapai berat yang normal.

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Jika dilihat dari hasil penelitian, terjawab sudah mengenai mitos yang dipercaya masyarakat Indonesia sampai saat ini. Bahkan rutinitas menjaga asupan dari bubur kacang hijau sendiri bagus untuk kesehatan bayi dan ibu hamil.

Perlu diketahui jika kesehatan ibu akan berpengaruh pada kesehatan janin. Semakin sehat, maka janin yang dikandungnya juga akan berkembang dengan lebih baik.

Mengenai bagaimana cara menyehatkan tubuh ibu, konsumsi bubur kacang hijau sangatlah baik. Bahkan direkomendasikan karena memang kaya akan manfaatnya.

Salah satu manfaat yang akan didapatkan ibu adalah tersuplainya energi yang dibutuhkan. Ibu memang butuh energi ekstra selama hamil, dan itu bisa didapatkan dari burjo. Makanya, tidak berlebihan jika ibu perlu sarapan burjo di tiap harinya.

Sementara manfaat burjo lainnya adalah lebih mengenyangkan. Hal ini dikarenakan burjo mengandung karbohidrat baik / kompleks yang manfaatnya khusus untuk mengurangi rasa lapar.

Dan manfaat terakhir yang bakalan didapat ibu hamil adalah terhindar dari masalah obesitas. Ini cukup penting karena hampir setiap ibu hamil akan mengalami masalah obesitas akibat pola makan berlebihan.

Beda bila rajin mengkonsumsi burjo, nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin terpenuhi walaupun kenyataannya ibu tidak perlu mengkonsumsinya secara berlebihan.

Intinya, bubur kacang ijo memang bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Dan untuk melengkapinya, informasi penjagaan ibu dan janin bisa dilihat di www.ibudanbalita.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *