Cara Alami Membersihkan Plak Gigi

Membersihkan plak gigi
www.listerine.co.id

Plak atau karang gigi merupakan masalah gigi yang dihadapi oleh kebanyakan orang, plak pada gigi tentu akan mengurangi kepercayaan diri dan orang lain pun akan mencap diri kita sebagai pribadi yang jorok. Munculnya plak dikarenakan kurangnya kita dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Banyak diantara kita yang akan bertanya-tanya karena merasa sudah menjaga kesehatan serta kebersihan gigi, namun plak pada gigi tetap terlihat.

Plak di gigi disebabkan oleh menempelnya sisa-sisa makanan yang kita konsumsi, dalam sehari wajarnya kita makan sebanyak tiga kali di waktu pagi, siang & malam. Pada pagi hari sebelum beraktifitas usahakan menyikat gigi setelah menyantap sarapan pagi, hal tersebut untuk mengurangi sisa-sisa makanan yang terdapat dalam sela gigi.

Salah satu masalah utama atau yang menjadi penyebab plak gigi terbentuk adalah tidak menggosok gigi setelah makan siang, sedikit diantara kita yang menyikat gigi disiang hari karena kita sedang berada diluar rumah, durasi setelah kita makan siang hingga makan malam terbilang cukup panjang, bayangkan berapa banyak sisa makanan di sela gigi yang menempel selama berjam-jam yang dapat mengakibatkan munculnya plak.

Setelah makan malam atau menjelang tidur kitapun harus kembali menggosok gigi dan waktu malam hari merupakan waktu terpenting untuk menggosok gigi dan tak boleh terlewatkan jika ingin menghindari munculnya plak pada gigi kalian.

Lalu bagaimana jika plak atau karang gigi telah bersarang di gigi kita? Bagaimana solusinya dan cara menghilangkannya? Kalian bisa berkonsultasi ke dokter gig, kemudian akan dilakukan treatment khusus untuk menghilangkan plak pada gigi kalian, namun tentu biaya yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit. Kemudian, bagaimana cara membersihkan plak gigi tanpa harus menggeluarkan biaya yang banyak? Jawabannya adalah gunakan cara alami seperti :

1. Menggunakan pasta gigi khusus :

Pasta gigi merupakan hal penting untuk menjaga kebersihan gigi, untuk kalian yang mengalami masalah plak gigi sebaiknya gunakan pasta gigi khusus yang dapat membersihkan plak gigi karena memiliki kandungan fluroid atau tartar control. Kandungan tersebut terbukti ampuh untuk menghilangkan plak gigi.

2. Konsumsi apel :

Buah apel memiliki banyak sekali manfaat yang berguna bagi tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata apel bisa digunakan untuk membersihkan plak atau karang gigi. Buah apel memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Namun pastikan kalian mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasilnya ya.

3. Konsumsi melon :

Buah lain yang ternyata juga memiliki manfaat untuk menghilangkan plak gigi adalah melon, melon mengandung serat alami yang berguna untuk meningkatkan produksi air liur, karena ternyata air liur merupakan komponen penting untuk tetap menjaga kebersihan gigi.

4. Minum air putih :

Cara sederhana untuk menghilangkan plak gigi adalah dengan mengkonsumsi air putih. Usahakan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari secara rutin. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, air putih juga dapat diggunakan sebagai pembersih karang gigi lho, caranya dengan rajin berkumur menggunakan air putih

5. Kurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula & tepung :

Makanan yang mengandung gula dan tepung ternyata bisa menyebabkan timbulnya plak gigi secara cepat, kedua makanan dengan bahan itu memang dapat memicu timbulnya karang pada gigi, apalagi jika kalian malas untuk membersihkan gigi setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung yaa.

Untuk hasil yang maksimal, selain menggosok gigi secara teratur dan menggunakan cara alami diatas. Gunakanlah obat kumur untuk menjaga kesehatan serta kebersihan gigi kalian agar terhindar dari plak atau karang gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *