Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok Bayi    

 

mengatasi ruam popok
Johnson’s Baby Indonesia

Mengatasi ruam popok bayi merupakan salah satu hal yang harus dipelajari oleh ibu, karena jika dibiarkan akan membuat rasa tidak nyaman pada bayi. Ruam popok sendiri merupakan suatu peradangan yang terjadi di area yang ditutupi popok, bagian seperti sekitar alat kelamin, pantat dan pangkal paha bagian dalam merupakan area umum terjadinya ruam popok. Hal ini mengakibatkan kulit berwarna kemerahan disertai lecet-lecet ringan dan gatal.  

Bayi menjadi rewel karena ruam popok saat ibu berusaha menggantikan popoknya. Maka untuk mengurangi kerewelan pada bayi, hendaklah ibu mengetahui tanda dan gejala munculnya ruam popok pada bayi. Ketika telah mengetahui gejala ruam popok, maka rasa gatal dan iritasi pada kulit bayi dapat segera ditangani. Hal-hal yang harus diperhatikan dan cara ampuh mengatasinya adalah:

Memperhatikan kebersihan area popok  

Kebersihan area popok merupakan faktor utama dari munculnya ruam popok. Bakteri yang berasal dari dalam air seni atau tinja jika tidak segera dibersihkan akan memperburuk atau memperlambat penyembuhan ruam popok. Hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga permukaan kulit bayi pada area popok tetap bersih dan kering. Penggunaan popok kain pada bayi harus segera diganti jika bayi buang air besar atau pipis. Begitu pula dengan memakai popok sekali pakai, harus diperhatikan jangka waktu penggunaannya, sering-sering lah mengecek kondisi popok dan segera menggantinya jika bayi BAB atau pipis. Ketika membersihkan, hendaklah menggunakan air yang mengalir dan jangan menggosok terlalu keras area popok, sebaiknya tepuk-tepuk area popok dengan ringan untuk mengeringkannya dengan handuk lembut. Pastikan area popok dalam kondisi kering sebelum memakaikan popok kembali.

Meminimalisir penggunaan popok bayi  

Popok sekali pakai hendaklah digunakan saat kondisi yang penting atau sedang berpergian. Usahakan jika bayi sedang di rumah untuk menggunakan popok kain atau tidak menggunakan popok agar sirkulasi udara di area popok lancar dan dapat bernapas. Malam hari saat sedang tidur dapat juga memakai popok sekali pakai. Untuk merek popok sekali pakai sendiri hendaklah pilih yang sesuai dengan kondisi kulit bayi. Hindari popok yang mengandung pewarna dan pewangi buatan serta zat lainnya yang akan membuat iritasi pada kulit bayi.

Memakai salep khusus untuk ruam popok bayi  

Jika ibu biasanya menggunakan bedak di area popok bayi, hentikanlah karena hal ini tidak dianjurkan karena justru akan menambah ruam pada area popok bayi. Sebaliknya, gunakanlah salep khusus untuk ruam popok bayi sebagai cara ampuh mengatasi ruam popok. Banyak salep dan krim khusus untuk popok bayi yang dijual secara umum. Selain salep dank rim, dapat pula menggunakan minyak tawon, minyak kelapa, minyak zaitun ataupun plain yoghurt untuk mengatasi ruam popok.

Jika cara-cara diatas belum cukup ampuh untuk mengatasi ruam popok pada bayi, cobalah untuk menggunakan oatmeal saat memandikan bayi. Hal ini dapat dilakukan dengan mencampurkan bubuk oatmeal pada air mandi dan memandikan bayi di dalamnya. Cara lain adalah dengan menggunakan minyak lavender, cendana atau peppermint untuk mengatasi lecet-lecet pada bayi. Terakhir, gunakan lidah buaya dengan mengoleskan gel pada lidah buaya secara langsung pada area ruam bayi.

Namun, ketika ruam popok menjadi lebih parah, seperti menyebar ke lengan, leher dan bagian lainnya, lalu menunjukkan gejala melepuh, bintik-bintik dan bernanah, maka bayi sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk diobati. Karena ketika gejala ini terjadi, dokter akan memberikan resep salep anti jamur yang dapat memberantas jamur. Maka, hendaklah diperhatikan keadaan area popok bayi ibu agar senantiasa dapat mengatasi ruam popok sejak dini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *