Cara Aneh Namun Baik untuk Ibu Lakukan Demi Tumbuh Kembang Balita

tumbuh kembang balita

 

Tumbuh kembang balita bisa optimal tergantung bagaimana cara ibu menerapkan pola asuh. Nutrisi yang cukup saja tidak bisa dijadikan jaminan bahwa sang buah hati akan berkembang secara baik. Peran ibu dalam memberikan pola asuh juga tak kalah pentingnya.

Untuk itu, ibu harus tahu bagaimana mengasuh anak yang baik agar tumbuh kembang balita juga baik. Berikut beberapa hal yang terdengar aneh namun patut untuk ibu coba terapkan dalam mengasuh si kecil. Aneh karena terdengar tidak masuk akal jika dihubungkan dengan perkembangan balita. Namun, silakan ibu buktikan sendiri dan lihat betapa hebatnya si kecil.

Jangan Suka Membantu Si Kecil

Setiap orang tua pasti ingin sekali menjadi orang yang terbaik bagi sang buah hati. Kapanpun si kecil memerlukan bantuan, ibu sebagai orang tua pasti ingin selalu. Itu merupakan tanda bahwa sebagai orang tua ibu sayang sekali kepada sang buah hati.

Akan tetapi, teori tersebut tidak seharusnya ibu telan mentah-mentah. Artinya, ibu perlu penjelasan lebih lanjut lagi terhadap apa itu membantu. Apakah tumbuh kembang balita sudah mencapai tahap belajar jalan lalu ia sering jatuh ibu harus selalu tanggap dan membantunya ketika ia terjatuh? Bagi orang tua yang mengaggap membangunkan si kecil itu sebagai cara untuk membantunya, itu berarti ia memiliki pemahaman yang sempit terhadap apa itu sayang kepada anak. Justru dengan membiarkan si kecil bangun sendiri tanpa bantuan orang tua itu artinya sayang. Dengan cara tersebut, si kecil tidak hanya belajar jalan, tapi juga belajar bagaimana menjadi anak yang mandiri sejak dini.

Itulah mengapa cara pertama yang aneh tapi sebaiknya ibu terapkan untuk optimalnya tumbuh kembang balita adalah tidak terlalu sering membantu si kecil. Penjelasan di atas hanya contoh saja, yaitu ketika si kecil mulai belajar jalan. Tentu hal ini bisa diaplikasikan ketika balita sudah mampu untuk melakukan sesuatu hal yang lain. Jangan terlalu sering dibantu agar si kecil semakin banyak belajar.

Jangan Terlalu Sering Membelikan Mainan

Apakah ibu sering mendapati si kecil merengek meminta mainan baru? Jika  ya, bagaimana sikap ibu? Alangkah baiknya jika ibu biarkan saja si kecil tetap bermain dengan mainan lamanya. Jangan terburu-buru membelikan mainan baru.

Semakin bosan dengan mainan yang lama, maka kemugkinan akan muncul ide bagaimana mengubah mainan tersebut menjadi menarik lagi. Mungkin mainan yang lama akan dibongkar atau dimainkan dengan cara yang berbeda. Hal tersebut bukan menjadi persoalan. Justru dengan demikian, kreativitas si kecil akan semakin terasah. Tentunya ini hal yang penting dalam proses tumbuh kembang balita, bukan?

Hindari Menggunakan Kata “Jangan”

Kata yang sangat berbahaya untuk didengar oleh balita adalah “jangan” atau kata lain yang kontotasinya sama. Menurut ahli psikologi anak, jika ibu sebagai orang tua sering mengatakan “jangan”, dalam arti sering melarang si kecil untuk melakukan sesuatu, ternyata hal tersebut akan menghambat tumbuh kembang balita. Sang buah hati akan mudah takut untuk melakukan hal yang baru. Bahkan, ada juga anak yang hingga dewasa mereka harus meminta ijin kepada orang tua ketika ingin melakukan sesuatu hal sekecil apapun. Tentu meminta ijin itu baik namun jika sampai hal kecil saja minta ijin, tentu aneh, bukan? anak seolah mengalami trauma sehingga takut dimarahi ketika melakukan sesuatu hal yang baru. Bisa dikatakan anak tidak memiliki insiatif sendiri.

Jadi, selain memberikan susu balita terbaik, penerapan pola asuh yang tepat itu sangat penting agar si kecil tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, ibu sebagai orang tua harus senantiasa memperkaya wawasan tentang bagaimana cara menjadi orang tua yang baik agar bisa menjadi bagian terpenting dalam tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *