Cara Asyik Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak
www.ibudanbalita.com

Peningkatan daya tahan tubuh anak akan membuatnya tidak mudah sakit. Ini sangat penting mengingat semakin dewasa anak semakin rentan terkena penyakit. Area bermain mereka semakin luas. Tidak hanya di dalam rumah saja tapi di luar rumah. Dan itu artinya anak semakin rentan terkena penyakit berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman atau virus.

Cara pencegahan yang paling efektif terhadap hal tersebut adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Ibu pasti akan berpikir menaikkan daya tahan tubuh atau sistem imun anak itu hanya dibisa dilakukan dengan memberikan makanan yang bergizi. Ternyata tidak. Ada cara asyik yang pasti disukai oleh si kecil di mana cara tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Berikut ini ide menarik dan asyik yang bisa ibu lakukan.

  1. Cemilan Wortel

Mungkin anak ibu sudah terbiasa dengan mengkonsumsi sayuran yang dicampur dengan nasi. Kenapa ibu tidak coba membuat cemilan saja?

Ada satu jenis sayuran yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, yaitu wortel. Hanya saja, sayuran ini dibuat sebagai cemilan. Ibu bisa membuat bolu wortel. Caranya seperti membuat bolu biasa. Hanya saja, di dalamnya terdapat wortel yang sudah diiris kecil-kecil.

  1. Yogurt

Ada kalanya anak bosan dengan susu. Padahal, susu balita Frisian Flag sangat baik untuk menjaga kesehatan anak. Namun, bagaimana jik anak bosan?

Ibu bisa mengganti susu biasa dengan yogurt. Pada dasarnya keduanya sama. Hanya saja, proses pembuatannya yang sedikit berbeda. Anak cenderung suka dengan yogurt karena rasanya yang enak. Apalagi sekarang sudah banyak yogurt aneka rasa. Namun, yang pasti, dengan memberikan yogurt, ketahanan tubuh anak meningkat sehingga ia tidak akan mudah sakit.

  1. Krupuk Bayam

Salah satu keunggulan bayam adalah kandungan vitamin E nya yang sangat tinggi. Vitamin inilah yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Ibu bisa membuat krupuk bayam sebagai cemilan anak ketika ia bermain. Ibu cukup menyiapkan bayam serta tepung terigu. Dalam hal ini, usahakan ibu memilih bayam yang daunnya lebar agar mudah digoreng. Lakukan proses penggorengan dengan melumuri bayam dengan tepung terigu yang sudah sudah dicampur dengan air. Agar rasanya sedap, ibu bisa tambahkan sedikit penyedap rasa.

Beberapa tips tersebut di atas bisa ibu terapkan agar daya tahan tubuh anak terus meningkat. Terlepas dari itu semua, ibu harus pastikan anak ibu memiliki waktu yang cukup untuk istirahat. Pasalnya, ketika si kecil istirahat, tubuh akan melakukan refresh dan kekebalan tubuh meningkat.

Oleh sebab itu, selain menerapkan tips mengingkatkan daya tahan tubuh anak, ibu juga perlu untuk memperhatikan jam tidur si kecil. Sebaiknya pada siang hari anak ibu tidur, setidaknya 1-1,5 jam. Kemudian bagun di sore hari dan beraktivitas hingga malam. Dengan demikian, si kecil akan dengan mudah tidur lelap di malam hari. Jadi, ia memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Untuk informasi kesehatan anak lainnya, ibu bisa cari di www.ibudanbalita.com. Ada kalanya anak mengalami masalah kesehatan dan sebenarnya ibu hanya perlu masukan dari seorang ahli kesehatan. Dan tidak salah jika Anda mengunjungi situs Ibu dan Balita tersebut agar bisa berkonsultasi secara online dengan pakar kesehatan anak. Bukankah itu lebih efektif?

Ibu juga bisa meminta nasehat lebih lengkap tentang bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *