Cara-cara Mengatasi Rasa Sakit atau Nyeri akibat Gigi Susu Si Kecil Goyang

Sakit Gigi
livestrong.com

Banyak fase pertumbuhan yang telah dilewati oleh anak Bunda. Namun, ada suatu saat dimana gigi susu anak Bunda mulai goyang dan si kecil merasa kurang nyaman bahkan sakit. Apa itu gigi yang mulai goyang? Kapan gigi susu mulai goyang? Bagaimana cara mengatasi rasa sakit akibat gigi yang goyang tersebut? Di bawah ini akan diberikan penjelasan mengenai gigi susu yang goyang tersebut.

Mengapa gigi susu mulai goyang?

Gigi susu akan mulai goyang karena gigi tetap (contoh: gigi pada orang dewasa) mulai tumbuh dan mendorong dari dasar gusi dan mendorong akar gigi susu, sehingga membuatnya goyang.

Kapan gigi susu mulai goyang (menunjukkan tanda-tanda akan tanggal)?

Goyangnya gigi susu tidak dapat dipastikan waktunya. Pada umumnya, gigi susu mulai tanggal pada saat anak berusia 6 tahun, namun bisa lebih awal pada si kecil yang mengalami tumbuh gigi susu di usia yang lebih muda.

Apa yang perlu Bunda lakukan jika gigi susu si kecil mulai goyang?

Seringnya, gigi susu yang sudah goyang dapat tanggal dengan sendirinya. Jika anak merasa terganggu dengan giginya yang goyang, arahkan ia untuk menggoyang gigi tersebut secara perlahan supaya lebih cepat tanggal, misalnya dengan menggunakan lidah. Akan tetapi, jangan memaksa melepas gigi yang belum siap karena dapat merusak akar gigi dan memungkinkan bakteri berkumpul di tempat gigi susu yang tanggal tersebut. Apabila hal tersebut terjadi, dapat menyebabkan infeksi.

Bagaimana cara mengatasi rasa sakit akibat gigi susu yang goyang dengan bahan alami?

  • Larutan garam

Larutkan garam dalam segelas air dan arahkan si kecil untuk berkumur dengan larutan tersebut. Larutan garam dapat membunuh bakteri dan memperkuat gusi.

  • Garam dan mustard oil

Campurkan satu sendok teh garam dengan satu sendok teh mustard oil. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada gusi anak Anda. Garam dapat membunuh bakteri pada mulut anak, sedangkan  mustard oil  berfungsi untuk memperkuat gusi dan jaringan di sekitar gigi.

  • Lada hitam dan kunyit

Campurkan bubuk lada hitam dan kunyit. Kemudian, oleskan pada gusi si kecil dan arahkan si kecil untuk memijat secara halus gusinya. Campuran lada hitam dan kunyit berfungsi dalam meredakan radang pada gusi, menguatkan gusi, dan membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat gigi susu yang goyang.

  • Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dipercaya mampu menyembuhkan gigi susu yang goyang. Oleskan minyak cengkeh pada bagian gigi si kecil yang goyang. Diamkan selama beberapa waktu. Kemudian, arahkan si kecil untuk mengkumur mulutnya dengan air bersih. Minyak cengkeh bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat gigi goyang.

Tips yang dapat Bunda praktikkan saat gigi susu si kecil goyang

  • Hindari makanan yang bertekstur kasar dan keras

Makanan yang bertekstur kasar dan keras, seperti keripik dapat melukai gusi dan membuat gusi bertambah sakit. Selain itu, makanan bertekstur keras dan kasar lebih sulit untuk dikunyah saat gigi si kecil mulai goyang, sehingga berpotensi menambah rasa sakit. Alangkah lebih baik, jika Ibu memberikan si kecil makanan berkuah saat mengalami masalah gigi.

  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko infeksi saat gigi susu anak sedang goyang.

  • Perbanyak konsumsi probiotik

Probiotik berperan dalam meningkatkan pertumbuhan dan populasi bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik tersebut membantu untuk melawan dengan infeksi yang disebabkan oleh bakteri berbahaya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Salah satu sumber probiotik yang mudah didapat ialah yoghurt.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *