Cara Dalam Memilih Makanan Diet Saat Hamil Yang Disarankan

Diet saat hamil
Image Source: GOQii

Gizi yang cukup merupakan hal wajib ketika masa kehamilan, oleh sebab itu semua ibu hamil hendaknya mengetahui makanan diet saat hamil yang baik. Memberikan yang terbaik untuk buah hati merupaka harapan semua orangtua, bahkan ketika si kecil masih dalam kandungan. Hal yang bisa dilakukan untuk anak dalam kandungan yaitu dengan memberi jaminan untuk kesehatan mental maupun kesehatan tubuhnya. Dalam menjaga kesehatan tubuh dan tumbuh kembang janin yang baik, diperlukan juga  gizi yang tepat. Gizi yang diperoleh janin harus berasal dari sang ibu, oleh karena itu,  makanan yang baik bagi ibu hamil merupakan pengetahuan yang sangat penting.

Beda halnya dengan kondisi di luar kehamilan, ibu hamil memerlukan banyak nutrisi tambahan bagi kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Sering kali ibu hamil masih bingung dan belum tahu tentang apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat melakukan diet hamil. Banyak asupan nutrisi tambahan, misalnya saja Vitamin K , asam folat , dan Vitamin D yang perlu disertakan ke dalam menu makanan diet ibu hamil.

Berbagai Macam Makanan Diet Ketika Hamil Yang Dianjurkan

Seorang ibu hamil tidak hanya bertanggungjawab atas kesehatan tubuhnya, melainkan juga bertanggungjawab terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janinnya. Memelihara kesehatan tubuh supaya tidak jatuh ke dalam kondisi anemia atau keadaan yang bisa memperburuk kondisi kehamilan juga harus  dilaksanakan semua ibu hamil. Jika Anda termasuk orang pelupa dan susah mengingat secara jelas, maka Anda bisa mencari tahu tentang berbagai macam makanan yang baik untuk diet ibu hamil dan setelah itu mencatatnya. Seorang ibu hamil hendaknya mengkonsumsi berbagai macam makanan ini di dalam menu makanan mereka saat melakukan diet hamil:

-5  mangkuk yang menyediakan sayuran atau buah-buahan segar terutama masukkan pula sayuran berwarna jingga, sayuran berdaun hijau tua dan satu macam buah asam misalnya saja  jeruk lemon atau strawberry.

-Nasi putih polos maupun nasi dari beras merah. Jika Anda ingin, maka  nasi juga bisa diganti dengan olahan gandum, misalnya saja roti gandum untuk sarapan pagi.

-3 gelas susu yang tidak mengandung lemak atau rendah lemak

-2-3  mangkuk daging tanpa adanya lemak, misalnya saja ayam tanpa kulit, dan ikan yang tidak mengandung merkuri. Protein juga bisa diperolehdari kacang-kacangan dan produk kedelai

-8  gelas air putih

Mengkonsumsi berbagai macam  sayuran dan buah setiap hari dapat memenuhi asupan vitamin, mineral dan serat. Serat juga terutama diperlukan supaya ibu hamil yang sudah pernah terkena ambeien tidak jatuh ke dalam kondisi sembelit maupun ambeien. Nasi dan sumber karbohidrat penting untuk sumber energi setiap harinya, Anda bisa memilih karbohidrat kompleks, misalnya saja  nasi beras merah dan olahan gandum. Protein tanpa lemak baik bagi tumbuh kembang janin dan menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Kurangi konsumsi lemak dan minyak berlebih supaya berat badan ibu tidak naik secara drastis saat  masa kehamilan. Faktanya, ibu hamil memang memerlukan banyak asupan nutrisi tambahan yang lain, misalnya saja  asam folat, Vitamin K , Vitamin D dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika  Anda tidak mau repot, maka Anda bisa mengkonsumsi makanan bervariasi setiap hari dan diharapkan Anda akan memperoleh  gizi yang terpenuhi.

Panduan Makanan Diet Saat Hamil Tiap Semester

Ibu hamil memerlukan gizi tambahan untuk diri sendiri dan janinnya. Akan tetapi, terkadang makanan yang baik saat melakukan diet hamil susah untuk diterapkan sebab ibu biasanya mengalami mual dan muntah di trimester pertama. Gizi yang penting untuk ibu hamil juga ternyata bisa dibagi dalam jangka waktu per trimester. Hal ini masuk akal, sebab pertumbuhan dan perkembangan janin juga akan  mengalami tahap yang berbeda setiap bulannya. Berikut ini makanan untuk diet hamil tiap trimester:

Trimester I

Pada saat trimester I , organ vital janin Anda akan terbentuk dan berkembang. Hal ini menjadi alasan mengapa gizi yang baik perlu dimulai sejak dini atau saat trimester I. Asam folat merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil yang melakukan diet paling utama pada trimester I. Asam folat  juga dapat membantu perkembangan sistem saraf dan otak janin. Disamping itu, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6 guna mengurangi rasa mual dan morning sickness yang biasa  terjadi pada trimester I. Selain itu, Anda juga harus menambahkan makanan dengan kandungan zat besi supaya ibu tidak jatuh ke dalam kondisi anemia atau kekurangan sel darah merah.

Trimester II

Saat  trimester II, makanan yang baik bagi ibu hamil yang melakukan diet yaitu  makanan yang kaya akan kalsium dan Vitamin D. Trimester II adalah masa dimana pertumbuhan tulang janin berkembang cukup pesat. Memenuhi asupan kalsium dan Vitamin D akan menjamin kesehatan tulang dan gigi janin Anda kelak. Disamping itu, konsumsi juga makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk membantu perkembangan otak bayi Anda. Konsumsi juga makanan yang kaya akan Vitamin A saat melakukan diet di trimester II.

Trimester III

Trimester III  merupakan masa  terakhir kehamilan Anda dan Anda akan segara dihadapkan dengan proses persalinan. Makanan yang baik saat diet hamil pada trimester ini yaitu makanan bervitamin K yang berguna untuk proses pembekuan darah ketika bersalin. Ibu hamil juga harus mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup saat proses persalinan. Diet saat hamil disarankan Anda untuk selalu mengonsumsi serat dan air putih yang perlu dilakukan selama 3 trimester.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *