Cara Ibu Cerdas Meningkatkan Sistem Imun Anak

kekebalan anak

Apakah immune system atau sistem kekebalan tubuh anak bisa ditingkatkan? Tentu saja bisa. Dan ini penting agar si kecil tidak mudah sakit.

Apalagi ketika pancaroba. Anak cenderung mudah sakit sehingga tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Pasti sedih sekali, bukan?

Itulah mengapa ibu harus terus meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Bagaimana caranya?

Mudah saja. Cukup dengan memberikan susu Friso setiap hari berarti ibu sudah meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Namun, susu saja tidak cukup.

3 Nutrisi Penting Untuk Sistem Imun Anak

Apa yang ada di benak ibu jika mendengar sistem kekebalan tubuh? Mungkin ibu akan mengatakan probiotik. Memang probiotik sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Itulah mengapa di dalam susu balita terbaik selalu ada kandungan yang satu ini.

Namun, 3 nutrisi berikut ini juga tak kalah penting lho bu.

  1. Vitamin C

Kebanyakan orang memahamil vitamin C itu hanya untuk menjaga kesehatan kulit saja. Padahal, vitamin C juga berpengaruh terhadap sistem imun anak.

Hal ini disebabkan sel darah putih memerlukan vitamin C untuk melawan infeksi. Jadi, vitamin C ini lebih bersifat pencegahan terhadap hal buruk yang bisa terjadi.

Khususnya ketika musim hujan tiba, sebaiknya ibu lebih banyak memberikan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C.

  1. Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, Vitamin E juga sering dianggap sebagai nutrisi yang penting untuk kulit. Lihat saja iklan pencerah kulit berupa produk yang salah satu kandungannya adalah vitamin E.

Akan tetapi, jangan kaget jika ternyata vitamin E itu bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab tubuh si kecil mudah terserah bakteri atau virus.

Jadi, untuk melawan hal tersebut, vitamin E di dalam tubuh si kecil harus terpenuhi. Banyak buah atau makanan yang mengandung vitamin E. Ibu tinggal olah sedemikan rupa sehingga bisa dihindangkan lezat dan menarik untuk si kecil.

  1. Zat Besi

Jika ditelusuri lebih dalam, ternyata ada satu faktor utama yang menyebabkan anak mudah sakit, yaitu oksigen tidak tersalurkan dengan baik.

Kenapa ini bisa terjadi?

Salah satunya disebabkan oleh hemoglobin yang kurang. Pasalnya, Hemoglobin inilah bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk memastikan kebutuhan hemoglobin terpenuhi, maka dibutuhkan zat besi. Karena memang zat besi inilah yang berpengaruh penting dalam pembentukan hemoglobin.

Kira-kira, apakah ibu sudah tahu apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak?

Langkah Penting Selanjutnya

Apakah dengan memenuhi semua nutrisi tersebut anak tidak akan mudah sakit? Tentu tidak itu saja. ibu juga harus perhatikan kebersihan sekitar tempat tinggal. Kuman ada di mana-mana. Dan jika kuman berkembang, maka balita ibu akan mudah terkena kuman dan akhirnya sakit.

Selain itu, ibu sepertinya perlu untuk secara rutin berkonsultasi dengan pakar kesehatan anak. Hal ini tidak lain dibutuhkan untuk memastikan kesehatan anak benar-benar terjaga. Sekecil apapun tanda-tanda kesehatan anak yang memburuk, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter anak. Ibu bisa konsultasi secara online di situs dokter friso atau konsultasi langsung di tempat praktek dokter anak.

Semakin dewasa anak ibu, maka kekebalan tubuhnya harus semakin diperkuat. Sebenarnya tubuhnya sendiri sudah melakukan hal tersebut secara otomatis. Namun, harus bantuan dari luar untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya tersebut melalui makanan yang bergizi dan jangan lupa susu balita terbaik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *