Cara kerja produk yang mengklaim mencerahkan kulit

mencerahkan kulit
Clean & Clear Indonesia

 

Ada banyak sekali produk kecantikan di luar sana, tak jarang pula kamu mendengar klaim bermacam macam dengan janji hasil akhir berbeda pula. Salah satunya tentu saja, slogan mencerahkan kulit . Menggiurkan sekali bukan? Namun pernahkah kamu bertanya tanya bagaimana produk yang mencerahkan kulit ini bekerja? Apa yang dilakukan bahan kandungan produk di pasaran ini? Nah, agar tidak bingung, mari kita jabarkan secara umum. Masing masing produk tentunya memiliki madsud dan formula tersendiri yang tentu memiliki hasil akhir berbeda. 

Kata ‘mencerahkan’ sedikit rancu, dan sampai kamu membaca bahan yang dikandung kamu tidak bisa yakin apa produk yang kamu beli akan lakukan pada kulit kamu. ‘mencerahkan’ mungkin berarti ‘memutihkan’, atau ‘menyamarkan’ tapi tidak selalu demikian. Produk pencerah kulit mengandung bahan yang secara gamblang menghentikan produksi pigmen atau bahkan benar membantu mengangkat pigmen keluar dari kulit.

Ketika seseorang memiliki noda wajah di kulit mereka, umumnya disebabkan dua hal: bisa karena peradangan kulit yang menggelapkan kulit dari bekas iritasi atau luka, seperti jerawat atau menggaruk kulit terlalu keras. Karenanya sel melepaskan pigmen dan menimbulkan noda pada kulit, atau kamu terlalu banyak terkena matahari sehingga radiasi menyebabkan penggelapan, meninggalkan bekas cahaya matahari dan bintik bintik. Noda hitam dapat disebabkan pula oleh udara berpolusi dan juga hormon. Hormon dapat meningkatkan produksi melanin, yang berujung pigmen pada kulit. Tergantung jenis kulit yang kamu miliki kamu mungkin memiliki kemungkinan bereaksi berlebihan dan melepaskan pigmen lebih banyak dari orang pada umumnya.

Produk pencerah kulit memiliki bahan yang menangani kondisi – kondisi berbeda. Produk seperti ini biasanya membatasi produksi pigmen, atau membantu meningkatkan pergantian sel kulit sehingga noda wajah di lapisan kulit terluar bisa dengan mudah terangkat sehingga wajah terlihat lebih cerah.

Hydroquinone paling sering dipakai, bahan satu ini biasanya ditemukan di krim pencerah wajah dan bekerja sebagai pemutih kulit atau membuat kulit lebih bersinar. Biasanya aman untuk kulit yang dari sananya memang putih namun kamu yang cenderung pembalap (perempuan berkulit gelap) harus berhati hati agar tidak salah memilih produk yang malah memaksa memutihkan kulit secara instant (kecuali hanya untuk menyamarkan noda hitam atau mencerahkan saja). Segala sesuatu yang merubah secara cepat memiliki resiko seimbang.

Vitamin C adalah antioksidan pula yang lebih aman untuk digunakan. Vitamin C mengurangi pigmen dan dengan cara ini vitamin C lebih kearah mencerahkan atau menyamarkan noda. Melanozyme dan asam kojic lebih umum diolah beberapa waktu ini pada produk kecantikan karena memang resikonya lebih rendah.

Keduanya membantu menyamarkan noda hitam, dan menghilangkan bekas peradangan kulit tanpa memutihkan kulit secara paksa, sehingga pemiliki kulit gelap juga dapat menggunakan produk jenis ini.

Meskipun kamu sudah mengerti cara bekerja bahan yang dikandung produk kecantikan, siapapun yang memiliki kulit belang atau noda wajah bisa mendapat manfaat, tapi kamu jangan meninggalkan tabir surya yang biasa kamu gunakan. Kamu memang dapat memperbaiki kerusakan dengan krim kecantikan tapi harap diingat bahwa jalan ini artinya kamu berperang di baris depan. Jika kamu tidak melindungi kulit kamu dari penyebab luar yang mendorong produksi pigmen dari awal (matahari, jerawat). Maka dari itu, tabir surya cukup penting untuk mencegah banyak hal tidak diinginkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *