Cara Memandikan Bayi Dengan Benar

cara memandikan bayi dengan benar
pic : facebook johnsons baby indonesia

Memandikan bayi pasti merupakan kebiasaan sehari-hari bagi anda para bunda yang memiliki buah hati yang baru saja hadir di dunia ini. Namun dengan banyaknya orang yang melakoni rutinitas memandikan bayi tersebut, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara memandikan bayi dengan benar. Kebanyakan masyarakat saat ini dalam memandikan bayi yang penting basah dan tidak memandikannya hingga bersih. Mereka beralasan karena dengan kulit bayi yang sangat sensitif, apabila dibersihkan hingga bersih si kecil akan menangis dan merasa tidak nyaman.

Sebenarnya cara memandikan bayi dengan benar bukan seperti itu caranya. Adapun caranya yang bisa membuat bayi bersih bersinar namun bayi tetap terasa nyaman. Pastinya anda para bunda yang merasa cara memandikan bayinya belum benar sangat penasaran bukan tentang cara memandikan bayi secara benar? Untuk itu, kami akan membagikan langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam cara memandikan bayi secara benar di bawah ini.

  1. Pastikan anda sudah mempersiapkan keperluan untuk memandikan bayi sejak awal. Dan semuanya harus lengkap.
  2. Periksa suhu air dengan cara menempelkan siku anda ke air tersebut. Pastikan tidak panas dan juga tidak dingin. Artinya sedang-sedang saja. Untuk ukuran ideal suhu air untuk memandikan bayi sekitar 36-37 derajat celsius. Agar lebih pasti, anda bisa membeli alat pengukur suhu air agar bayi anda tidak merasa kepanasan dan ataupun kedinginan.
  3. Hal yang perlu anda ingat bahwa anda tidak diperbolehkan memandikan si kecil dengan air dingin. Karena dengan kulit yang masih tipis dan sensitif, air dingin tidak sehat baginya dan dapat menyebabkan pengerutan kulit.
  4. Pastikan memandikan bayi hanya pakai sabun bayi. Jangan memakai sabun orang dewasa yang biasanya anda pakai, apalagi memakai detergent. Hal itu yang sangat dilarang dalam memandikan bayi. Pastikan sabun bayi yang anda pakai mengandung Vitamin E agar lebih sehat bagi kulit si kecil. Selain itu pilihlah sabun bayi yang tidak banyak mengandung busa. Karena jika banyak mengandung busa maka tidak baik bagi si bayi.
  5. Jangan memandikan bayi dengan sabun antibakteri ataupun antiseptik. Karena dengan kulit yang masih berkembang maka jika anda memakai hal itu akan menimbulkan iritasi pada kulit bayi.
  6. Jangan memandikan bayi setelah selesai makan. Karena biasanya sistem pencernaan bayi masih belum sempurna dan apabila anda mandikan dikhawatirkan akan muntah.
  7. Bungkus bayi dengan handuk di pangkuan anda. Lalu usaplah mata bayi dengan kapas yang telah dibasahi oleh air hangat. Lalu berpindah ke mulut dan menjalar ke seluruh wajah.
  8. Basuh seluruh bagian yang terdapat di tubuhnya. Terutama bagian-bagian lipatan pada bayi harus anda bersihkan agar tidak timbul kuman dan kotoran di sana.
  9. Keramasi rambut bayi dengan lembut. Setelah itu keringkan dan tutuplah dengan handuk. Setelah itu, letakkan satu tangan anda di bawah pundak bayi, lalu satu tangan anda di pantat bayi. Lalu celupkan secara berlahan si bayi namun kepala tetap dalam posisi semula dan jangan dicelupkan.
  10. Topang bagian leher dan pundak bayi, lalu sabuni dan setelah itu bilas di bayi. Lalu bungkus bayi dengan handuk. Setelah itu tepuk-tepuk handuk agar bayi merasakan kelembutannya dan agar cepat kering. Jika sudah kering, langsung saja anda pakaikan popok dan pakaian si bayi.

Begitulah cara memandikan bayi dengan benar dan juga efektif. Jika anda melakukan cara yang kami sebutkan di atas, bisa dijamin bayi anda akan lebih sehat dan tidak akan lebih mudah saat anda mandikan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *