Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Efektif

cara memandikan bayi yang benar

Memandikan bayi merupakan salah satu kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan oleh bunda yang masih memiliki bayi. Namun kebanyakan bunda yang masih pemula ataupun masih pertama mempunyai bayi dan merawat bayi, pasti kebingungan dengan cara memandikan bayi yang benar dan juga efektif.

Memang dalam memandikan bayi tidak boleh sembarangan karena ini menyangkut tentang kesehatan dan juga pertumbuhan dari si bayi sendiri. Jika anda sampai salah dalam memposisikan bayi, maka dikhawatirkan bayi tidak nyaman saat anda mandikan dan apabila tidak nyaman juga berpengaruh akan kesehatan dan juga pertumbuhannya.

Cara memandikan bayi yang benar dan efektif ini anda diharuskan untuk memposisikan bayi anda secara benar. Apabila anda masih bingung untuk memposisikannya, lebih baik anda menaruhnya di meja demi keselamatan bayi anda. Bunda tidak bisa membayangkan kan apabila buah hati anda terjebur ke dalam bak mandi? Maka dari itu agar lebih aman anda bisa menaruhnya di meja.

Meskipun begitu, tidak baik jika bayi hanya ditaruh di meja dan tidak langsung dimandikan di bak mandi. Hal itu karena jika anda letakkan di meja mungkin anda hanya bisa mengusapnya dengan air dan sabun tanpa bisa anda bersihkan secara keseluruhannya dengan air. Maka dari itu anda harus belajar bagaimana cara memandikan bayi yang benar dan juga efektif. Untuk mengetahui cara-caranya anda bisa melihatnya sebagai berikut.

  • Pastikan anda sudah mempersiapkan keperluan mandinya sejak awal

Dengan mempersiapkan keperluan mandi si bayi seperti sabun, shampo, bak mandi, air hangat, handuk, baby oil, dan beberapa keperluan mandi bayi lainnya secara awal, bertujuan agar anda tenang dalam memandikan si bayi dan tidak terburu-buru mengambil keperluannya yang kurang ketika memandikan si bayi.

  • Perhatikan suhu air yang digunakan

Suhu air yang anda gunakan untuk memandikan bayi anda harus benar-benar anda perhatikan dan pastikan bahwa suhunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Suhu standar untuk memandikan bayi anda adalah 35 hingga 37 derajat celsius. Hal ini harus sangat anda pastikan karena dengan kulit bayi yang masih sangat sensitif sangat bisa merasakan mana air dingin dan juga air panas.

  • Tidak menggunakan sabun yang berbusa

Tips yang ketiga ialah pastikan dalam memandikan bayi anda, anda tidak menggunakan sabun yang berbusa, karena hal itu memang tidak dianjurkan untuk kulit bayi yang masih sensitif. Dengan kulit bayi yang masih sensitif, maka dengan pemakaian sabun berbusa dikhawatirkan akan menyebabkan iritas pada kulit.

  1. Jangan memandikan bayi setelah dia makan

Bagi anda yang masih baru saja mendapatkan buah hati pertama anda dan tidak mengerti aturan ini, pastikan anda tidak memandikan bayi saat ia selesai makan. Karena dengan organ pencernaan bayi yang masih belum bisa menerima makanan dengan baik, dikhawatirkan saat anda mandikan bayi muntah dan anda harus memandikannya dari awal. Jika anda tidak ingin hal itu terjadi, sebaiknya anda jangan memandikan bayi setelah selesai makan, setidaknya ada 90 menit ia selesai makan lalu anda mandikan.

  • Posisikan bayi dengan benar

Cara inilah yang mungkin menjadi cara terpenting ketika anda ingin memandikan bayi anda. Pastikan anda memandikan bayi anda dengan posisi yang benar dan jangan sampai salah dalam memposisikannya karena dikhawatirkan bayi anda akan terjebur ke bak mandi. Untuk posisi yang benar, sebaiknya tangan kiri berada di bawah kedua pundak dari si bayi untuk menopang bayi anda agar tidak jatuh. Lalu tangan kanan anda mulai menyabuni dan memberikan shampo dengan lembut dan disertai dengan beberapa pijatan maka akan lebih baik. Jika tangan anda tidak kuat untuk menopang tubuh bayi tersebut, sebaiknya bayi anda letakkan di meja agar terhindar dari bahaya terjebut apabila anda kesulitan dalam posisi tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *