Cara Memandikan Bayi yang Benar untuk Ibu Baru

cara memandikan bayi yang benar
Johnson’s Baby Indonesia

Mengetahui cara memandikan bayi yang benar itu sangat penting, namun hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat membingungkan terutama bagi ibu baru. Kulit bayi yang baru lahir pun sangat berbeda dengan kulit anak – anak dan balita yang sudah lebih besar, sehingga bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian yang lebih agar kulit lembutnya bisa tetap terjaga.

Persiapan perlengkapan mandi bayi yang baru lahir

Ibu pasti tahu, bahwa bayi yang baru lahir itu sangat lembut. Kelembutan ini tidak hanya bisa terlihat dan dirasakan di kulit dan rambutnya, namun seluruh organ tubuhnya pun masih sangat lembut dan rapuh. Ini adalah alasan utama mengapa cara memandikan bayi yang benar itu harus ibu ketahui, terutama jika ibu adalah ibu baru yang belum berpengalaman merawat bayi yang baru lahir.

Ibu bisa memulai dari memilih perlengkapan mandi bayi yang benar, seperti memilih handuk dan waslap yang lembut dan tidak terlalu kasar. Menggunakan handuk dan waslap yang lembut sudah cukup untuk membersihkan dan mengeringkan tubuh bayi yang lembut tanpa harus melakukannya dengan terlalu kuat pula.

Perlengkapan mandi lain yang akan ibu butuhkan untuk bayi Ibu yang baru lahir adalah bak kecil, atau jika tempatnya memungkinkan, Ibu juga bisa menggunakan wastafel kamar mandi biasa. Hanya saja, jika menggunakan wastafel, Ibu perlu memastikan ruang gerak ibu dan bayi ketika bayi dimandikan itu cukup agar bayi tidak terbentur ketika dimandikan.

Ibu juga perlu mempersiapkan alas untuk diletakkan di sebelah bak mandi atau wastafel tempat bayi akan dimandikan. Ini akan memudahkan Ibu untuk mengeringkan tubuh bayi, dan melakukan perawatan setah memandikan bayi.

Memandikan bayi baru lahir dengan benar

Pada umumnya, bayi memang dimandikasn setiap hari walaupun masih berusia dibawah satu tahun. Akan tetapi, hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan. Bayi yang baru lahir itu sudah cukup jika dimandikan tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu, agar kulit bayi tidak kering. Namun, memandikan bayi itu juga memberikan manfaat yang lain, selain untuk membersihkan tubuhnya.

Ketika memandikan bayi, sebaiknya Ibu menggunakan air hangat. Air yang terlalu dingin akan membuat tubuh bayi mengigil, dan air yang terlalu panas pun tidak akan membuat bayi merasa tenang ketika dimandikan.

Selanjutnya, tempatkan bayi di dalam bak mandinya namun pastikan tangan Ibu tetap memegang bagian belakang leher dan kepala bayi agar air tidak masuk ke dalam hidung dan mulut bayi. Gunakan tangan lain Ibu untuk membasuh kepala dan badan bayi. Gunakan handuk kecil yang lembut atau waslap dan pijat lembut seluruh tubuh bayi. Jika ibu tidak memiliki waslap atau handuk kecil, ibu bisa juga melakukan langkah ini dengan tangan.

Jika sudah selesai, angkat bayi dari bak mandi atau wastafel dan tempatkan di atas alas kain yang sudah Ibu siapkan sebelumnya. Keringkan tubuh bayi dengan menggunakan handuk yang lembut. Jika Ibu mau, Ibu bisa juga menggunakan produk – produk bayi seperti baby lotion, baby cologne, dan bedak bayi setelah seluruh tubuh bayi sudah kering.

Cara memandikan bayi yang benar tentunya akan membuat bayi lebih tenang, sehingga Ibu pun tidak perlu panik dan stres setiap kali melakukan perawatan bayi. Pijatan lembut yang Ibu lakukan ketika memandikan bayi pun sangat baik bagi tumbuh kembang bayi. Hubungan emosional antara Ibu dan bayi pun bisa menjadi lebih erat jika Ibu terus dan sering melakukan cara memandikan bayi yang benar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *