Cara Membuat Anak Cerdas Saat Masih Ada Didalam Rahim

Cara Membuat Anak Cerdas
Source: BabyCentre

Cara membuat anak cerdas memang dibutuhkan untuk mempunyai anak yang pintar dan menjadi kebanggaan untuk setiap keluarga baru. Dengan mempunyai anak yang cerdas dan pintar, memang akan menjadi suatu harapan bagi pasangan suami istri. Akan tetapi, tidak jarang para orang tua belum mengetahui bahwa kemampuan bayi sudah ada sejak dalam kandungan.  Pada tahun pertama, si kecil mulai mengalami perkembangan otak dan semua sel-sel otak sudah bisa melakukan koneksi dengan saraf. Beberapa ahli mengatakan supaya orang tua melakukan rangsangan terhadap otak bayi sebelum proses kelahiran.

Sebab hal tersebut bisa membawa dampak yang positif dalam membentuk sel-sel otaknya, sehingga nantinya si kecil dapat mempunyai kemampuan yang mengagumkan setelah dilahirkan.  Beberapa penelitian mengatakan bahwa stress tingkat tinggi selama kehamilan bisa menyebabkan anak mempunyai tingkat intelligence quotient atau IQ yang rendah. Disamping itu, ketika seorang wanita yang hamil mengalami stres kronis atau pengalaman stres yang bahaya maka bayi dalam kandungan bisa mempunyai hormon stress yang tidak sehat dan bisa mempengaruhi perkembangan otak bayi.

Cara Membuat Anak Pintar Ketika Dalam Kandungan

Berikut ini beberapa cara yang dapat  dilakukan orang tua guna melatih anak sejak dalam kandungan yang nantinya bisa berdampak pada tingkat kecerdasan anak :

  • Menjaga asupan nutrisi pada saat kehamilan

Otak bayi mengalami perkembangan yang hebat selama 9  bulan dalam kandungan ibunya dibandingkan setelah ia dilahirkan nantinya. Baik tidaknya perkembangan sistem saraf janin sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam darah ibu saat masa kehamilan. Oleh sebab itu, pada masa kehamilan sangat dibutuhkan asupan nutrisi yang memadai guna  membantu perkembangan janin. Dalam cara ini  sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan protein, misalnya saja daging, makanan yang mengandung banyak vitamin A, B, C, seperti berbagai macam buah dan sayuran, serta beberapa vitamin penting yang lain seperti Asam Folat,  Omega 3, DHA, Zat besi, AA, vitamin B1 serta vitamin B6.

  • Menjauhi zat berbahaya untuk tubuh

Menghirup dan menelan zat nephrotoxins yang ada didalam asap rokok, mengonsumsi alkohol yang berlebihan, ataupun obat-obatan terlarang, sudah terbukti bisa membahayakan perkembangan janin dan otak si kecil. Disamping itu juga bisa meningkatkan risiko atau masalah pembelajaran dan perilaku anak setelah lahir nanti.

  • Menjauhi makanan dengan pengawet

Makanan kemasan atau kaleng lainnya yang biasa kita temuidi berbagai toko banyak mengandung zat-zat makanan berbahaya untuk ibu hamil serta  bayi yang dikandungnya. Zat-zat tersebut seperti zat pewarna, zat pengawet makanan, MSG, pemanis buatan, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa berdampak tidak baik pada perkembangan otak bayi di dalam rahim. Oleh sebab itu, sebaiknya para wanita yang sedang hamil lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan segar dan alami dibandingkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat berbahaya seperti junk food atau makanan siap saji.

  • Melakukan komunikasi dengan janin saat masih dalam rahim

Janin dalam rahim akan mendapatkan keterampilan lebih baik. Janin dapat menendang, melihat, memindahkan, mendengar, menghisap ibu jarinya, dan juga mempunyai beberapa pilihan rasa dalam musik, bahkan makanan. Apa saja  yang ada dalam pikiran ibu diketahui bisa mempengaruhi perkembangan mental dan emosi bayi dalam rahim. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa otak bayi dipengaruhi oleh kejadian di luar kandungan. Contohnya, orang tua yang bernyanyi dipercaya bisa meningkatkan kemungkinan keinginan bayi dalam mengenali musik tersebut setelah lahir.

  • Menghindari stress pada masa kehamilan

Saat masa kehamilan, seorang wanita hamil dan calon bayinya akan saling berbagi hormon. Ketika masa kehamilan, seorang wanita lebih mudah terhadap terjadinya gangguan kehamilan seperti stres ataupun mengalami kekhawatiran yang berlebih. Hal tersebut bisa berdampak bayi dalam kandungan mempunyai kesempatan lebih besar dalam menghasilkan anak mudah cemas. Lingkungan  sekitar yang penuh dengan hormon stres bisa mempengaruhi saraf otak bayi yang tengah berkembang.

Cara Membuat Anak Cerdas Pasca Dilahirkan

Langkah untuk membuat anak pintar tidak hanya yang sampai disitu saja, setelah proses kelahiran orang tua perlu  lebih aktif dalam melakukan berbagai hal supaya anak menjadi cerdas diantaranya yaitu:

  • Perhatikan  Asupan Gizi

Memberikan asupan gizi yang cukup pasca bayi dilahirkan, seperti menyusui dengan ASI eksklusif  selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia mencapai 2 tahun. Study menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan asi pasca dilahirkan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih daripada anak-anak yang diberi susu formula. Bagi ibu lakukan cara memperbanyak ASI untuk memperlancar produksi ASInya.

  • Melakukan Interaksi

Cara yang kedua yaitu dengan melakukan interaksi sentuhan dengan si kecil. Contohnya interaksi sentuhan ketika menyusui bayi. Hal ini bisa mempunyai dampak yang kuat pada perkembangan fisik dan intelektual bayi.

  • Menanggapi Respon Anak

Respon orang tua terhadap tanda dari anaknya merupakan salah satu pembangun sikap yang paling  tepat. Seorang ibu menyusui lebih suka untuk merespon dengan cara yang lebih alami guna memelihara dan keperluan bayinya saat menangis.

  • Berkomunikasi

Selanjutnya adalah dengan melakukan komunikasi dengan bayi. Cara orang tua melakukan komunikasi dengan bayi mempunyai pengaruh penting  pada perkembangan otak bayi. Hal ini dapat melatih pendengaran bayi dan juga melatih respon bayi.

  • Mendengarkan Musik

Memperdengarkan musik bisa memberikan beberapa manfaat yaitu cara membuat anak cerdas saat masih ada di dalam kandungan. Disamping itu, musik bisa membuat bayi dan anak-anak menjadi lebih rileks dan  dapat mengatur pola neuron semua sel otak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *