Cara Membuat Mainan Dari Barang Bekas Yang Mudah Dibuat Berikut Ulasannya

ide permainan anak
www.friso.co.id

Cara membuat mainan dari barang bekas sangatlah mengasyikkan. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, banyak sekali model mainan mobil-mobilan yang ada di pasaran yang bisa orangtua dapatkan. Ada jenis mobil-mobilan yang menggunakan baterai, aki, dan remote control. Modelnya pun beragam maka siapa yang tidak mau. Semua anak pasti menginginkannya, tetapi mungkin mainan tersebut harganya di luar jangkauan atau mungkin anak-anak mudah bosan.

Sebelum membelikan anak mainan mobil-mobilan, ada baiknya Anda sebagai orang tua mengenalkan cara membuat mainan mobil-mobilan sendiri dengan menggunakan barang-barang bekas.  Pernahkan Anda sewaktu kecil membuat mainan sendiri? Jika pernah,  tentu masa-masa tersebut begitu menyenangkan. Biasanya mainan yang dibuat sendiri lebih lama dan awet dimainkan karena ada perasaan bangga dan bahagia saat bermain menggunakan mainan hasil karya sendiri. Sangat baik bukan jika hal tersebut kita tularkan kepada anak-anak.

Selain lebih hemat, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membuat mainan sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut : Anda bisa memperhatikan, anak-anak akan terlihat begitu asyik saat membuat mainannya sendiri. Ia sedang melatih membuat sesuatu berdasarkan imajinasinya. Dengan proses membuat mainan tersebut, anak belajar cara memecahkan masalah, belajar teliti, sabar, dan tekun.

Belajar mengenai bahan, bentuk, dan warna. Mainan yang sederhana jauh lebih awet dan lama dimainkan. Memberikan stimulus anak menjadi lebih kreatif dan mandiri. Mengolah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan unik. Memanfaatkan barang-barang bekas merupakan salah satu cara mengurangi sampah dan ini merupakan salah satu sikap peduli terhadap lingkungan.

Cara Membuat Mainan Dari Barang Bekas Yang Bisa Bergerak

Ada banyak barang-barang bekas di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk bahan membuat mainan mobil-mobilan bersama anak, di antaranya adalah ;

– Mainan Mobil-Mobilan terbuat dari Kardus Bekas

Jika di rumah ada kardus-kardus bekas, seperti kardus kosmetik dan kardus susu, jangan dibuang. Bahan-bahan tersebut bisa disulap menjadi mainan mobil-mobilan. Caranya cukup mudah. Kardus ditumpuk-tumpuk disesuaikan dengan ukuran. Setelah itu, rekatkan dengan lem sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Agar lebih menarik, kardus-kardus tersebut bisa dibungkus menggunakan kertas koran atau kertas warna warni.

– Mainan Mobil-Mobilan terbuat dari Kulit Jeruk Bali

Mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk merupakan mainan tempo dulu. Zaman sekarang jeruk bali termasuk buah-buahan yang jarang didapat. Jika tidak ada jeruk bali, kita bisa menggunakan kulit semangka. Pada zamannya, mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk sangat digemari oleh anak-anak.

– Mainan Mobil-Mobilan terbuat dari Botol Plastik

Botol plastik minuman menjadi salah satu jenis sampah yang banyak ditemukan. Botol kemasan minuman plastik ini bisa menjadi mainan mobil-mobilan yang menarik. Untuk membuat bannya bisa menggunakan tutup botolnya. Agar mobil-mobilan menjadi terlihat lebih menarik, bisa ditambah dengan warna-warni cat.

Selain beberapa barang bekas tersebut, masih banyak barang bekas lain yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan membuat mainan mobil-mobilan, misalnya saja sandal jepit dan gabus. Setelah memilih jenis bahan yang akan digunakan, siapkan juga bahan lainnya, seperti lem, gunting, dan tali. Ada baiknya Abi dan Ummi turut serta membantu atau mendampingi saat anak membuat mainan. Masalah bentuk dan kreasi bisa serahkan ke anak. Namun, jika anak bingung untuk memulainya, Anda  bisa memberikan contoh cara membuatnya.

Cara Membuat Mainan Dari Barang Bekas Handmade

Banyak cara mengajarkan anak agar kreatif salah satunya adalah  membuat mainan anak dari barang bekas sendiri. Menggunakan barang-barang yang tidak terpakai seperti dari kayu bekas , botol aqua bekas , dll  yang bisa mencerdaskan anak secara emosional dan motorik. Kegiatan membuat mainan anak sendiri dari barang bekas mampu membangkitkan  kreatifitas anak  dan mempererat kebersamaan antara sesama keluarga.

Membuat mainan dari barang bekas seperti  mobil mainan anak, rumah barbie, perahu dari kotak susu, dan lainnya tentu tidaklah sulit. Di bawah ini beberapa cara membuat mainan anak dari barang bekas yang mudah dan bahan-bahan yang diperlukan banyak terdapat di sekitar rumah anda ;

-Perahu Layar

Punya botol bekas shampo dapat di gunakan untuk membuat perahu layar yang lucu , siapkan beberapa botol bekas shampo atau yang lainnya untuk layarnya bisa menggunakan plastik mika warna-warni.

-Karakter Hewan

Botol yang bisa di pakai seperti botol aqua , botol pembersih lantai , dan lainnya. Bisa di buat karakter hewan seperti ayam , dinosaurus , babi , landak , dan lain sebagainya.

-Perahu boneka

Membuat perahu barbie sangat mudah , hanya menggunakan 2 botol sprite bekas yang di beri lubang diatasnya. Kemudian satukan keduanya dengan lakban yang kuat.

-Burung

Membuat burung lucu ini di perlukan kreatifitas tinggi siapkan botol aqua , cat warna merah , hijau , kuning atau sesuai selera anda juga Gunting  dan lem plastik.

-Mainan beroda

Lucu bukan mobil beroda dari botol bekas hairspray ini , anda bisa mengajarkan si kecil untuk membuatnya sendiri , anak-anak pasti senang bisa menggunting sendiri dan membuat mobil kesukaannya.

-Helikopter

Helikopter dari botol bekas ini cocok untuk anak laki-laki , bahan yang di perlukan juga tidak sulit , dari gambar ini pasti bisa membuatnya.

Diatas tadi adalah beberapa cara membuat mainan dari barang bekas, sudah dapat dipastikan buah hati Anda sangat menyukainya. Bagaimana apakah Anda tertarrik mencoba ?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *