Cara Membuat Sendiri Makanan Bayi Usia 6 Bulan Yang Sehat Dan Penuh Gizi

Menu Makanan Bayi 6 Bulan
3.bp.blogspot.com

Makanan bayi usia 6 bulan yang diperhatikan dengan benar bisa membantu perkembangan buah hati. Oleh karenanya, pemenuhan gizi bayi harusnya difikirkan dengan matang. Siapa sih yang tidak mau melihat buat hatinya tumbuh dengan sempurna, apalagi punya kecerdasan dan kepribadian yang bagus. Tentu saja setiap ibu menginginkannya.

Perkembangan buah hati seperti ini akan terus terlihat ketika gizi yang dibutuhkan oleh buah hati tepat. Sama halnya dengan ketepatan ketika memberikan asupan gizi. Maksudnya, makanan pendamping harusnya diberikan ketika buah hati sudah siap untuk itu.

Kapan waktu yang tepat? Bagaimana ciri-cirinya jika buah hati sudah siap untuk mengkonsumsi makanan selain ASI? Inilah yang akan diulas bersamaan dengan resep makanan bayi yang bergizi.

Waktu Yang Tepat Untuk Memberikan Makanan Pendamping Buah Bayi

Buah hati lahir kedunia tentu saja menjadi pelengkap kebahagiaan keluarga. Tak heran jika kelahirannya sangat ditunggu-tunggu. Setelah lahir, ibu tentunya perlu menjaga agar buah hatinya tumbuh dan berkembang lebih cepat. Tidak hanya berkembang IQ atau kecerdasannya, tapi juga berkembang emosionalnya.

Perkembangan ini tentu saja akan berjalan dengan baik ketika ibu selalu mendampinginya, kemudian memberikan apa yang seharusnya diberikan. Dalam hal ini, gizi yang dibutuhkan oleh buah hati.

Agar kecerdasan dan emosinya berkembang, pastikan ibu memberikan ASI ekslusif di 6 bulan pertama setelah kelahirannya. Jangan sampai terburu-buru untuk memberikan makanan pendamping lainnya. Pasalnya, ASI lah yang menjadi makanan utama buah si buah hati. Di dalamnya terkandung gizi yang sangat diperlukan untuk bayi, bahkan sesuai dengan kemampuan bayi dalam hal mencerna.

Jangan sampai memberikan buah hati makanan pendamping lain sebelum sampai 6 bulan. Karena kekuatan sistem pencernaan bayi belum kuat. Bahkan bila dipaksakan akan membuat bayi alergi. Ketika alergi, maka bayi akan susah makan. Akibatnya, bayi akan kekurangan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Ciri Bayi Sudah Siap Dengan Makanan Pendamping

Inti dari kapan waktu yang tepat buat bayi mengkonsumsi makanan pendamping adalah di bulan keenam ke atas. Jika belum, alangkah baiknya untuk tetap mempertahankan pemberian ASI ekslusif.

Jika sudah 6 bulan ke atas, ibu juga harus tahu apakah buah hati siap makan atau tidak. Karena usia seperti itu hanya standarisasi, dan bisa saja lebih untuk setiap buah hati. Maksudnya, beda buah hati Anda dengan buah hati ibu lainnya. Tapi siap tidaknya bayi untuk makanan pendamping bisa ibu kenali kok. Ciri-cirinya cukup banyak, dan ini bisa menandai jika ibu perlu segera belajar membuat makanan sendiri untuk bayi.

Ciri pertama adalah bayi sudah mulai tertarik dengan makanan yang ibu makan. Bahkan sesekali bayi juga meraih makanan, kemudian memasukkannya ke dalam mulut. Tanda yang satu ini tentu saja menjadi awal yang bagus buat bayi. Karena ini menandakan jika bayi memang benar-benar siap, dan menandai jika pertumbuhannya sehat sebagaimana yang ibu inginkan.

Kemudian ciri yang kedua adalah bayi sudah bisa duduk sendiri. Kemampuan ini diimbangi dengan kemampuan tubuhnya dalam menyangga kepalanya sendiri. Ini adalah kondisi dimana buah hati kuat fisiknya. Yang ketiga, bayi sudah mampu menelan makanannya. Ya, ketika buah hati meraih makanan dan memasukkannya, perhatikan apakah sudah mampu menelan atau belum.

Jika sudah mampu, tentu saja sudah siap dengan mengkonsumsi makanan lain. Jika tidak, tentu saja makanan akan dimuntahkan kembali. Masalahnya, terkadang ibu menganggap jika buah hati yang suka memasukkan tangan ke mulutnya berarti sudah siap makan. Akibatnya, ibu memberikan makanan lain selain asi walaupun belum mencapai usia 6 bulan.

Resep Membuat Makanan Bayi Enam Bulan

Setelah ibu tahu pasti kalau buah hati siap untuk mengkonsumsi makanan selain ASI, kini saatnya ibu memikirkan resep makanan bergizi untuk bayi. Jika ibu masih bingung, menu ini bisa ditiru. Nama menunya adalah Pure nasi wortel. Bagaimana cara membuatnya?

Cara membuatnya adalah dengan menyediakan beras dan wortel. Setelah itu, lakukan menanak nasi seperti biasa, dan taburkan wortel di atasnya sampai matang. Setelah matang, dinginkan kemudian blender sampai halus. Baru setelah itu disajikan sebagai menu sehat untuk bayi.

Itulah caranya yang bisa ibu gunakan untuk membuat sendiri menu makanan bayi usia 6 bulan yang bergizi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *