Cara Membuat Topi Kerucut Dengan Mudah, Anda Penasaran?

Permainan Meningkatkan Kemampuan Kognitif
www.friso.co.id

Cara membuat topi kerucut baik itu untuk kostum atau pesta, memang sangat mudah dan menyenangkan serta murah. Dengan sedikit persiapan, Anda dapat membuat topi pesta yang sederhana atau yang spektakuler ala putri raja. Kali ini kami akan membahas tentang cara membuat topi kerucut sederhana, tetapi juga diikuti dengan ide-ide untuk menghiasnya. Anda bisa menggunakan kertas poster.  Kertas poster ideal untuk membuat topi kerucut karena kaku dan mudah dilem.

Kertas tersebut bisa dihias dengan stiker atau cap. Alternatif bahan-bahan lain untuk membuat topi bisa Anda cari diinternet. Buat setengah lingkaran pada kertas. Anda dapat menggunakan jangka atau piring besar untuk membuat setengah lingkaran. Kalau dengan piring, letakkan piring di atas kertas, lalu ikuti bentuk pinggirnya dengan pensil. Pastikan sisi rata dari setengah lingkaran ada di pinggir kertas. Seberapa besar topi yang dibuat tergantung dari jenis topi yang diinginkan.

Cara Membuat Topi Kerucut Dari Koran Bekas

Jika ingin membuat topi ulang tahun, buat diameter setengah lingkaran sekitar 30-40 cm. Hasil jadi topi akan setinggi 15-20 cm. Jika ingin membuat topi badut, buat diameter setengah lingkaran sekitar 45-50 cm. Hasil jadi topi akan setinggi 22-25 cm. Jika ingin membuat topi penyihir atau putri, buat diameter setengah lingkaran sekitar 55 cm. Hasil jadi topi kira-kira akan setinggi 28 cm.  Potong kertas sesuai setengah lingkaran. Anda dapat menggunakan gunting atau pisau pemotong kertas atau cutter.

Jika memakai cutter, maka pastikan ada alas di bawah kertas supaya tidak  merusak permukaan tempat kerja Anda, Anda dapat menggunakan alas potong atau kardus. Gulung setengah lingkaran itu menjadi kerucut. Gulung sisi rata setengah lingkaran sehingga saling bertemu. Sisi yang melingkar akan menjadi pinggir topi. Pakai topi di kepala Anda atau kepala anak yang akan memakainy  dan gulung sambungan ke dalam hingga ukurannya pas.

Kokot atau staple sisi bawah sambungan. Bila topi sudah pas, lepas dari kepala lalu kokotlah sisi bawah sambungannya. Lem atau selotip sepanjang sisi sambungan. Oleskan lem tipis saja di sisi dalam sambungan, satukan lalu tahan dahulu hingga lem kering. Anda juga dapat menggunakan selotip dua sisi, caranya dengan memotong selotip itu sepanjang sisi sambungan lalu tempelkan di sisi dalamnya.

Tambahkan tali karet sebagai pengikat. Supaya topi tidak jatuh dari kepala, tambahkan tali karet tipis. Buat lubang pada topi, sekitar 1,5-2,5 cm dari dasar. Lalu buat satu lubang lagi di sisi seberangnya. Potong seutas tali karet kira-kira sepanjang 45 cm. Masukkan ujung-ujung tali karet melalui kedua lubang tadi, lalu ikat simpul. Coba pakai  topi dan pasang tali pengikat di bawah dagu. Kalau terlalu longgar, copot topi, lalu tarik salah satu ujung tali ke dalam. Buat simpul dan coba kenakan lagi topi itu.

Jika sudah pas, potong kelebihan tali. Biarkan ada sisa pucuk sekitar 2,5 cm setelah simpul. Simpul bisa diperkuat dengan ditetesi lem cair atau lem tembak. Tali pengikat bisa juga dari pita. Potong dua utas pita, masing-masing sekitar 60 cm, lalu ujung keduanya dilem di sisi dalam pinggir topi. Kedua pita tersebut harus saling berseberangan. Pita sangat pas untuk topi gaya putri raja. Coba kenakan topi, ikat kedua pita jadi simpul cantik, dan potong bila ada kelebihan.

Topi tersebut bisa juga dilekatkan pada bando dengan memakai lem tembak. Taruh topi ke bando, lalu tandai bagian-bagian yang bersentuhan dengan bando. Kesampingkan dahulu bandonya. Bubuhkan lem tembak agak banyak tepat di atas penanda tadi. Segera taruh topi ke bando lagi dan tahan hingga lem mengeras. Ini lebih efektif untuk topi ukuran kecil dan pendek seperti topi ulang tahun daripada untuk model yang tinggi seperti topi putri atau penyihir.

Cara Membuat Topi Kerucut Dari Kertas Koran Atau Yang Lainnya.

Untuk membuat topi kerucut memang sangat mudah sekali, berikut ini yang perlu Anda persiapkan ;

-Siapkan kertas koran atau kertas Kokoru Hachi atau Hachigo sesuai warna favorit  Anda di atas meja.

-Gunakan jangka untuk menggambar setengah lingkaran dari salah satu pinggiran kertas ke sisi lainnya. Untuk membuat topi yang kecil, panjang bagian bawah topi adalah 15-20,5 cm cocok untuk topi pesta, 22 sampai 25 cm untuk topi ukuran sedang cocok untuk topi badut, atau 28 cm atau lebih untuk topi ukuran besar (cocok untuk topi penyihir.

-Gunting bentuk setengah lingkaran tersebut. Pastikan untuk mengikuti garis pensil yang sudah dibuat.

-Gulung potongan setengah lingkaran tersebut menjadi kerucut. Pastikan Anda membuat bentuk kerucut dengan lubang bundar di bawah dan ujung lancip di atas. Perkirakan ukuran lubang di bawahnya dengan meletakkannya di kepala Anda dan sesuaikan ukurannya.

-Satukan bagian bawah topi dengan stapler. Coba kenakan untuk memastikan bahwa topi tersebut pas. Jika terlalu besar atau kecil, cabut staplesnya secara hati-hati agar tidak robek, dan rekatkan kembali dengan stapler sehingga pas dikenakan.

-Berikan lem di sepanjang pinggiran kertas yang digunting. Tahan pinggiran yang digunting ini sambil menunggu lemnya kering. Kamu bisa melepas stapler di bagian bawah topi jika lemnya sudah kering.

-Hias topi Anda. Buat berbagai bentuk dengan kertas Kokoru Ichi atau Ichigo dan tempelkan pada topi, tambahkan glitter, atau buat gambar dengan spidol. Tempelkan rumbai-rumbai di bagian atas topi agar tampak meriah. Sangat mudah bukan cara membuat topi kerucut?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *