Cara Memijat Bayi yang Benar

cara memijat bayi yang benar

Cara memijat bayi yang benar sepertinya memang merupakan salah satu hal yang sangat wajib dan harus di lakukan oleh para ibu kepada bayinya yang berusia kurang lebih 3 Bulan. Memijat tubuh bayi pun memiliki manfaat di antaranya adalah dapat mempercepat pertumbuhan badan bayi agar lebih gemuk. Memijat bayi pun juga dapat menguatkan tulang-tulang rawan yang ada di dalam tubuh bayi anda.

Cara memijat bayi yang benar pastinya memerlukan teknis khusus agar bayi yang kita pijat pun dapat merasakan kenyamanan. Memijat bayi pun harus di dukung juga dengan media-media pendukung seperti memakai selimut dan memberikan tempat yang nyaman saat ingin di pijat. Tapi memijat bayi pun harus dengan teknik-teknik yang benar, dan disini saya akan memberikan beberapa tips dan cara memijat bayi dengan benar.

Memijat bayi di bagian perut

Perut merupakan bagian yang wajib dan harus di pijat oleh orang tua. Memijat di bagian perut pun harus dengan benar dan ekstra hati hati karena perut bayi itu masih sensitif terhadap sentuhan yang keras. Cara memijat nya pun cukup mudah, anda hanya harus untuk memijat perut bayi dari bagian tulang rusuk sampai bagian bawah perut dengan satu tangan dengan cara mendayung-dayungkan jari-jari anda. Anda pun dapat memijatnya dengan tangan kosong atau juga bisa dengan menggunakan baby oil sebagai pelumas untuk memijat. Pusar perut dan juga area seluruh perut juga harus di pijat dengan cara melingkar lingkarkan jari-jari atau tangan anda di bagian pusar perut dan juga di seluruh bagian area perut.

Memijat bagian kaki bayi

Kaki adalah bagian yang harus di pijat juga selain bagian perut. Kaki adalah fondasi dari berdirinya bayi dengan kaki, oleh karena itu pijatlah kaki pada bayi anda. Untuk cara memijat kaki pada bayi pun tidak tergolong susah seperti pada bagian perut, anda hanya harus mengangkat kaki pada bayi anda dan tahan dengan sebelah tangan anda pada pergelangan kaki nya lalu usap dan pijit kaki nya dari atas dengan cara memijitnya dengan arah berlawanan lalu pijitlah juga telapak kaki dan jari-jari pada bayi anda. Hal ini berguna untuk menguatkan tulang-tulang kaki pada bayi anda agar bayi anda dapat cepat dalam proses jalan berjalan.

Memijat kepala, wajah, dan dada bayi

Kepala dan dada pada Bayi juga merupakan bagian terpenting dalam proses peningkatan kecerdasan (aliran darah ke otak) dan juga dapat membantu memperlancar pernafasan pada bayi anda. Mungkin bagi para ibu sebagian memijat kepala bayi adalah suatu yang sangat sensitif karena kepala bayi masih sangat rawan, tapi anda dapat melakukannya dengan hati hati caranya adalah anda hanya tinggal mengangkat kepala bayi anda lalu pijat kepala bayi anda dengan cara melingkar lingkar dan hindarilah menyentuh ubun-ubun pada kepala bayi anda karena bagian tersebut memang dan harus anda hindari karena bagian tersebut masih sangat sangat sensitif dan jika memijat ubun ubun pada kepala bayi anda, maka nantinya akan timbul hal hal yang tidak anda inginkan.

Untuk bagian wajah, silahkan anda angkat wajah bayi anda lalu pijit dan usaplah pinggir wajah bayi dengan cara melingkar lingkar seperti berbentuk hati pijatlah wajah bayi anda dengan menggunakan jari jempol dan pijatlah wajah bayi dari alis, pinggir hidung kanan dan kiri, pipi, wajah dan kemudian yang terakhir adalah dagu pada wajah.

Begitulah beberapa cara memijat bayi yang benar. Dalam memijat bayi ini anda haruslah berhati-hati karena dengan bayi yang masih sensitif maka jika sampai salah akan berpengaruh kepada masa depannya. Meskipun begitu anda tidak perlu takut karena dengan memijat bayi anda maka akan menjadikan bayi tersebut lebih sehat dan dapat berkembang secara sempurna.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *