Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Yang Baru Hanya Mendapatkan ASI Saja

cara menaikkan berat badan bayi
www.ibudanbalita.com

Banyak yang cari tips tentang cara menaikkan berat badan bayi. Yang jelas, bukan dengan memberikan pisang atau makanan lunak lainnya jika usia bayi masih di bawah 6 bulan. sayangnya, kebanyakan ibu yang langsung memberikan makanan ketika berat bayi mereka rendah.

Harus dipahami juga berat badan bayi yang cenderung tidak meningkat itu sangat wajar. Bayi terlihat kurus tidak pasti bayi tersebut tidak sehat. Badan bayi semakin tinggi sehingga terlihat sedikit lebih kurus. Selain itu, ia juga hanya mendapatkan ASI saja.

Meskipun demikian, bukan berarti ibu tidak perlu khawatir jika berat badan bayi turun. Bisa saja itu disebabkan oleh penyakit. Yang pasti, memberikan makanan bukan tips menaikkan berat badan bayi yang tepat.

Perhatikan Kualitas ASI, Tidak Hanya Kuantitas

Jika ditelisik lagi, maka naik atau turunnya berat badan bayi itu disebabkan oleh kualitas dan kuantitas ASI yang ibu berikan. Hal ini dikarenakan pada usia di bawah 6 bulan ia hanya mengkonsumsi ASI saja.

Lalu, ibu tahu kan apa yang harus ibu lakukan? Betul sekali. Ibu harus meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Ingat ya bu, bukan hanya kuantitas, melainkan juga kualitas ASI. Mungkin selama ini ibu sudah tahu bagaimana cara meningkatkan kuantitas ASI. Namun, apakah ibu tahu bagaimana cara meningkatkan kualitas ASI?

Ibu bisa dengan mudah mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari, menghindari stres,serta  memberikan ASI lebih sering mencari cara yang lazim untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, bagaimana cara meningkatkan kualitas ASI?

Ada beberapa jenis makanan yang perlu ibu konsumsi selama memberikan program ASI eksklusif. Salah satunya ibu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, telur, keju, serta kacang-kacangan. Makanan seperti itu bisa meningatkan kualitas ASI.

ASI yang berkualitas ini seperti ibu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Percuma saja jika ibu makan makanan yang mengandung karbohidrat saja, bukan? Ibu bisa kenyang lebih lama jika ibu mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi yang bermacam-macam terutama protein.  Ini juga yang dirasakan oleh bayi. Si kecil akan lebih lama merasa kenyang serta berat badannya meningkat ketika ASI yang ibu berikan berkualitas. Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara untuk menaikkan berat badan bayi?

Cara Lain Untuk Menaikkan Berat Badan Bayi

Tidak hanya ASI yang berkualitas saja yang harus ibu perhatikan. Selain itu, ibu juga perlu melakukan hal lain seperti menggendong bayi. Kelihatannya tidak ada hubungannya antara menaikkan berat badan dengan menggendong bayi. Namun, dilihat dari psikologis, hal ini bisa dijelaskan. Dengan menggendong si kecil, ibu bisa membuatnya merasa nyaman. Apalagi jika ia menggendong si kecil ketika ia tidur. Ia akan semakin lama dan lelap tidur sehingga nutrisi yang ada di dalam tubuh akan diserap lebih baik.

Selain itu, ibu juga bisa mengajak si kecil untuk mendapatkan perawatan dari baby therapist. Ini adalah seseorang yang ahli di bidang terapi untuk bayi. Dia tidak hanya bisa mengatasi masalah yang dialami oleh bayi seperti pilek, demam, dan batuk saja. Dia juga bisa memijat bagian tubuh tertentu bayi sehingga perkembangan tulangnya lebih baik. Dengan demikian, berat badan bayi akan naik.

Jadi, selain memberikan ASI, ibu harus perhatikan kondisi tubuh si kecil. Yang pasti, ibu harus membuat bayi nyaman terutama ketika tidur. Karena pada saat itulah bayi mengalami perkembangan. Dan ketika perkembangannya maksimal, maka berat badannya pun akan naik.

Waspadai Masalah Kesehatan Bayi

Yang dikhawatirkan adalah turunnya berat badan bayi disebabkan adanya gangguan penyakit. Ini juga sangat mungkin terjadi. Ibu perlu membawa si kecil ke dokter anak jika terjadi penurunan berat badan yang begitu drastis. Beberapa bayi yang mengalami masalah ini disebabkan adanya gangguan pada jantung. Jantung bayi bocor sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Darah tidak bisa dipompa secara maksimal ke seluruh tubuh sehingga nutrisitidak bisa disalurkan dengan baik. Akibatnya, berat badan pun turun.

Ada juga yang disebabkan oleh masalah pencernaan. Jika penyebab ini tidak diatas, maka percuma saja ibu menerapkan tips menaikkan berat badan bayi. Ibu bisa meminta dokter untuk mengobati penyakit pada sistem pencernaan tersebut lebih dulu. Jika si kecil sering mengalami diare atau sebaliknya sulit buang air besar, itu menjadi salah satu pertandanya. Segera bawa si kecil ke dokter melakukan pemeriksaan sehingga tindakan yang tepat bisa langsung dilakukan.

Memang tidak banyak yang bisa ibu lakukan untuk menaikkan berat badan bayi ketika usianya di bawah 6 bulan. Lain hal jika bayi sudah berusia 6 bulan k atas. Ibu bisa memberikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti buah alpukat, menu MPASI yang terbuat dari daging sapi, dan lain sebagainya.

Justru ibu harus benar-benar khawatir jika berat badan bayi di atas 6 bulan tidak meningkat. Itu artinya ada yang salah dengan menu makanan yang ibu berikan setiap hari. Ibu sebaiknya ikut ke dalam forum ibu dan balita agar ibu mendapatkan masukan dari ibu-ibu yang lainnya tentang bagaimana menaikkan berat badan bayi yang tepat.

Setiap masalah ada faktor pemicunya. Dan faktor menurunnya berat badan bayi itu bermacam-macam. Untuk itu, ibu perlu mencaritahu dulu apa penyebabnya baru kemudian ibu bisa menerapkan cara menaikkan berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *