Cara mencegah gigi berlubang dengan makan sehat

Cara mencegah gigi berlubang
www.listerine.co.id

Banyak orang mengatakan apa yang kamu makan mencerminkan siapa diri kamu sebenarnya. Kata kata satu ini ada benarnya, ketika kamu suka mengkonsumsi segala sesuatu yang “kurang sehat” maka potensi kamu terkena penyakit lebih tinggi. Sama halnya dengan kondisi mulut, terutama gigi kamu. Beberapa atau malah kamu, tidak memperhatikan konsumsi hingga berujung ketemu dokter dengan lubang gigi dimana mana. Karenanya, sebelum terlambat, dibawah ini adalah rekomendasi jenis makanan yang dapat menjadi alternatif cara mencegah gigi berlubang :

1. Sayur dan buah

Pernahkah kamu mendengar pepatah “makan apel satu kali sehari mungkin menjauhkan dokter dari anda” ? Tentunya yang dimadsud ‘dokter’ termasuk pula ‘dokter gigi’. Pepatah tersebut tidak dibuat tanpa alasan, buah buahan dan sayuran yang ‘renyah’ hanyalah beberapa makanan yang mampu mencegah gigi berlubang, hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi menstimulasi deras atau tidaknya air liur. Ditambah lagi, sepotong wortel, seledri, atau apel sangat cocok untuk diolah jadi berbagai masakan hidangan utama yang juga dapat membantumu membersihkan gigi.

Air liur yang kamu hasilkah setiap kali kamu memakan sayuran, secara umum, menghilangkan sisa sisa gula dari gigimu sebelum zat jahat menyerang enamel (lapisan gigi) kamu. Meskipun beberapa buah, seperti apel, memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, jumlah serat dan air di dalam buah jenis ini cukup tinggi untuk mengimbangi efek gula dan memberikan manfaat baik lebih banyak dibanding manfaat jelek.

2. Keju dan susu

Kamu pecinta keju atau susu? Kalau begitu kamu pasti akan senang mengetahui fakta satu ini. Keju dan susu ternyata sangat baik untuk gigimu. Keju tidak mengandung banyak gula, namun keju memiliki kandungan protein dan kalsium dimana keduanya sama pentingnya guna kekuatan dan kesehatan enamel gigi kamu. Sebagai tambahan, jurnal umum dokter gigi baru baru ini menemukan bahwa mengkonsumsi keju secara aktif melindungi gigi dari keropos. Subjek penelitian yang mengunyah keju selama 3 menit terbukti adanya kenaikan level PH dalam mulut selama masa eksperimen, yaitu 30 menit. PH yang rendah merupakan tanda level asam lebih tinggi, dan biasanya meninggikan resiko lubang gigi kurang lebih 5.5% dari normal. Memiliki kandungan PH lebih tinggi artinya resiko lubang gigi semakin kecil.

Keju bukan satu satunya produk susu yang bagus untu gigi kamu, tentunya. Riset terbitan jurnal komunitas dokter gigi menunjukkan minum susu usai memakan sesuatu yang manis juga membantu mengurangi jumlah pertumbuhan plak pada gigi seseorang. Seperti saudara susu yaitu keju, susu adalah sumber kalsium paling dikenal, dimana susu mampu meminimalisir lubang gigi.

3. Kacang dan sumber lainnya

Kalau kamu suka sesuatu yang ringan dan kamu tidak memiliki alergi pada bahan satu ini, variasi kacang kacangan dapat kamu andalkan. Kacang mengandung banyak protein, kalsium, dan juga mineral, yang membantu menguatkan enamel gigi kamu. Karena kacang memiliki struktur yang renyah, memakan satu genggam dapat menstimulasi produksi air ludah, yang mana dapat mengurangi resiko pengikisan gigi.

Ayam, telur, dan tipe daging dagingan yang lain sangat bagus untuk gigimu, berterima kasihlah pada protein.

Makanan manapun yang kamu pilih baik termasuk di dalam daftar ataupun tidak akan terlihat pada jangka panjang. Cobalah kombinasi bahan agar makan sehat gigi bahagia tetap menyenangkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *