Cara Mencegah Gigi Berlubang Sejak Dini

Cara mencegah gigi berlubang
https://www.listerine.co.id/

Sama halnya dengan orang dewasa, anak anak perlu berlatih menjaga kesehatan gigi dan menerima perawatan gigi yang layak untuk mendapat kepastian cara mencegah gigi berlubang serta memastikan kesehatan mulut tetap terjaga sampai masa mendatang. Meskipun, terkadang orang tua dan pengasuh sering kebingungan bagaimana memulai pembelajaran satu ini. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara kamu memulainya.

Banyak dokter gigi, dan ahli fisik pada komunitas kesehatan mendukung pembelajaran perawatan gigi sejak dini. Sudah menjadi rahasia umum pula bahwa orang tua telah datang pada ahli kesehatan atau refrensi lantas menanyakan bagaimana cara menghindarkan anak dari resiko gigi bolong atau bahkan masalah kesehatan mulut yang lain yang mungkin akan menganggu aktivitas pertumbuhan anak di masa mendatang.

Jawabannya ada pada pola makan sehat (4 sehat 5 sempurna), membatasi makanan atau minuman kaya gula termasuk soda, mendapatkan perawatan gigi yang layak, dan pemeriksaan plus pembersihan rutin di dokter gigi. Untuk orang tua yang secara konsisten khawatir untuk memastikan anaknya mendapat asupon fluoride yang cukup, sangat disarankan menemui dokter gigi kepercayaan anda supaya senyum indah percaya diri anak anda terjaga.

Apa itu fluoride ?

Fluoride adalah salah satu senyawa kimia yang biasa digunakan sebagai bahan pasta gigi karena kemampuannya memperkuat gigi meski jika ditelan dapat membahayakan sistem tubuh. Tetap saja, fluoride cukup penting mempertahankan kekuatan gigi. Disarankan kadar fluoride yang sebaiknya tidak dipakai dalam fase perawatan gigi untuk anak dibawah 6 tahun. Dari usia 6-18 tahun, fluoride secara umum sesuai resep dokter entah dari obat kumur, atau pasta gigi sesuai resiko umur seorang anak.

Perlu diingat bahwa sangat penting untuk mengawasi anak berumur setidaknya dibawah 6 tahun ketika menyikat gigi, karena pada usia ini cukup rawan bagi seorang anak penasaran mencoba menelan pasta gigi terutama pasta gigi berasa buah buahan dan memerlukan pengajaran lebih mengenai teknik seputar pembersihan gigi. Saat hari ulang tahun sang anak, ada baiknya menemui dokter gigi untuk berkenalan.

Pada kunjungan pertama, dokter gigi akan menjelaskan teknik menggosok gigi dan flossing lantas melakukan pengujian gigi selama anak duduk di pangkuan. Memang tugas dokter gigi untuk mengajarkan pasien dan mengambil langkah untuk mencoba agar komunitas mulut tetap bahagia nan sehat.

Orang tua juga perlu menyadari apa saja penyebab gigi bolong dari awal untuk membantu mencegah lubang gigi. Menyikat gigi dan flossing setidaknya 2 kali sehari adalah cara terbaik memastikan pembentukan asam dari makanan dan bakteri tidak tinggal terlalu lama. Hingga pada akhirnya awal mula muncul lubang gigi bisa dicegah.

Makanan bergula seperti jus dan permen dapat menyebabkan pengisikan enamel (pelindung terluar) gigi dan menyebabkan gigi berlubang, jadi pembatasan makanan manis sebenarnya sangat penting.

Ketika gigi tua anak mulai tumbuh, dokter gigi anda bisa membantu mencegah pengeroposan dengan menggunakan ‘kait’ dokter yang bisa mencapai selipan gigi di belakang, dimana kunyahan banyak terjadi. Lapisan pelindung menjaga bakteri tetap jauh dari jangkauan gigi.

Bila anak mengeluh sakit atau gigi sensitive, sangat penting untuk menelfon dokter gigi favorit anda sesegera mungkin. Dengan demikian dokter gigi bisa menilai apakah ada gejala pembentukan gigi berlubang dan bagaimana mengatasinya sehingga tidak ada dampak jangka panjang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *