Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

 

cara mencegah gigi berlubang
Listerine Indonesia

 

Kamu pasti sudah sering mendengar atau membaca informasi tentang cara mencegah gigi berlubang. Tapi terkadang sekedar rajin menyikat dan membersihkan gigi secara rutin saja tidak cukup lho.

Dari banyaknya tips dan informasi pencegahan gigi berlubang, ada juga beberapa cara lain yang bisa kamu ikuti. Cara ini mungkin tidak terlalu umum, yang berarti mungkin kamu tidak pernah menyangka bahwa kamu bisa menghindari gigi berlubang dengan cara-cara ini. Atau, mungkin kamu juga tidak menyangka bahwa menghindari beberapa hal ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan gigi kamu.

Tapi ingat, ini hanya alternatif atau cara tambahan untuk mencegah gigi berlubang. Kamu tetap perlu rajin menyikat dan membersihkan gigi ya. Coba, kamu simak dulu beberapa petunjuk ini!

  1. Makan keju

Ternyata, keju itu juga bisa bekerja dengan baik dalam mencegah terjadinya lubang pada gigi. Salah satu alasannya adalah karena keju mengandung kalsium, yang sangat baik untuk membuat tulang dan gigi menjadi lebih kuat. Hal ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan, dimana ditemukan bahwa tingkat kalsium di dalam mulut meningkat setiap setelah menkonsumsi keju. Dengan adanya kalsium yang tinggi dalam air liur di mulut, gigi pun bisa jadi lebih terlindungi dan menjadi lebih kuat.

Alasan lainnya, ternyata pada keju terdapat kandungan protein yang juga berperan dalam melindungi lapisan luar atau enamel gigi. Tentunya, protein ini juga membantu menjadikan gigi lebih sehat dan kuat.

 

  1. Makan permen karet

Hal pertama yang diingat jika mencegah gigi berlubang dengan cara ini, adalah untuk memilih permen karet yang bebas gula. Tentunya, terus terusan menkonsumsi makanan dengan gula berlebih tidak baik untuk gigi, dan justru memicu dan menyebabkan gigi berlubang. Pilihlah permen karet yang menggunakan xylitol sebagai pemanis buatan pengganti bahan gula.

Dengan mengunyah permen karet, kamu bisa membersihkan mulut dari sisa sisa makanan yang tertinggal atau terselip di gigi, dan xylitol ini tidak akan bereaksi dengan bakteri yang ada di dalam mulut dan menciptakan asam yang merusak lapisan gigi. Disarankan untuk mengunyah permen karet ber-xylitol setidaknya 3-5 kali dalam sehari atau setiap sesudah makan.

 

  1. Anggur merah (wine)

Jenis wine atau anggur merah ini ternyata juga dapat membantu melindungi gigi dari lubang. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, wine dapat membersihkan gigi dari bakteri bakteri yang ada di mulut. Akan tetapi, menkonsumsi wine terlalu banyak juga memiliki dampak yang kurang baik, yaitu meninggalkan bekas warnanya pada gigi sehingga gigi menjadi kurang putih.

 

  1. Menggunakan sedotan

Menkonsumsi minuman yang mengandung banyak gula tentunya membuat gigi jadi lebih beresiko untuk menjadi berlubang. Menggunakan sedotan ketika menkonsumsi minuman yang manis bisa membantu mengurangi resiko ini, terutama bagi minuman yang bersoda. Cara ini akan menjadi lebih efektif jika kamu memastikan sedotan pun tidak terkena gigi, sehingga tidak justru merusak gigi.

Tapi jangan jadikan ini alasan untuk menkonsumsi banyak minuman manis dan soda ya, karena sebaiknya hal ini memang dihindari. Tapi kamu bisa gunan cara ini jika ingin menkonsumsi minuman manis sekali-sekali saja.

 

Bagaimana? Coba kamu gunakan beberapa cara tadi agar gigi kamu terhindar dari resiko karies atau gigi berlubang. Tapi ingat, jangan sampai kamu melakukan hal-hal ini, tapi lupa untuk tetap rajin menyikat gigi setiap hari, ya.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *