Cara Mencegah Gigi Berlubang

Cara Mencegah Gigi Berlubang
Listerine Indonesia

Cara mencegah gigi berlubang adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan gigi. Ada beberapa cara untuk mencegah gigi berlubang, salah satunya adalah rajin menyikat gigi dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Namun menurut beberapa penelitian, perawatan gigi seperti itu kadang dilupakan sebagian orang. Bagi anda yang suka mengkonsumsi makan makanan mentah, mereka akan lebih beresiko mengalami kerusakan pada gigi. Artikel berikut ini akan membahasa tentang Cara mencegah gigi berlubang.

Sebelum mengetahui cara mencegah gigi berlubang, ada baiknya anda mengetahui faktor mengapa gigi bisa berlubang. Gigi berlubang merupakan, infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada mulut. Manusia memiliki bakteri dalam mulut mereka yang dapat dengan mudah menumpuk pada permukaan gigi. Terutama pada sisa makanan. Untuk itu jika anda tidak teratur membersihkan gigi, bakteri dari sisa makanan dapat membentuk plak pada lapisan gigi. Flak pada gigi lebih sulit untuk dihilangkan tanpa bantuan alat dari dokter gigi. plak secara bertahap akan melarutkan mineral pada permukaan gigi, sehingga dapat mengakibatkan lubang kecil, dan akan menjadi lebih besar jika tidak di tangani. Semua orang akan beresiko mengalami gigi berlubang, namun beberapa orang memiliki resiko yang lebih tinggi dari yang lain. Seperti mereka yang suka mengkonsumsi permen dan suka mengkonsumsi makanan mentah. Mereka inilah yang cenderung beresiko mengalami gigi berlubang.

            Ada beberapa sisa makanan yang dapat menempel pada permukaan gigi, seperti susu, buah buah an kering, dan kue yang nantinya akan menyebabkan pembusukan lebih cepat dibandingkan makanan lain-nya. Selain makanan, faktor usia juga berpangaruh terhadap peningkatan resiko gigi berlubang.

            Faktor lain yang menyebabkan gigi berlubang adalah tidak adanya keseimbangan nutrisi. Sebab nutrisi juga dapat merubah proses kimia tubuh dan dapat membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Salah satu faktor tidak seimbang-nya nutrisi yang dapat yang dapat menyebabkan gigi berlubang, gangguan rasio calsium dengan fosfor di dalam darah yang dapat menyebabkan keruskan gusi lebih lanjut. Di bawah ini cara mencegah gigi berlubang selain menyikat gigi secara teratur dan flossing secara teratur. Berikut ini cara lain untuk menghilangkan flak pada gigi agar tetap aman, antara lain :

  1. Menghindari makan makanan manis. Makanan yang mengandung gula akan lebih cepat membuat gigi berlubang.
  2. Mengkonsumsi Teh Hijau dan Teh Hitam dapat mengurangi faktor gigi berlubang dan menekan pembentukan flak dan juga membantu mengurangi jumlah bakteri didalam mulut.
  3. Gosok gigi sebelum sarapan. Bakteri beraktifitas pada mulut anda pada malam hari. Sehingga anda harus menyikat gigi di pagi hari untuk menghilangkan flak. Jika anda pada pagi hari mengkonsumsi makanan makanan asam, anda harus mengosok gigi setelah satu jam mengkonsumsi makanan tersebut.
  4. Jenis makanan sehat untuk gigi seperti, (Keju, Kacang Kacangan, dan Buah Apel). Ketiga makanan makanan tersebut dapat membantu memecah flak yang melekat pada lapisan gigi. Selain itu mengkonsumsi makan makanan berserat juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur pada mulut anda, yang berfungsi sebagai pelindung alami bagi gigi.
  5. Mengunyah permen karet bebas gula. Jika anda memiliki kebiasaan mengunyah permen karet, maka dapat mersimulasi mulut untuk memproduksi air liur. Hal ini akan membantu membersihkan gigi dari sisa makanan yang melekat pada gigi anda.
  6. Mengkonsumsi minuman berkarbonasi dengan mengunakan sedotan. Minuman berkarbonasi dapat melemahkan enamel pada gigi anda. Sebuah penilitian bahwa minuman soda tetap berpotensi memiliki sifat erosif karena kandungan asam yang tinggi. Jika anda sering mengkonsumsi minuman berkarbonasi anda dapat mengkonsumsi nya dengan mengunkan sedotan, sebab akan membantu menjaga kandungan asam jauh dari gigi anda.
  7. Mengunakan minyak bunga matahari, mengunakan minyak bunga matahari adalah tehknik kuno yaang dapat membersihkan bakteri pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Cara cukup mudah yakni, cukup berkumur dengan minyak bunga matahari selama 15 menit.
  8. Konsumsi air mineral lebih banyak lebih banyak. Air mineral tidak hanya membantu membersihkan gigi dari bakteri, ternyata juga penting dalam memproduksi air liur.

Beberapa cara mencegah gigi berlubang dengan tips dan bahan yang alami tersebut dapat membantu anda terhindar dari gigi berlubang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *