Cara Mencegah Keguguran Dengan Bantuan Medis

mencegah keguguran
www.friso.co.id

Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk mencegah keguguran. Di situs www.friso.co.id, pakar kesehatan ibu hamil sudah menjelaskan apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Alasannya sama, yaitu agar resiko terjadi keguguran bisa dihilangkan.

Tidak itu saja. Tips tentang menjaga kehamilan juga dijelaskan agar bayi dalam kandungan berkembang dengan optimal. Lalu, apalagi yang harus dilakukan oleh ibu hamil?

Bagi ibu yang sangat rentan sekali mengalami keguguran, ada bantuan medis yang bisa dilakukan. Jadi, selain menjalankan tips mencegah keguguran, bantuan medis ini sangat ibu perlukan.

Wanita Yang Rentan Mengalami Keguguran

Mungkin ibu bukanlah wanita yang sedang menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Ibu bukan perokok dan tidak suka mengkonsumsi alkohol. Beruntung sekali. Secara teori, ibu bukan termasuk wanita yang rentan mengalami keguguran ketika hamil.

Menurut survey, ternyata wanita yang terbiasa merokok dan suka minum alkohol paling rentan mengalami keguguran ketika hamil. Hal ini sudah diperingatkan namun sayangnya tetap saja banyak wanita yang tidak memperdulikannya.

Akan tetapi, pola hidup yang tidak sehat seperti yang sebelumnya dijelaskan bukanlah satu-satunya faktor menyebabkan keguguran. Dua hal berikut ini yang harus ibu ketahui.

  1. Terlalu Cepat Hamil

Sekarang sudah ada program KB atau keluarga berencana. Tujuannya agar jarak kelahiran bisa dikontrol sehingga keluarga menjadi sejahtera. Ini jika KB dilihat dari sudut pandang sosial ekonomi.

Berbeda jika KB dilihat dari sudut pandang kesehatan. KB merupakan program yang sangat baik untuk menekan angka kematian bayi. Pasalnya, banyak bayi mengalami keguguran lantaran jarak kehamilan yang sangat dekat. Inilah mengapa salah satu cara mencegah keguguran adalah dengan melakukan KB. Jaga jarak kehamilan.

  1. Pernah Mengalami Keguguran

Wanita yang sebelumnya pernah mengalam keguguran akan sangat beresiko mengalaminya lagi. Hal ini perlu penanganan khusus agar bisa ditemukan kenapa keguguran ini bisa terjadi. Apakah karena adanya penyakit kronis atau masalah rahim yang tidak begitu sehat.

Semoga saja ibu bukan wanita yang rentan terhadap keguguran. Akan tetapi, jika ternyata dokter memvonis ibu demikian, ibu bisa melakukan pencegahan keguguran dengan menjalani tips menjaga kehamilan serta mendapatkan bantuan medis.

Suntik Hormon

Menurut penelitian, kasus keguguran yang sering terjadi disebabkan oleh masalah pada batas dinding rahim atau yang disebut dengan endometrium. Dan kesehatan organ tubuh ini bisa dijaga dengan cara menyuntikkan hormone progesterone. Ini bisa dijadikan sebagai pelengkap dari cara mencegah keguguran lainnya.

Injeksi ini dilakukan melalui vagina. Biasanya, seorang ibu hamil yang rentan mengalami keguguran akan mendapatkan suntikan hormone progesterone dua hari sebelum ovulasi.

Hormone ini memiliki dua peran penting. Yang pertama, hormone progesterone memang sangat dibutuhkan agar rahim lebih siap sebagai tempat janin berkembang. Banyak kasus keguguran terjadi disebabkan rahim yang tidak sehat atau rahim tidak kuat sehingga bayi meninggal di dalam kandungan.

Peran hormone progesterone yang kedua adalah untuk mempertahankan kehamilan. Dua peran inilah yang membuat suntikan hormone progesterone dianggap sebagai cara yang tepat mencegah keguguran, terutama bagi wanita yang rentan sekali mengalami keguguran.

Akan tetapi, tidak cukup sampai di situ saja. Selain memastikan bayi tumbuh sehat, ibu juga harus juga mampu menjaga kesehatan ibu sendiri. Ibu harus berstamina dan sehat. Ini bisa terjadi jika ibu mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas yang disarankan oleh dokter kandungan seperti melakukan yoga dan senam ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *