Cara Mendidik Anak agar Tidak Canggung Di Depan Orang Banyak

Cara Mendidik Anak
Friso Indonesia

Cara mendidik anak agar tampil percaya diri dan tidak canggung saat berhadapan dengan orang banyak memang membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, dengan cara berikut ini, ibu akan bisa mengubah kebiasaan anak yang malu menjadi pemberani dalam waktu yang cukup singkat.

Memiliki anak yang pemberani merupakan sebuah kebanggaan, bukan? Setidaknya berani untuk bertemu dengan orang baru atau berhadapan dengan orang banyak. Ini biasanya dialami oleh anak yang masuk sekolah pertama kali. Kebanyakan anak akan takut masuk sekolah pertama kali karena ia canggung dengan teman-teman barunya.

Untuk itulah penting sekali bagi ibu untuk menerapkan tips mendidik anak agar si kecil tidak canggung berada di lingkungan baru dan bersama dengan orang-orang baru. Ia akan mudah bersosialisasi dengan yang lain jika ibu menerapkan cara mendidik anak berikut ini.

  • Sering Mengajak Keluar Rumah

Pertanyaan pertama yang harus ibu jawab adalah seberapa sering ibu mengajak keluar sang buah hati? Jika mulai bayi hingga balita ibu jarang sekali mengajak keluar sang buah hati, maka tidak kaget jika saat beranjak dewasa nanti ia akan susah sekali bersosialisasi dengan orang baru. Jangankan bersosialiasasi, diajak keluarpun ia akan takut.

Masalah terbesar ibu nantinya adalah ketika anak ibu mulai sekolah. Anak ibu akan menangis dan tidak mau berangkat sekolah karena ia tidak terbiasa bertemu dengan banyak orang. Yang selama ini ia temui hanyalah kedua orang tuanya.

Oleh sabab itu, salah satu tips mendidik anak yang harus diterapkan sedini mungkin adalah membiasakan si kecil bertemu dengan orang lain. Ajaklah si kecil keluar rumah. Saat ia sudah bisa berjalan, ajaklah ia ke taman kota untuk bertemu dengan banyak orang lain. Selain olahraga, itu juga merupakan ajang untuk membuatnya terbiasa bertemu dengan banyak orang selain kedua orang tuanya.

  • Sering Mengajak Bersilaturahmi

Beruntung sekali jika ibu memiliki banyak saudara yang tinggal di sekitar rumah. Ibu tidak harus silaturahmi dengan keluarga hanya ada acara seperti ulang tahun, tasyakuran, atau acara khusus lainnya. Ibu harus meluangkan waktu lebih intens untuk memperkenalkan saudara dekat terlebih dahulu.

Cara mendidik anak agar ia bisa mudah bersosialisasi dengan banyak orang adalah memperkenalkan dengan saudara dekat. Anak akan lebih mudah karena saudara dianggap seperti orang tua mereka sendiri. Semakin sering ibu mengajaknya bersilaturahmi maka semakin muda si kecil untuk bersosialisasi dengan orang lain.

  • Memberi Ruang untuk Berekspresi

Pada dasarnya, inti dari cara mendidik anak agar tidak canggung saat ada di depan banyak orang adalah kepercayaan diri. Oleh sebab itu, yang harus ibu lakukan adalah menumbuhkan rasa percaya diri anak sejak dini.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan memberikan ruang berekspresi. Jika si kecil suka menari, maka buatlah suasana agar ia bisa menari. Belikanlan VCD tarian sehingga ia lebih intens menari. Jika si kecil suka bermain musik, maka belikanlah alat musik yang ia sukai. Dengan memberikan ruang untuk berekspresi, maka akan tumbuh rasa percaya diri. Dan inilah inti dari tips mendidik anak agar mudah bertemu dan bersosialisasi dengan orang lain.

Selain itu, ibu juga harus mengajarkan agar si kecil sopan terhadap orang lain. Setelah sang buah hati memiliki keberanian berada di depan orang banyak, ibu juga harus mengajarkan kepada anak ibu bagaimana sopan santun terhadap orang lain. Ibu bisa temukan tips mengajarkan sopan santun kepada anak sejak dini mungkin dengan menerapkan cara mendidik anak yang tepat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *