Cara Mendidik Anak Perempuan

cara mendidik anak
Friso Indonesia

Dalam cara mendidik anak, tentu banyak sekali caranya, namun tahukah Anda bahwa dalam cara mendidik anak perempuan ada caranya tersendiri sehingga tidak dapat disamakan ketika Anda mengajarkan anak laki-laki.

Maka dengan pernyataan ini, tentunya artikel ini akan membahas berbagai cara dalam mendidik anak perempuan Anda agar menjadi sosok anak perempuan yang lembut, namun kuat dan mandiri.

  1. Ajarkan untuk Peduli dan Dipedulikan

Seorang anak perempuan tentunya tidak sesederhana anak laki-laki. Anak perempuan cenderung lebih sensitif dan memiliki sudut pandang yang berbeda sehingga dalam mengajarkannya harus dengan lembut. Maka, jangan pernah membandingkannya dengan anak laki-laki, berpikirlah dari sudut pandang anak perempuan, bersikaplah peduli dengan mulai memberikannya pengertian bahwa anak laki-laki dan perempuan berbeda, sehingga ia harus memilki sikap dan diperlakukan seperti anak perempuan. Tingkatkan sikap kepeduliannya dengan memberikan beberapa contoh seperti peduli terhadap lingkungan ataupun pada orang lain.

  1. Sesuaikan Cara Pandang Sebagai Anak Perempuan

Dalam memandang dunia, anak perempuan cenderung melihatnya sebagai sebuah “hubungan” dimana adanya timbal-balik, saling ketergantungan yang setara. Sehingga mereka melihatnya bahwa hidup ini dilakukan berdasarkan take and give apa yang diambil, maka itu yang akan diberi.

Dengan sudut pandang seperti ini akan membuat anak perempuan menjadikan harga dirinya meningkat dengan mengetahui bahwa ia adalah bagian dari sebuah relasi dan berusaha memelihara relasi itu dengan baik. Maka itu segala tindakan dari anak perempuan berdasarkan perilaku dan bertujuan untuk memelihara hubungannya dengan orang lain.

Ketika Anda mulai memahami cara pandang perempuan Anda akan lebih mudah melihat perilaku anak perempuan dan dapat lebih mudah memahaminya sehingga dapat menjadi lebih mudah dalam mendidiknya.

  1. Kembangkan Potensi Khususnya

Ketika seorang anak perempuan tumbuh, tentunya akan muncul beberapa potensi khusus yang ia miliki, sehingga orangtua memiliki peran penting dalam cara mendidiknya agar potensi yang ia miliki dapat dikembangkan. Namun, dalam mengembangkan potensinya, kembangkan dulu kekuatan DNA nya dengan melihat fakta ini:

  • Anak perempuan lebih perasa, sehingga ketika ia ditolong, ia akan merasa dicintai dan dihargai dengan baik. Namun, jangan sampai terlalu banyak menolongnya, karena justru ia akan menjadi manja, maka cobalah untuk membiarkannya dan ajarkan ia untuk bersikap mandiri.
  • Anak perempuan dapat melakukan berbagai kegiatan dalam suatu waktu, tentunya hal inilah yang membuat anak perempuan dapat menjadi seorang ibu. Kemampuannya dalam melakukan multi-tasking menjadikannya dapat melakukan berbagai hal sekaligus. Maka dari itu, cobalah untuk mengerti dan tidak memarahinya saat Anda mengajaknya mengobrol saat ia sedang menggunting, karena walaupun ia tampak tidak menyimak, sesungguhnya ia sedang mendengarkan.
  • Anak perempuan lebih suka bekerjasama dibanding bersaing, mengetahui fakta ini, jadikan anak perempuan Anda sebagai seseorang yang bersaing dengan sehat dengan mengikutsertakannya dalam perlombaan. Ajarkan ia bahwa kekalahan adalah sebuah pelajaran sehingga ia dapat menerima kekalahan tanpa merasa terpuruk dan menerima kemenangan dengan bangga.
  • Anak perempuan condong untuk menggunakan kata-kata ketika bertengkar, maka ketika ia mulai bertengkar, cobalah untuk membujuknya pelan-pelan dengan memberikan pengertian bahwa apa yang ia lakukan merupakan hal yang tidak baik dilakukan.

Nah, tentunya dari penjelasan diatas sudah cukup membuktikan bahwa dalam cara mendidik anak perempuan tentunya harus lebih diperhatikan daripada anak laki-laki.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *