Cara Mendidik Anak untuk Para Ayah

Cara Mendidik Anak
Friso Indonesia

Cara mendidik anak terkadang menjadi perdebatan sendiri antara suami dan istri dalam menentukan metode yang terbaik untuk mengembangkan karakter sang buah hati. Namun, dalam mendidik anak, sebaiknya para ayah memperhatikan beberapa sifat yang dimiliki oleh ibu. Apa sajakah itu?

  1. Mencoba Meredam Emosi

Dalam usaha untuk memperbaiki anak ketika melakukan kesalahan, para ayah cenderung meluapkan emosi dalam menanggapinya. Namun, tentu berbeda dari para ibu ketika menghadapi anak dengan berbagai macam kenakalannya. Biasanya ibu tidak akan langsung marah dan menghukum anaknya, sebaliknya, seorang ibu akan mencoba meredam amarahnya dan memberikan kesempatan pada sang anak untuk memperbaiki kesalahannya. Dalam usaha memperbaiki kesalahannya, para ibu akan mencoba untuk berdiskusi dengan anak dari hati ke hati agar anak mengetahui letak kesalahannya dan bahwa apa yang telah dilakukan tidak boleh diulangi. Setelah melakukan hal tersebut, pujilah sang anak ketika ia mengakuinya dan berilah nasihat agar ia tetap menjadi anak yang baik.

  1. Menuliskan Berbagai Rencana Kegiatan dengan Detail

Ketika akan merencanakan suatu kegiatan, para ibu biasanya suka menulis detail agenda kegiatan tersebut dengan detail. Seperti mempersiapkan sarapan, mengantar anak ke sekolah hingga waktu belajar dan kegiatannya. Hal itu dituliskan dengan waktu yang konsisten dengan tujuan memberikan pendidikan disiplin kepada anak. Para ayah juga dapat melakukannya dengan tidak memberikan latihan kedisiplinan secara langsung dan menyuruhnya untuk bertanggung jawab sendiri, melainkan para ayah dapat mengajarkan akan kepentingan waktu dengan melakukan kegiatan bersama sang anak dengan menjadikannya sebagai manager bagi ia sendiri.

  1. Usahakan untuk Sering Berkomunikasi

Para ayah seringkali dilihat sebagai sosok yang cuek dan tidak banyak bicara, baik kepada sang istri maupun sang anak. Berbeda dengan ibu yang setiap hari pasti melakukan komunikasi dengan suami dan anak. Maka dari itu para ayah hendaknya mencoba untuk berkomunikasi secara intim dan memperkuat hubungan dengan keluarga. Walaupun ibu memang cenderung cerewet dan banyak berdiskusi, namun itulah yang membuat sang anak merasa nyaman berbicara dengan ibu. Maka dengan meningkatkan komunikasi kepada keluarga dapat membuat hubungan menjadi harmonis dan berkualitas.

  1. Dekat dengan Keluarga

Waktu kualitas bersama keluarga hendaklah senantiasa diluangkan oleh para ayah sebagai salah satu cara mendidik anak bersosialisasi. Usahakan untuk meluangkan waktu jika keluarga sedang lengkap bersama. Janganlah menolak jika sang istri mengundang atau mengajak untuk berwisata bersama atau berkumpul ringan dengan sanak keluarga. Jika memang sulit, usahakan untuk hadir saat ada perayaan penting atau hari istimewa seperti hari raya atau ulang tahun anak. Jadikan setiap momen kebersamaan bersama keluarga merupakan sesuatu yang berharga.

  1. Percaya Intuisi dan Lebih Peka

Wanita cenderung lebih peka daripada pria. Hal ini karena wanita cenderung menggunakan perasaan dan intuisi yang terkadang tidak dimengerti oleh pria. Maka hendaklah jika sang istri memberikan nasihat akan karir atau kebutuhan yang harus dipenuhi oleh keluarga untuk tidak dianggap remeh. Karena siapa tahu hal itu akan bermanfaat nantinya. Untuk metode dalam mendidik anak pun usahakan untuk mendengarkan dan mempertimbangkannya terlebih dahulu agar membuat pasangan merasa dipercaya.

Nah, sudah tahu kan jadinya para ayah bahwa dalam mendidik anak pun terdapat ketentuan dan beberapa sifat yang dapat diambil dari perilaku ibu dalam kehidupan. Jika dalam keluarga para orangtua dapat bersama-sama menjalankan metode yang telah disetujui oleh keduanya dalam cara mendidik anak, maka diharapkan akan membangun karakter dan pribadi yang baik untuk sang anak sendiri.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *