Cara Mendidik Anak yang Benar: Di Rumah atau Di Sekolah? 

cara mendidik anak
Friso Indonesia

Setiap orang tua pasti ingin untuk anaknya tumbuh cerdas. Tentunya, cara mendidik anak yang benar akan mempengaruhi hal ini. Jadi, mana yang lebih baik, si kecil dididik di rumah atau di sekolah? 

Pastinya, salah satu keuntungan yang bisa didapat dari membiasakan mendidik anak di rumah adalah kemudahan si kecil untuk belajar karena dikelilingi orang – orang yang sudah biasa ada di lingkungannya. Sementara untuk di sekolah, si kecil akan dikelilingi teman – teman seusianya, yang juga bisa membantu mempercepat proses pembelajaran. Selain itu, interaksi sosial yang didapat di sekolah dengan anak – anak seusianya juga sangat baik bagi tumbuh kembang anak. 

Hal lain yang jadi bahan pertimbangan ketika menentukan untuk mendidik anak di rumah atau di sekolah yang pasti adalah kegiatan dan kesibukan orang tua. Mendidik anak di rumah pasti jauh lebih mudah kalau salah satu atau kedua orang tua lebih banyak di rumah, sehingga si kecil bisa belajar sepanjang hari tanpa harus diantar keluar. Mendidik si kecil di rumah juga akan membantu mempererat hubungan antara anak dan orang tua.

Sedangkan untuk orang tua yang dua – duanya bekerja, mungkin akan lebih mudah kalau si kecil berada di sekolah. Selain akan memberikan si kecil yang lebih produktif dibanding berada di rumah dengan pengasuh, si kecil akan bisa berinteraksi sosial dengan anak – anak lain dan melakukan kegiatan lain yang mungkin tidak bisa dilakukan di rumah.

Jadi, cara mendidik anak mana yang lebih baik? Berikut beberapa tips mendidik anak  yang mungkin bisa membantu orang tua memutuskan untuk mendidik anak di rumah atau di sekolah.

Di Rumah 

Mendidik anak di rumah memang memerlukan perhatian dan waktu lebih banyak untuk diluangkan, tapi setidaknya anda jadi bisa menghabisakan waktu lebih banyak dengan si kecil. Hal terpenting yang bisa didapat dari melakukan ini, tentunya adalah hubungan dengan si kecil yang pasti akan jadi lebih dekat. Anda juga lebih mengerti kemauan belajar si kecil, jadi kegiatan yang dilakukan lebih bisa disesuaikan.

Anda bisa melakukan kegiatan – kegiatan yang simple  seperti membaca buku cerita bergambar dimana si kecil bisa diajak berinteraksi dan menggunakan imajinasinya. Atau ajak si kecil untuk belajar mendaur ulang bahan – bahan bekas makanan dan bahan bahan bekas lainnya untuk dijadikan prakarya atau mainan lainnya. Selain menghemat pengeluaran untuk membeli mainan, si kecil juga bisa lebih bereksperimen untuk mengubah hal – hal sederhana untuk menjadi benda baru yang lebih menarik.

Anda memiliki kebebasan untuk memilih cara mendidik anak yang menurut anda paling efektif untuk si kecil, selagi menyesuaikan dengan kegiatan anda di rumah.

Di Sekolah 

Sejak usia dini, anak – anak memang perlu dibiasakan untuk bisa berkomunikasi dan bermain dengan anak lain seusianya. Cara paling mudah untuk mendapatkan ini adalah dengan menempatkan mereka di sekolah atau daycare, yang juga bisa membantu si kecil untuk menjadi lebih mandiri berada di lingkungan selain di rumah. Interaksi dan komunikasi dengan anak – anak seusia juga membantu membangun rasa empati dan toleransi terhadap orang lain.

Selain itu, dengan menempatkan anak di sekolah atau daycare, si kecil juga akan lebih terbiasa untuk melakukan aktifitas secara rutin. Misalnya seperti bangun pagi dan sarapan lalu bersiap – siap setiap hari, yang pastinya membantu si kecil agar menjadi lebih disiplin.

Bagaimana? Setelah membaca informasi cara mendidik anakapakah anda akan mendidik si kecil sendiri di rumah, atau menaruh si kecil di sekolah atau daycare?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *