Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

cara mengatasi bau mulut
Pic : Listerine Indonesia

Cara mengatasi bau mulut sepatutnya harus kamu ketahui untuk dapat menjalani hari dengan lebih percaya diri. Permasalahan napas tidak sedap tidak hanya menjadi momok bagi pria atau wanita saja. Keduanya secara umum dapat terkena dampak dari masalah bau mulut.

Ada banyak penyebab yang membuat seseorang menjadi memiliki napas tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor baik yang berasal dari luar misalnya mengonsumsi asupan tertentu baik itu makanan ataupun obat, atau juga faktor yang berasal dari dalam yang merupakan suatu indikasi penyakit tertentu yang berasal dari area sekitar pencernaan dan mulut.

Salah satu faktor internal yang mendorong seseorang memiliki napas kurang sedap adalah kondisi kesehatan gigi yang tidak baik. Kondisi gigi berlubang adalah salah satunya. Patut diketahui bahwa kondisi gigi berlubang merupakan suatu dampak dari diabaikannya kesehatan mulut dan gigi. Padahal, resep untuk merawat kesehatan mulut sangatlah sederhana yaitu rajin menyikat gigi dan melengkapinya dengan obat kumur gigi terbaik. Tetapi, masih saja ada diantara kamu yang justru menunggu terjadinya suatu penyakit tertentu dahulu baru sadar akan kesalahan yang dilakukan. Hal tersebut pun berlaku pada saat merawat kesehatan gigi dan mulut.

Dengan banyaknya lubang pada gigi terutama pada area gigi belakang atau graham tidak hanya memberi rasa nyeri dari penderitanya tetapi juga merugikan orang disekitarnya karena menimbulkan bau tidak sedap.

Penyebab dari bau tidak sedap yang dihasilkan oleh mulut yang memiliki banyak gigi berlubang adalah penumpukan bakteri yang hinggap di sela – sela lubang. Artinya semakin banyak lubang, maka kemungkinan jumlah bakteri bertambah pun juga semakin besar. Dengan jumlah bakteri pada lubang gigi semakin banyak maka napas kamu ketika berbicara dengan lawan bicara kamu semakin tidak terhindarkan baunya.

Ditambah lagi masalah kesehatan mulut seperti bau tidak sedap membuat banyak kerugian pada diri kamu jika tidak dari sekarang diatasi. Hal tersebut menunjukkan kamu para pekerja kantoran ataupun tergolong orang yang rajin bertemu dengan pihak lain seperti klien atau customer akan memiliki nilai etika. Kamu menjadi terlihat tidak profesional dan dampaknya kamu akan kehilangan banyak kesempatan karena hingga detik ini kamu masih belum juga menerapkan atau bahkan mengetahui cara mengatasi bau mulut.

Oleh sebab itu, jika kamu masih belum tahu kapan waktu yang tepat untuk membuat napas kamu lebih segar, jawabannya sangatlah mudah yaitu sekarang. Jika kamu mengeluh adanya lubang gigi pada area mulut kamu ditambah dengan napas tidak sedap yang kamu hembuskan setiap kali berbicara, kamu sepertinya harus menerapkan beberapa cara dibawah ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut!

  • Menambal Gigi

Hal yang pertama kamu harus lakukan adalah untuk melakukan penambalan terhadap gigi yang memiliki lubang. Ini merupakan hal yang harus sekali kamu lakukan sebelum menerapkan cara mengatasi bau mulut. Karena, penyebab utama dari bau mulut yang dihasilkan adalah lubang gigi. Oleh karena itu, segera datangi dokter gigi atau dentist pilihan kamu untuk menambal gigi. Pastikan dokter yang kamu pilih untuk menambal lubang gigi kamu memang cukup kompeten sehingga tidak akan timbul masalah lain. Dan jangan malas untuk rajin berkonsultasi dengan dokter gigi tersebut setidaknya dua kali dalam setahun.

  • Menyikat Gigi di waktu yang tepat

Setelah lubang gigi kamu telah berhasil di tambal, sekarang waktunya bagi kamu untuk mengubah kebiasaan lama. Pastikan kamu menyikat gigi setidaknya setelah sarapan pagi sebelum beraktivitas dan sebelum tidur. Kamu pun dapat menambahnya dengan menyikat gigi pada saat setelah makan siang namun hal tersebut tidak wajib. Juga kamu pun disarankan menyikat gigi setelah mengonsumsi asupan yang memiliki aroma kuat dan lama di mulut seperti misalnya buah durian, jengkol, atau petai.

  • Mengaplikasikan obat kumur gigi

Yang terakhir adalah kamu bisa menambahkan solusi untuk permasalahan bau mulut kamu dengan mengaplikasikan obat kumur gigi yang saat ini banyak beredar dipasaran. Obat kumur menambah perlindungan terhadap gigi dan sela gigi dan area sekitar mulut yang tidak terjangkau pada saat sikat gigi dengan pasta gigi pada umumnya.

Jadi, ini saatnya bagi kamu untuk merawat kesehatan gigi dan mulut kamu dan mengatasi permasalahan gigi berlubang tersebut yang pada akhirnya memberikan dampak terhadap produksi aroma tidak sedap dari mulut. Oleh sebab itu, yuk mulai dari sekarang kamu menerapkan cara mengatasi bau mulut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *