Cara Mengatasi Bau Mulut Berdasarkan penyebabnya

Cara mengatasi bau mulut
www.listerine.co.id

Ada banyak hal yang menjadi pemicu bau mulut tidak sedap, dimana tentunya berbeda bagi setiap individu dengan latar belakang kasus yang berbeda pula. Cara mengatasi bau mulut akan sangat baik jika mempertimbangkan faktornya. Langsung saja..

Penyebab :

Tonsililliths atau batu berwarna putih kekuningan yang menempel pada amandel. Tonsililliths mengandung banyak ruang dan kantung yang menjadi tempat berkumpul bakteri sampai subtansi berstruktur seperti keju yang mengeras menjadi batu. Bau sehingga menyebabkan nafas tidak sedap dan rasa mual di dalam mulut.

Obat :

Mencegah dan mengatasi. Obat kumur dapat membantu menghilangkan noda sebelum berubah menjadi batu atau mendorong batu keluar ketika mulai terbentuk. Kamu juga dapat menghilangkan batu dengan bola kapas atau dengan sikat gigi kamu. Setelah kamu mengeluarkan batu tersebut, triknya adalah mencegah pembentukan batu lebih lanjut. Berkumur dengan air garam untuk membersihkan bakteri dan jamur sebelum batu dapat terbentuk. Jika kamu terlalu sering kambuh, maka mungkin kamu membutuhkan operasi.

Penyebab :

Masalah perut. Terkadang sakit perut seperti asam lambung atau masalah ginjal dapat menyebabkan bau tidak sedap ketika bersendawa dan buang angin.

Obat :

Antasid. Antasid atau pemblokir asam mungkin dapat meringankan rasa nyeri atau asam dalam perut. Jika kamu alergi laktosa dan masalah perut, cobalah tablet laktasa. Memakan yoghuty atau mengambil probiotik bisa mendorong bakteri baik di dalam perut dan mungkin meningkatkan kondisi mulut kamu.

Penyebab :

Makanan berbau. Bawah Bombay, bawang putih, dan rempah rempah dapat menimbulkan bau nafas tidak sedap. Partikel bau di dalam mulut kamu seringkali tertinggal di dalam, tapi makanan ini memberi kamu masalah berkelanjutan. Sekali makanan tipe ini menembus sitem kamu, kimia berbau masuk melalui aliran darah ke tenggorokan dimana ketika kamu bernafas.

Obat :

Sikat gigi dan floss. Menyikat gigi, floss, dan berkumur akan melarutkan sisa makanan terselip di antara gigi dan mencegah bakteri penyebab bau tidak terus bertumbuh. Jika cara ini tidak dapat membantu, kurangi jumlah bawang Bombay dan bawang putih yang kamu makan atau malah hindari jika bawang belum dimasak.

Penyebab :

Infeksi. Terkadang reaksi bau mulut bisa menjadi hal bagus jika dapat memberi tahu kamu mengenai infeksi sinus yang mungkin tidak kamu tahu sebelumnya.

Obat :

Buka sinus kamu. Rawat penyumbatan dan semprotan saline, alergi, cairan berlebihan atau steroid nasal. Antibiotik untuk bakteri dan infeksi sinus kronis sangat direkomendasikan. Jika kamu atau orang di sekitarmu memiliki bau mulut ‘mematikan’ dan pilek terus terusan, maka periksakan pada dokter untuk memeriksa apakah ada objek yang menyumbat hidung.

Penyebab :

Mulut kering. Mulut kering bisa menjadi faktor bau mulut. Kenapa? Tugas air liur adlaah membersihkan plak dan bakteri dari dalam mulut. Jika kamu tidak memiliki cukup air liur, maka banyak hal yang dapat disalahkan. Terlalu banyak kafein, hidung tersumbat sehingga kamu jadi sering bernafas lewat mulut, program medis seperti anti asma, atau mungkin penyakit langka yang dikenal sebagai sindrom sjogren, yang mana mengeringkan tempat tempat lemab di dalam tubuh.

Obat :

Minum air dan seringlah meludah. Tetap hedridrasi jadi mulut kamu tetap siap membersihkan. Mengkunyah permen karet atau mengemut permen bebas gula untuk membantu. Cek dengan dokter mengenai kondisi hidung tersumbat atau produk ludah buatan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *