Cara mengatasi bau mulut modal mengunyah

mengatasi bau mulut
Listerine Indonesia

Pernahkah kamu iseng mengkunyah apapun yang di dekat kamu? Bisa jadi kamu malah tidak bisa berhenti hingga akhirnya bergantung pada sesuatu seperti mengkunyah permen karet, atau camilan ringan tanpa henti? Tapi, tahukah kamu, aktivitas menghancurkan sesuatu dengan gigi ini dapat menjadi alternatif mengatasi bau mulut. Tentunya jika kamu tahu bahan kunyahan apa yang tepat. Apa sajakah itu?

  1. Cengkih

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata “cengkih” ? kalau kamu berpikir rokok kretek, maka tepat sekali. Cengkih umumnya dijadikan bahan utama dalam pembuatan rokok kretek, tidak hanya itu saja, di negara Eropa cengkih diolah menjadi bumbu masakan, di Cina dan Jepang cengkih umumnya digunakans sebagai bahan dupa atau minyak aroma terapi. Cengkih memiliki bau yang khas namun menyenangkan sejak pertama kali ditemukan, cengkih bisa mendominasi bau yang lain. karenanya mengkunyah cengkih dapat mengatasi bau mulut kamu.

  1. Kayu manis

Di dapur sering kali dijumpai kayu manis untuk keperluan memasak sehari hari, bahan yang satu ini paling gampang ditemukan bahkan kamu bisa memasukkan kayu manis dalam daftar belanja bulanan untuk bahan masakan dan mengatasi bau mulut tidak sedap ! Kenapa bisa? Karena kayu manis memiliki zat yang dapat menurunkan bakteri dalam mulut. Caranya, ambil ruas jari kayu manis, lalu direndam dalam air mendidih selama sekitar 10 sampai 20 menit untuk disaring nantinya. Air saringan akan kamu gunakan untuk berkumur kumur. Meski disarankan untuk dikumur, bukan berarti kamu bisa menelan air saringan lagi.

  1. Lemon

Jika kamu ingin menambah rasa segar  di seluruh rongga mulut sambil melawan masalah nafas mulut tidak sedap, mengkunyah lemon yang dipotong tipis bisa menjadi alternatif yang tepat. Meski efek yang diberikan seperti sekali dayung dua pulau langsung terlampaui, tentunya, kamu harus memahami resiko dengan menyukai rasa asam cukup membuat kaget dari lemon. Kandungan asam citric pada lemon mampu menstimulasi kualitas air ludah yang nantinya melawan bakteri penyebab bau mulut ‘mematikan’.

  1. Mint

Pernahkan kamu berpikir kenapa kebanyakan produk penyegar mulut kebanyakan menawarkan rasa mint? Ada alasan kuat dibalik hal tersebut, meski rasanya sedikit pedas, hanya dengan mengkunyah daun mint, kamu bisa ucapkan selamat tinggal pada bau mulut tidak sedap. Kandungan klorofil pada mint mampu menetralisir bau, baik bau yang enak maupun tidak.

  1. Parsley

Mint memang memiliki rasa cukup menyengat dan beberapa orang memilih untuk tidak mengkonsumsi mint apalagi daun mint mentah. Kamu salah satu anti mint? Maka parsley bisa menjadi pilihan kamu. Parsley adalah tanaman herbal yang masih kerabat dengan seledri. Karena bentuknya yang mungil dan warna hijaunya cukup indah, umumnya parsley digunakan sebagai hiasan pada makanan. Sama halnya dengan Mint, klorofil Parsley mampu menetralisir bau. Lain kali kamu bisa mengkunyah parsley daripada hanya digunakan jadi pemanis agar mengatasi bau mulut yang sudah mengusik kepercayaan diri kamu.

Nah, itu dia 5 bahan makanan yang gampang kamu bawa kemana mana untuk dikunyah. Kalau kamu kesulitan menyimpan bahan bahan tersebut selama berpergian, ada banyak produk di pasaran yang menawarkan kandungan serupa dalam bentuk ekstrak, seperti permen karet, obat kumur, dan banyak lagi. Mudah bukan? Semoga berhasil !

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *