Cara Mengatasi Komedo Menurut Ahli

Cara mengatasi komedo
www.cleanandclear.co.id

Komedo. Hanya dengan mengingat 1 kata ini saja bisa bikin siapapun kesal. Jika kamu merupakan salah satu penderita komedo, kamu akan paham betul rasanya bertarung tiada akhir.

Ada sederetan produk di luar sana yang mengklaim mampu menghilangkan komedo, tapi metode manakah yang benar benar ampuh ? Pada tahap ini kamu mungkin terlintas cara mengatasi komedo yang umum tapi keliru dilakukan banyak orang yaitu memencet komedo. Salah besar.

Setelah mencari banyak saran dari ahli, ada 3 cara terbaik untuk menghilangkan dan mencegah munculnya hidung landak. Penting untuk diingat, seperti halnya perawtan kulit yang lain, rutinitas setiap hari sama pentingnya dengan bahan atau metode itu sendiri. Jadi, sekali kamu menemukan perawatan yang cocok untuk tipe kulit kamu, tetap pada rutinitas sudah merupakan bentuk perlawanan meski belum sepenuhnya.

Sebelum memulai pencarian perawatan kulit yang cocok, pertama tama mari kita analisa apa sih, komedo itu sendiri?

Komedo berasal dari bahasa medis yaitu pori pori terbuka. Komedo menunjukkan lubang kecil di kulit yang membuka (Atau kita kenal sebagai pori pori) yang mana menyumbat bagian terluar atau yang biasa disebut dengan pilosebaceous. Penyumbatan ini terbentuk dari minyak (Sebum) dan kotoran, yang telah menumpuk hingga lapisan terluar sehingga terlihat hitam. Dan sayangnya, tumpukan di lapisan kulit ini lebih terlihat bagi orang lain dibanding kita sendiri.

Penampakan komedo berbeda beda tergantung faktor penyebabnya. Termasuk namun tidak terbatas : umur, jenis metode perawatan kulit, fondasi kulit, kadar hormon, dan keturunan. Ada beberapa aspek dari variabel tersebut yang tidak bisa di kontrol oleh individu. Umumnya penderita komedo

berada pada usia remaja namun orang tua atau sepuh sekalipun bisa mengidap. Kalau sudah demikian berikut caranya :

1. Eksfoliasi dengan soda kue

Eksfoliasi adalah satu satunya variabel yang harus kita pegang kontrol ketika mencoba mengecilkan penampakan komedo. Kamu bisa menggunakan cleanser, brushes, dan spons untuk menyikat lembut pori pori. Tanpa kamu sadari, kamu sudah memiliki bahan utama di dalam kulkas kamu. Soda kue adalah bahan yang biasa digunakan pada microdermabrasion yang mana merupakan metode eksfoliasi, dengan tujuan menimalisir komedo ketika rutin dilakukan setiap hari. Campur dengan air saja maka soda kue bisa dibentuk menjadi pasta scrub. Alternatif lain kamu bisa menggunakan cuka apel daripada air yang mana memiliki kandungan astringent dan anti bakteri yang sama untuk membersihkan pori pori.

2. Masker lumpur

Seringkali masker lumpur direkomendasikan bagi orang orang yang membutuhkan pembersihan wajah total karena memang masker lumpur mampu mengangkat pori pori sehingga wajah terasa lebih halus. Sama halnya dengan microdermabrasion, masker lumpur tetap diperlukan dalam rutinitas sehari hari untuk hasil maksimal. Lumpur dalam bentuk apapun baik pasta, bubuk, maupun masker (berkandungan kaolin) bisa mengeksfoliasi dengan lembut dan membantu menyerap minyak, walau minyak dan kotoroan akan tetap kembali beberapa saat setelah produk digunakan.

3. Salicylic dan glycolic acid

Cara terbaik untuk menguraikan minyak yang menyumbat pori pori adalah dengan menggunakan beta-hydroxy acid (Salicylic) atau dikombinasikan dengan masker yang mengandung salicylic acid. Kandungan lipohilic pada salicylic acid menarik minyak atau lemak dan zat gangguan lain yang menyumbat pori pori hingga permukaan kulit. Penggunaan konsisten akan mencegah komedo sebelum komedo terbentuk dan membersihkan pori pori. Sebagai tambahan glycolic acid, dan bahan alpha hydroxyl acid yang mana diambil dari tanaman tebu, membantu membersihkan kulit mati dan debu di permukaan kulit. Keduanya sangat baik jika dikombinasikan bersama.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *